Mengenal Jenis-Jenis Rambu Lalu Lintas yang Wajib Dipatuhi

Sep - 01
2021
rambu lalu lintas

Mengenal Jenis-Jenis Rambu Lalu Lintas yang Wajib Dipatuhi

Berkendara tidak hanya soal skill Anda dalam mengendalikan kendaraan, tapi juga bagaimana Anda memamai berbagai macam rambu lalu lintas yang ada di jalanan. Adanya rambu-rambu ini bertujuan agar para pengguna jalan tetap aman, nyaman, dan tertib sehingga mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas atau kecelakaan.

Lantas, apa saja macam-macam rambu lalu lintas dan artinya? Simak informasi berikut ini, yuk!

Jenis-Jenis Rambu Lalu Lintas

Ada banyak rambu lalu lintas yang mana rambu-rambu tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Rambu perintah
  • Rambu peringatan
  • Rambu larangan
  • Rambu petunjuk

Mari kita bahas satu per satu jenis-jenis rambu tersebut beserta artinya:

1. Rambu Perintah

Jenis rambu yang satu ini fungsinya untuk memberi perintah kepada pengendara maupun pengguna jalan lainnya agar patuh terhadap apa yang diperintahkan oleh rambu tersebut.

Biasanya, rambu perintah berupa papan berbentuk lingkaran dan berwarna biru. Sedangkan tanda rambunya sendiri berwarna putih.

Berikut ini adalah beberapa contoh rambu perintah yang ada dipasang di jalanan beserta artinya:

rambu lalu lintas

2. Rambu Peringatan

Rambu selanjutnya yang harus Anda ketahui dan pahami adalah rambu peringatan. Sesuai dengan namanya, tujuan dipasangnya rambu ini adalah untuk memperingati pengguna jalan soal kondisi jalanan atau bahaya lainnya yang dapat terjadi di lintasan, seperti jalan menanjak, turunan, hingga berkelok-kelok.

Ciri khas dari rambu peringatan ini adalah plat persegi berwarna kuning. Sementara untuk garis tepi dan tanda rambunya berwarna hitam.

Ada banyak rambu yang termasuk ke dalam jenis rambu peringatan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

rambu peringatan

3. Rambu Larangan

Anda tentu juga sudah tidak asing lagi dengan rambu lalu lintas yang satu ini, bukan? Nah, sesuai dengan namanya, rambu larangan berfungsi untuk memberitahukan kepada pengguna jalan agar tidak melanggar apa yang dilarang dalam rambu tersebut.

Karena sifatnya ‘melarang’, maka rambu ini umumnya diberi warna merah pada tepiannya, kemudian tanda rambu berwarna hitam dan beberapa di antaranya ditambahkan garis miring—juga berwarna merah—sebagai petunjuk.

Macam-macam rambu yang masuk ke dalam jenis rambu larangan adalah sebagai berikut:

rambu laranganSaat melihat rambu seperti ini, maka pastikan untuk tidak melanggarnya karena bukan hanya Anda akan ditilang petugas Polis Lalu Lintas (Polantas), tapi juga bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

4. Rambu Petunjuk

Jenis rambu yang terakhir adalah rambu petunjuk. Rambu ini berfungsi untuk menunjukkan suatu lokasi kepada pengendara. Rambu petunjuk berbentuk persegi dengan warna dasar hijau. Sementara itu, tulisannya berwarna putih.

Contoh rambu petunjuk adalah sebagai berikut:

rambu lalu lintas

Namun, ada juga rambu yang berwarna putih dengan garis tepi berwarna biru, dan simbol berwarna hitam. Biasanya, rambu petunjuk semacam ini menginformasikan suatu fasilitas umum seperti rumah sakit, masjid, gereja, dan pom bensin.

Nah, itu dia macam-macam rambu lalu lintas yang perlu Anda ketahui. Selalu patuhi rambu-rambu tersebut demi keselamatan diri Anda dan pengguna jalan lainnya.

Lindungi mobil kesayangan dari risiko kerusakan dengan asuransi mobil terbaik. Bandingkan berbagai macam asuransi mobil all risk atau total loss only (TLO) hanya di Cekpremi.com, dan nikmati diskon premi hingga 25%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi