Kenali Macam-macam Fungsi Silinder Rem pada Mobil

silinder rem

Rem kendaraan merupakan bagian penting pada kendaraan yang berkaitan dengan keamanan saat berkendara. Salah satu elemen pada sistem pengereman ada silinder rem yang terdiri dari beberapa komponen serta memiliki fungsi masing-masing.

Mobil tidak akan bisa berhenti atau diperlambat tanpa silinder roda mobil, sehingga peran Silinder ini sangat penting bagi sistem pengereman. Lantas, apa saja komponen yang terdapat pada silinder roda dan fungsinya?.

10 Komponen Silinder Rem dan Fungsinya

Sebagai pemilik kendaraan roda empat atau mobil, tentu Anda harus mengenal komponen hingga mengetahui cara merawat mobil. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan aspek keamanan ketika berkendaraan dengan aman dan nyaman.

Salah satunya silinder roda yang memiliki peran vital pada kendaraan. Anda tentu penasaran tentang apa yang dimaksud dengan silinder roda? Silinder roda atau wheel cylinder adalah komponen pada sistem rem mobil yang berfungsi untuk menggerakkan kampas rem dan terdiri dari beberapa komponen lain. Beberapa komponen tersebut diantaranya:

Silinder Bodi

Meskipun terlihat sederhana, ternyata ada banyak komponen yang terdapat dalam mobil serta memiliki fungsi masing-masing. Misal pada sistem rem mobil, terdapat silinder rem yang memiliki peran vital untuk keselamatan saat berkendara.

Silinder bodi termasuk bagian dari silinder roda mobil yang berperan sebagai rumah karena terletak paling luar. Fungsi master silinder bodi ini sebagai tempat bekerja komponen piston, reservoir tank, dan seal master silinder roda mobil.

Diafragma

Tanpa mengetahui komponen penting pada mobil tentu bisa membahaya keselamatan Anda ketika mengendarainya di jalan. Terlebih banyak komponen yang membentuk sistem pada mobil agar bisa bergerak dan berfungsi dengan sangat baik.

Selain silinder bodi, ada juga komponen diafragma yang terdapat dalam silinder rem pada kendaraan roda empat. Diafragma disebut juga sebagai penutup reservoir tank lantaran berfungsi sebagai pelindung minyak rem agar tidak terkontaminasi udara luar secara langsung.

Reservoir Tank

Dengan adanya diafragma atau penutup komponen reservoir tank dapat mencegah terjadinya korosi pada master rem. Lantas, apa fungsi reservoir tank sendiri? Reservoir tank juga termasuk salah satu komponen pada silinder roda mobil.

Fungsi reservoir tank pada mobil sebagai tempat penampung cadangan minyak rem yang berguna untuk mendorong piston ke kaliper. Dengan mendorong piston ke kaliper bisa membuat cakram rem terjepit pada kampas rem.

Inlet Port

Sistem pengereman terdiri dari beberapa komponen yang memiliki fungsi penting bagi mobil sehingga aman dan nyaman ketika digunakan. Komponen lain yang terdapat pada silinder roda mobil ada inlet port atau pintu masuk.

Inlet port pada silinder rem berfungsi sebagai pintu masuk atau lubang pengisian minyak rem dari reservoir tank. Minyak rem yang berasal dari reservoir tank (tangki cadangan) nantinya akan menuju ke ruang tekanan pada mobil.

Outlet Port

Selain memiliki komponen inlet port, silinder roda mobil juga memiliki komponen outlet port sebagai pembentuk sistem pengereman. Komponen outlet port merupakan kebalikan dari komponen inlet port atau berfungsi sebagai pintu keluar.

Tanpa komponen lengkap pada silinder roda tentu mobil tidak akan bisa melambat atau berhenti secara efisien. Outlet port ini berfungsi sebagai lubang pengeluaran minyak rem dari ruang tekanan yang dialirkan menuju bagian silinder roda.

Return Port

Apa fungsi silinder rem? Silinder roda berfungsi untuk meneruskan tekanan hidrolis yang berasal dari master silinder menuju sistem rem mobil. Guna menjalankan fungsinya dengan bagian, silinder roda membutuhkan komponen penyusun lainnya, seperti return port.

Komponen return port ini memiliki peran penting terkait risiko kebocoran minyak rem pada silinder rem mobil. Pasalnya, komponen satu ini berfungsi untuk menutup katup pada ruang tekanan agar minyak rem dapat kembali ke tangki cadangan atau reservoir tank.

Level Sensor

Banyak komponen yang menyusun silinder roda mobil sehingga sistem pengereman bisa berfungsi dengan baik dan efektif. Tanpa salah satu komponen tentu sistem tersebut tidak bisa bekerja secara optimal serta membahayakan keselamatan ketika berkendara.

Level sensor juga termasuk komponen yang terdapat dalam silinder roda dan berfungsi sebagai pemberi isyarat. Ketika jumlah minyak rem mulai menipis, maka level sensor akan menyalakan brake warning light disertai kondisi minyak menetes hingga rem blong.

Primary Piston

Silinder rem juga memiliki komponen bernama primary piston dengan fungsi yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya. Primary piston adalah piston utama pada master rem mobil sehingga perannya sangat vital.

Saluran primary piston terletak pada roda mobil bagian depan yang bertugas untuk mengompresi minyak rem. Komponen satu ini berfungsi untuk melakukan kompresi minyak rem yang berada pada master rem mobil.

Secondary Piston

Tidak hanya terdapat inlet, outlet, dan primary port saja, komponen silinder roda juga memiliki komponen bernama secondary piston. Jika melihat dari luar tentu Anda tidak akan menyangka kalau ada banyak komponen pendukung dalam master silinder.

Secondary piston terletak berbalikan dengan primary karena terletak pada bagian roda belakang mobil. Meskipun demikian, fungsi dari komponen ini sama seperti primary untuk mengompresi minyak rem yang terdapat dalam master rem.

Return Spring

Komponen terakhir yang terletak pada silinder rem adalah return spring dengan peran penting tersendiri pada sistem pengereman. Fungsi return spring sebenarnya berkaitan dengan primary dan secondary port sehingga bisa dikatakan saling melengkapi. 

Apa fungsi return sping pada silinder roda? Return spring berfungsi untuk mengembalikan ketak primary dan secondary port ke posisi semula. Komponen ini akan mengembalikan posisi primary dan secondary saat melepas pedal rem.

Silinder roda mobil memiliki peran yang sangat besar berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara sehingga harus dirawat dengan baik dan benar. Selain merawat komponen vital, Anda perlu melengkapi perlindungan secara menyeluruh menggunakan asuransi mobil.

Asuransi mobil akan menjamin biaya perawatan dan perbaikan secara menyeluruh sehingga Anda tidak perlu lagi mempermasalahkan biaya. Jika ingin mencari informasi terkait perusahaan asuransi berpengalaman dan terpercaya, Anda bisa mengunjungi laman cekpremi.com.

Jadi, itulah beberapa komponen yang membentuk sistem pengereman dan memiliki peran penting bagi kendaraan. Selain silinder rem, masih banyak lagi komponen vital pada mobil yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga keselamatan saat berkendara.

 

Ref:

Daihatsu