Sering Kerja Shift Malam ? Anda Sangat Butuh Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan
Image Source medlines.org

Tidak ada satupun profesi pekerjaan yang tidak memiliki resiko, karena semua hal yang anda lakukan pasti mengundang resiko sekalipun anda hanya bermalas-malasan di kamar. Namun resiko datang bukan hanya datang dari apa yang kita lakukan, resiko juga bisa datang dari kapan anda melakukan sesuatu, dan waktu yang paling banyak mendatangkan resiko kesehatan adalah pada malam hari. Beberapa profesi ada yang menuntut karyawannya untuk bekerja pada malam hari, contohnya bidang keamanan (security), karyawan minimarket yang buka 24 jam, karyawan pabrik, dsb.

Mereka yang bekerja pada shift malam tersebut harus berganti dengan karyawan lainnya dalam periode tertentu, misalnya dalam seminggu ini ada yang masuk kerja pada shift malam, lalu seminggu berikutnya ia berganti shift dengan karyawan lainnya menjadi shift pagi. Rutinitas seperti ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan para pekerja shift malam. Oleh karena itu para pekerja shift malam sangat rentan sekali akan ancaman resiko kesehatan. Seperti yang telah dikutip dari berbagai sumber berikut ini :

Waktu Tidur Jadi Kacau

Sebanyak 10 persen dari pekerja yang menjalankan sistem shift mengalami gangguan pada saat tidur, kebanyakan dari mereka rentan sekali terkena insomnia. Karena itu banyak dari mereka yang justru mengantuk di tempat kerja dan sulit untuk tidur pada saat sedang di rumah. Hal ini disebabkan karena waktu tidur mereka yang berkurang, adapaun jam tidur mereka yang berubah-ubah turut mempengaruhi kualitas tidur mereka pula.

Mudah Terserang Obesitas

Banyak pakar kesehatan dadakan yang menyarankan saat seseorang begadang atau tidak tidur di malam hari, harus sering makan baik itu makanan berat atau ringan seperti camilan. Mereka beranggapan makan pada saat begadang dapat menghindarkan kita dari masuk angin. Belum ada penelitian yang membuktikan pernyataan ini.

Hal yang demikian pun terjadi pada pekerja yang sedang menjalankan shift malam, ada dorongan tersendiri dari untuk terus melahap cemilan selama shift malam berlangsung. Selera anda untuk makan-makanan berkalori jadi lebih meningkat, jika dituruti maka akan berakibat pada naiknya berat badan anda. Bukan tidak mungkin anda juga dapat terserang obesitas, dan efeng jangka panjangnya adalah dapat mengundang penyakit kronis seperti kanker, jantung, dan diabetes.

Rentan Terjadi Kecelakaan Kerja

Saat tubuh dalam kondisi mengantuk, seseorang akan sulit berkonsentrasi. Sama seperti orang yang kurang jam tidurnya, akan sulit sekali fokus terhadap pekerjaan. Kesalahan demi kesalahan secara tidak sengaja terjadi dan dilakukan tanpa sadar, dari kesalahan-kesalahan tersebut beberapa diantaranya bahkan dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Jadi sangat rentan sekali bagi para pekerja yang menjalankan shift malam terkena resiko kecelakaan kerja.

Ancaman Resiko Kanker Yang Lebih Tinggi

Para pekerja yang menjalankan shift malam juga sangat rentan sekali terjangkit kanker. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh US Nurses Healt Study. Sebanyak 240.00 perawat diawasi selama 30 tahun, terutama mereka yang sedang menjalankan shift malam. Hasilnya, cukup mengejutkan. Perempuan yang bekerja pada shift malam dalam jangka waktu beberpa tahun memiliki resiko yang lebih tinggi mengidap kanker payudara, usus besar, dan endormetium.

Resiko Ancaman Serangan Jantung

Selain Kanker, penyakit kronis yang mengancam pekerja yang menjalankan shift malam adalah serangan jantung. Bukan hanya sekedar angin lalu, bukti pernyataan ini juga sudah diperkuat melalui penelitian yang dipublikasikan British Medical Journal . Di Kanada sebanyak 7 persen para pekerja shift malam terkena serangan jantung pada tahun 2009 hingga 2010, dan sebanyak 7,3 persen lainnya menderita jantung koroner.

Dengan banyaknya resiko kesehatan yang mengancam para pekerja malam sudah saatnya mereka lebih memperhatikan sisi kesehatan mereka. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, dan dengan memulai gaya hidup sehat.

Namun apakah itu semua sudah cukup ? Tentu saja belum, beberapa resiko di atas ada yang datang tanpa bisa anda prediksi, jadi sangat sulit anda untuk mencegahnya. Maka itu lindungi diri anda dengan asuransi kesehatan, sungguh sangat mengerikan jika anda bekerja dengan resiko sebanyak itu akan tetapi tidak ada jaminan sama sekali. Setidaknya dengan menggunakan asuransi kesehatan anda dapat melegakan pikiran anda akan resiko-resiko tersebut terjadi karena sudah ada yang menjamin.

Segera gunakan asuransi kesehatan sekarang, jangan sampai resiko mendahului anda.

Asuransi Kesehatan
Sering shift malam ? Yuk pilih asuransi yang cocok untuk anda . Cek yang termurah disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 22, 2015

Posted In: Features, Health, Lifestyle

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami