Persiapan Pribadi yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Pertama

Apr - 13
2019
Persiapan Pribadi yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Pertama

Persiapan Pribadi yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Pertama

Membeli mobil pertama tentu menjadi peristiwa berkesan bagi semua orang. Karena pertimbangan untuk membeli mobil pertama pasti sudah melalui tahapan yang panjang. Ketika Anda sudah merasa siap dan benar-benar membutuhkan, barulah Anda yakin membeli mobil pertama.

Kalau saat ini Anda sedang menyusun rencana membeli mobil pertama, berarti Anda harus melakukan beberapa persiapan pribadi berikut ini. Agar nanti mobil pertama tersebut benar-benar dapat memenuhi kebutuhan Anda:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Menentukan Tujuan yang Tepat

Keinginan membeli mobil pertama pasti didasari oleh tujuan tertentu. Misalnya, Anda butuh mobil untuk aktivitas bersama keluarga, mendukung kelancaran operasional bisnis, atau menunjukkan profesionalitas kerja. Anda harus mempertimbangkan tujuan tersebut secara matang supaya bisa menentukan jenis mobil yang tepat. Jangan sampai salah pilih jenis mobil hingga akhirnya mobil tersebut tidak mendukung kebutuhan Anda.

Memilih Merek Mobil Sesuai Kebutuhan

Jangan memilih merek mobil pertama hanya karena pertimbangan gengsi. Anda harus mempertimbangkan reputasi merek mobil, ketersediaan spare part, dan daya tahan mobil tersebut. Mobil yang harganya terjangkau tak selalu lebih buruk daripada mobil mahal. Terutama jika mobil tersebut memang terbukti berkualitas, tahan banting, dan sudah digunakan oleh banyak orang.

Budget untuk Membeli Mobil

Kalau Anda sudah berencana membeli mobil pertama, berarti Anda juga wajib menyiapkan budget yang memadai. Mulailah menabung untuk membeli mobil secara tunai atau membayar uang mukanya (Down Payment atau DP). Budget untuk membeli mobil tak boleh mengganggu kebutuhan lainnya. Kondisi finansial Anda harus benar-benar stabil supaya Anda bisa membeli mobil pertama dalam waktu dekat.

Kemampuan Mengemudikan Mobil yang Memadai

Jangan lupa bahwa Anda juga harus memiliki kemampuan mengemudi yang memadai. Nanti Anda memang bisa memperlancar kemampuan mengemudi setelah memiliki mobil pribadi. Namun, alangkah lebih baik bila Anda memang sudah terbiasa mengemudi. Terutama mengemudi jarak jauh dengan rute perjalanan menantang. Sehingga nanti Anda tidak kesulitan menyesuaikan diri ketika mengendarai mobil pertama Anda.

Mempelajari Berbagai Rute Perjalanan

Keputusan membeli mobil pertama juga wajib dibarengi dengan penguasaan rute perjalanan. Memang saat ini pengemudi mobil bisa mengandalkan aplikasi GPRS atau maps sebagai penunjuk arah. Namun, alangkah lebih baik bila Anda menguasai berbagai rute alternatif. Sehingga Anda bisa bepergian secara praktis dengan waktu tempuh yang lebih singkat.

Menguasai Teknik Servis Mobil Sederhana

Mungkin selama ini Anda sama sekali tidak memahami teknik servis mobil. Nyatanya, Anda harus mempelajari hal-hal baru tersebut bila berencana memiliki mobil pertama. Setidaknya Anda harus memahami cara mengganti ban mobil, memeriksa sistem kelistrikan, melakukan charging aki mobil, dan teknik sederhana lainnya. Sehingga Anda mampu mengatasi kerusakan ringan pada mobil tanpa bantuan orang lain. Berkendara sendirian pun akan terasa lebih aman kalau Anda sudah menguasai kondisi mobil pribadi.

Budget Keperluan Mobil

Setelah membeli mobil pertama, kewajiban Anda tak lantas selesai begitu saja. Anda juga harus menyiapkan budget untuk cicilan mobil (bila membeli secara kredit), servis, modifikasi, dan kebutuhan lainnya. Di samping itu, Anda juga mesti menyiapkan budget untuk bahan bakar, parkir, dan tol secara teratur. Anda wajib memastikan bahwa Anda mampu menyiapkan budget tersebut setelah memutuskan memiliki mobil pertama.

Menyiapkan Asuransi Mobil

Kebutuhan lainnya yang wajib Anda siapkan ketika memiliki mobil pertama adalah asuransi mobil. Karena mobil pertama Anda harus mendapatkan manfaat proteksi maksimal. Anda dapat memilih asuransi total loss only untuk risiko kerusakan parah atau kehilangan. Bila ingin manfaat asuransi yang lebih lengkap, Anda bisa memilih jenis asuransi mobil all risk. Risiko finansial yang terjadi akibat kerusakan atau kehilangan mobil akan ditanggulangi oleh asuransi mobil

Kini, banyak asuransi mobil yang preminya terjangkau dan tidak akan membebani Anda. Sehingga Anda hanya perlu mencermati isi polis asuransi sebelum membuat kesepakatan.

Jadi, apakah Anda sudah melakukan beberapa persiapan pribadi tersebut sebelum menyambut mobil pertama?

Jadilah pemilik mobil yang bijaksana dan memiliki kondisi finansial yang stabil. Niscaya mobil pribadi Anda tak akan menjadi beban melainkan akan mendukung berbagai kebutuhan Anda dan keluarga.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *