Risiko Apa Saja yang Tercover Saat Anda Memiliki Asuransi Mobil ACA?

May - 27
2019
Risiko Apa Saja yang Tercover Saat Anda Memiliki Asuransi Mobil ACA

Risiko Apa Saja yang Tercover Saat Anda Memiliki Asuransi Mobil ACA?

Tidak sedikit orang yang sudah mengasuransikan kendaraan namun mereka sering ditolak ketika mengajukan klaim. Hal ini sering disebabkan ketidaktahuan apa saja risiko yang dicover oleh pihak asuransi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja risiko yang ditanggung oleh Asuransi Mobil ACA.

Anda bisa saja memilih perusahaan asuransi mobil lainnya. Akan tetapi, ACA merupakan perusahaan asuransi kendaraan yang terpercaya. Pelayanannya sangat bagus. Lebih dari itu, mereka juga menawarkan berbagai tipe asuransi mobil. Anda tinggal pilih mana yang paling Anda perlukan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Dalam hal ini, Anda perlu memahami juga apa saja risiko yang dicover oleh setiap jenis asuransi. Ini hal yang sangat krusial untuk Anda pahami agar Anda tidak salah ketika mengajukan klaim Asuransi Mobil ACA.

Pahami Dulu Tipe Asuransi Mobil ACA

Di ACA, ada tiga tipe asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih. Apa saja itu?

TLO

Ini merupakan jenis asuransi mobil yang preminya paling murah. Mengapa? Karena risiko yang ditanggung juga tidak terlalu banyak.

TLO singkatan dari Total Loss Only. Apa artinya? Ini tipe asuransi kendaraan yang hanya menanggung biaya perbaikan yang sangat fatal. Biasanya, perusahaan asuransi hanya memberikan biaya untuk perbaikan ketika mobil mengalami kerusakan di atas 75%.

Komprehensif

Lain dengan yang sebelumnya. Tipe Asuransi Mobil ACA ini menanggung semua kerusakan, entah itu kecil maupun besar.

All Risk

Dari semua tipe, asuransi mobil all Risk adalah tipe asuransi yang paling mahal preminya. Mengapa? Karena risiko yang ditanggung juga sangat luas

Setidaknya Anda sekarang sudah tahu gambaran besar mengenai perbedaan tiga jenis atau tipe Asuransi Mobil ACA. Untuk lebih memantapkan pilihan, Anda juga perlu mengerti apa saja risiko yang ditanggung setiap tipe asuransi tersebut.

Risiko yang Ditanggung Setiap Jenis Asuransi Mobil

Banyak orang yang akhirnya memilih tipe asuransi berdasarkan premi asuransi. Yang penting, mereka sudah mengasuransikan mobil. Dan preminya murah.

Sebaiknya Anda lebih bijak dalam menyikapi banyak hal, terutama ketika Anda akan memilih tipe Asuransi Mobil ACA. Tentu saja bukan hanya premi asuransi saja yang Anda jadikan patokan. Anda juga harus pertimbangkan mana yang paling menguntungkan untuk Anda.

Risiko yang Ditanggung Asuransi Tipe TLO

Seperti keterangan sebelumnya, TLO atau Total Loss Only merupakan tipe yang paling murah preminya. Ini disebabkan risiko yang ditanggung sangat sempit. Hanya ketika Anda mengalami kecelakaan dan mobil Anda rusak 75% saja perusahaan akan mencover.

Bagaimana jika body mobil penyok? Sayang sekali Anda tidak bisa mengajukan klaim karena penyok bukan termasuk kerusakaan berat. Kecuali jika penyokan tersebut pada hampir seluruh bagian body mobil.

Asuransi Mobil ACA tipe yang satu ini sering diambil oleh mereka yang tidak terlalu sering menggunakan mobil. Mereka berpikir risiko kerusakan kecil seperti baret sangat rendah mengingat mobil jarang digunakan. Bisa saja mereka merasa mampu untuk menanggung perbaikan kerusakan kecil. Sementara itu, jika terjadi kerusakan berat, mereka ingin mengajukan klaim.

Risiko yang Ditanggung Asuransi Tipe Komprehensif

Kerusakan kecil apapun termasuk baret akan ditanggung jika Anda memilih asuransi tipe komprehensif. Ini tepat untuk Anda pilih jika Anda sering menggunakan mobil. Apalagi jika Anda sering mengalami kemacetan di jalan yang membuat Anda berpikir risiko bersenggolan dengan mobil lain itu sangat tinggi. Jadi, tepat sekali jika Anda memilih Asuransi Mobil ACA tipe komprehensif ini.

Risiko yang Ditanggung Asuransi Tipe All Risk

Yang paling mahal premi asuransinya adalah tipe All Risk. Hal ini disebabkan risiko yang ditanggung sangat luas. Tidak hanya ketika mobil Anda mengalami lecet atau kerusakan parah di atas 75 yang bakal ditanggung biaya perbaikannya. Ketika mobil Anda rusak karena huru-hara, banjir, dan gempa bumi pun akan diperbaiki oleh perusahaan.

Begitu juga ketika terjadi terorisme. Ada pengeboman yang menyebabkan mobil Anda rusak berat. Dengan memiliki asuransi mobil All Risk, Anda bisa mengajukan klaim.

Dari keterangan tersebut di atas, kira-kira Asuransi Mobil ACA tipe apa yang bakal Anda pilih? Selain manfaat yang akan Anda dapatkan, Anda harus sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai Anda tidak mampu untuk membayar premi karena ini membuat Anda tidak bisa mendapatkan manfaat dari kepemilikan asuransi mobil.

Sudah Tahu Bagaimana Mengajukan Klaim?

Jangan sepelekan dengan hal yang satu ini. Banyak orang yang sudah punya asuransi mobil tapi masih bingung bagaimana cara mengajukan klaim. Jangan sampai klaim Anda ditolak karena Anda tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan.

Syarat apa saja yang harus Anda lengkapi jika mengajukan klaim Asuransi Mobil ACA?

  • Foto Kerusakan

Tepat ketika Anda mengalami kecelakaan mobil, segara ambil smartphone Anda dan foto bagian mobil yang rusak.

Sebaiknya Anda ambil beberapa foto, tidak hanya bagian mobil yang rusak. Barangkali saja foto tersebut juga dibutuhkan untuk memperkuat bukti.

  • Dokumen yang Harus Disertakan

Ada tiga dokumen yang harus Anda sertakan, yaitu fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM serta STNK, dan surat keterangan kepolisian.

Yang sering terlupakan adalah surat keterangan kepolisian. Banyak orang yang mengajukan klaim ditolak lantaran tidak ada dokumen yang satu ini.

Maka dari itu, pastikan Anda mendapatkan surat keterangan kepolisian. Jika terjadi kecelakaan, hubungi polisi setempat. Lalu, minta keterangan kecelakaan dari polsek setempat.

Akan tetapi, terkadang surat dari kepolisian ini tidak diperlukan jika kerusakan mobil Anda tidak begitu parah. Untuk mengantisipasi, sebaiknya Anda dapatkan surat keterangan dari kepolisian.

  • Datang Ke Bengkel

Anda punya nomor bengkel rekanan yang ditunjuk oleh pihak perusahaan asuransi? Jika punya, segera hubungi. Minta bengkel untuk menderek jika mobil Anda tidak bisa dihidupkan. Namun, jika masih bisa dikendarai, bawa mobil Anda ke bengkel rekanan.

  • Isi Formulir di Bengkel

Dokumen yang sudah Anda lengkapi bisa segera Anda serahkan kepada pihak bengkel. Akan tetapi, di bengkel rekanan, Anda juga perlu mengisi formulir.

Formulir apalagi? Itu adalah formulir yang menjelaskan mengenai detail kejadian kecelakaan seperti lokasi dan waktu kejadian.

Jika Anda sudah melengkapi semua syarat tersebut, klaim pasti akan disetujui.

Cara Paling Mudah Mengajukan Asuransi Mobil

Jadi, sudah siap untuk mengajukan klaim Asuransi Mobil ACA? Anda bisa kunjungi situs ACA atau langsung datang saja ke kantor ACA.

Akan tetapi, jika Anda sibuk, kunjungi saja situs Cek Premi. Di situs tersebut, Anda bisa mengajukan asuransi kendaraan Anda.

Ada tabel yang bisa Anda isi dengan data mobil Anda sehingga Anda akan tahu berapa premi terbaik untuk mobil Anda. Jadi, tunggu apalagi? ajukan Asuransi Mobil ACA sekarang juga.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *