7 Penyebab Setir Mobil Berat dan Cara Mengatasinya

setir mobil berat

Berbagai masalah pada mobil perlu diantisipasi agar tidak menghambat aktivitas Anda yang memang bergantung pada jenis kendaraan yang satu ini. Salah satu masalah yang dimaksud adalah setir mobil berat.

Lantas, apa penyebab stir mobil berat? Bagaimana cara mengatasi setir yang terasa berat saat dikendalikan? Cekmates, simak informasinya berikut ini, yuk!

Penyebab Setir Mobil Berat

Stir mobil yang berat tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman saat mengemudi, bukan? Nah, hal ini tentu saja bukan tanpa sebab. Umumnya, penyebab setir mobil terasa berat adalah sebagai berikut:

1. Posisi Ban Depan Tidak Sejajar

Setir mobil yang sulit dikendalikan bisa jadi disebabkan oleh ban depan yang bermasalah, dalam hal ini, posisi ban depan tidak sejajar.

Sejatinya, ban depan mobil dipasang pada sudut kemiringan tertentu. Hal ini bertujuan agar kendaraan dapat melaju dengan stabil. Namun, posisi tersebut akan berubah seiring dengan pemakaian mobil dalam jangka waktu lama.

2. Kurang CairanPower Steering

Mobil memiliki komponen yang disebut power steering. Komponen ini berfungsi untuk mengendalikan gerak mobil saat melaju. Nah, di dalam power steering terdapat cairan untuk memberikan tekanan pada piston.

Lambat laun, cairan ini akan berkurang. Pengurangan volume cairan power steering inilah yang kemudian membuat stir mobil jadi terasa berat.

3. Kerusakan pada Rack Steer

Rack steeryang mengalami kerusakan juga menjadi penyebab setir mobil berat saat dikendalikan. Rack steer sendiri merupakan kompone yang terdiri darirack gear, pinion gear, danrack seal.

Pada setiaprack gear, terdapat 3 (tiga) buah seal. Seal-seal ini kemudian terhubung dengan power steering guna menunjang fungsinya.

Lagi-lagi, seiring dengan pemakaian, komponen mobil yang satu ini juga rentanmengalami kerusakan yang lantas berimbas pada beratnya lingkar kemudi mobil Anda.

4. Long Tie Rod Rusak

Penyebab setir mobil berat lainnya adalah long tie rod yang rusak.Long tie rod adalah komponen mobil yang fungsinya menghubungkan rack steerdengansteering knuckle.

Padalong tie rod, terdapatball jointyang fungsinya sebagai engsel. Manakala long tie rodrusak,ball jointjadi melonggar. Inilah yang kemudian menyebabkan setir terasa berat.

Selain membuat stir mobil terasa berat, kondisi ini juga biasanya menyebabkan stir bergetar.

5. Power Steering Belt Rusak

Power steering belt berperan untuk mengatur putaran power steering. Saat komponen ini rusak, setir akan terasa berat.

Akan tetapi, kerusakan pada power steering belt ini sejatinya lumrah terjadi seiring pemakaian. Pasalnya, material komponen ini terbuat dari karet yang memiliki daya tahan terbatas.

6. Pompa OliPower SteeringMacet

Pada power steeringterdapat pompa yang berfungsi untuk menyalurkan cairan pelumas. Apabila pompa tersebut macet, hal ini membuat distribusi pelumas jadi terhambat sehingga berdampak pada berat setir mobil ketika dikendalikan.

Lantas, mengapa pompa oli bisa macet? Biasanya, hal ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Selain itu, jarang menggnati oli bisa menjadi faktor pemicunya.

7. Ban Mobil Kempes

Apabila setir mobil Anda tiba-tiba terasa berat, coba juga untuk memeriksa kondisi ban. Barangkali, ban mobil Anda kempes. Ya, ban yang kempes ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab stir mobil jadi berat.

Pasalnya, ban yang kempes membuat tekanan mobil jadi lebih berat. Tak heran, mobil pun jadi lebih sulit dikendalikan.

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi setir mobil berat, yakni sebagai berikut:

1. GantiPower Steering Belt

Apabila penyebab setir berat adalah power steering belt yang rusak, maka yang bisa Anda lakukan adalah mengganti belt tersebut dengan yang baru.

2. MemasangBearingpada Setir Mobil

Cara kedua untuk mengatasi setir yang berat adalah dengan memasang bearing pada setir mobil Anda.

Bearingadalah bantalan yang didesain untuk meringankan setir mobil tanpa harus menggantipower steering. Cara ini pun memiliki keunggulan, yakni biayanya yang lebih terjangkau. Biasanya, bearing dijual mulai dari Rp50 ribu hingga Rp350 ribu.

3. Mengisi Angin Ban

Nah, jika setir yang berat disebabkan oleh ban yang kempes, maka cara agar setir kembali ringan dan mudah dikendalikan adalah dengan mengisi angin ban.

Itu dia informasi mengenai penyebab setir mobil berat dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!