Simak Bagaimana Cara Membuat CV yang Menarik untuk Melamar Kerja!

Aug - 06
2021
cara membuat CV yang menarik

Simak Bagaimana Cara Membuat CV yang Menarik untuk Melamar Kerja!

CV merupakan hal penting yang harus dicantumkan saat proses melamar pekerjaan. CV yang baik tentunya akan memperbesar peluang kalian untuk diterima kerja. Bagi kalian para fresh graduate ataupun jobseeker yang masih bingung bagaimana sih cara membuat CV yang baik, simak cara nya di artikel ini ya! Cukup sediakan laptop dan koneksi internet yang memadai kalian sudah bisa membuat CV yang menarik loh!

Cara membuat CV yang menarik perhatian HRD

Tanpa berlama-lama lagi simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

1. Cantumkan data diri yang penting saja

Data diri di sini cukup berikan nama, tanggal lahir, alamat email, nomor telefon, tinggi badan (opsional), dan riwayat pendidikan. Pastikan kalian memberikan nomor telefon atau alamat email agar jika HRD tertarik mereka bisa tahu harus menghubungi kemana.

2. Pasang foto yang menarik

Foto juga merupakan hal yang penting bagi rekruter, pastikan penampilan kalian di foto rapih dan menarik ya! Untuk pakaian, kalian bisa menyesuaikan dengan perusahaan yang kalian lamar. Jika perusahaan yang kalian lamar adalah perusahaan start-up maka kalian bisa mengenakan pakaian yang casual sebaliknya gunakan pakaian yang formal jika perusahaan yang dilamar adalah bank.

3. Berikan perkenalan singkat

Sebelum masuk ke bagian pengalaman kerja/organisasi, sebaiknya kalian mencantumkan perkenalan diri dalam satu paragraf singkat. Perkenalkan nama, bidang yang kalian suka, dan etos kerja kalian.

Baca juga: Bisa Tambah Uang Jajan, Ini 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar!

4. Isi data pengalaman dengan pencapaian

Jika kalian sudah pernah bekerja sebelumnya, sebisa mungkin jangan hanya cantumkan jobdesk saja, cantumkan juga pencapaian yang telah diraih berikan data (portfolio) untuk membuat pencapaian lebih valid.

Sebaliknya jika kalian adalah fresh graduate cantumkan pencapaian yang telah kalian raih selama masuk di organisasi sekolah/universitas.

5. Perhatikan desain CV

Desain CV sendiri memegang peranan penting dalam proses rekrutmen. Desain CV sendiri bisa disesuaikan dengan posisi yang kalian lamar, jika melamar di posisi graphic designer berikan desain CV yang menarik, sebaliknya jika melamar di posisi finance berikan desain CV yang simpel. Intinya sesuaikan dengan posisi yang kalian lamar ya!

Baca juga: 10 Tips Jualan di Instagram untuk Pemula, No. 9 Wajib Anda Lakukan

6. Cantumkan pengetahuan mengenai alat kerja

Pastikan juga kalian mencantumkan keahlian menggunakan softaware penunjang kerja seperti excel, powerpoint dan Google Drive. Mengingat software itulah yang kalian sering gunakan saat di dunia kerja nanti.

Contoh CV yang menarik

Di bawah ini ada beberapa CV yang kalian bisa jadikan referensi:

CV Graphic Designer

CV graphic designer

CV Software Developer

CV software developer

Tools pembuat CV yang mudah untuk digunakan

Jika sudah mengetahui CV seperti apa yang ingin kalian buat, kami akan memberikan rekomendasi tools pembuat CV gratis:

1. Canva

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan Canva, tools satu ini bisa memenuhi segala kebutuhan desain kalian, bahkan tools satu ini juga memungkinkan kalian membuat CV dengan mudah. CV graphic designer di atas bisa kalian dapatkan template nya di Canva.

2. Microsoft word

Merupakan tools pembuat CV paling tradisional, namun sayangnya di microsoft words kalian memerlukan usaha jika ingin desain CV.

3. Resume.io

Tersedia berbagai template di situs ini yang bisa membuat CV lebih menarik, selain itu fitur spell checker juga disediakan loh di Resume.io!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid