Mari Kenali Sistem Struktur Bentang Lebar Beserta dengan Kegunaannya!

Mei - 01
2021
struktur bentang lebar

Mari Kenali Sistem Struktur Bentang Lebar Beserta dengan Kegunaannya!

Sistem struktur bentang lebar sering digunakan untuk struktur bangunan yang memerlukan penggunaan ruang yang luas seperti gudang contohnya. Penggunaan struktur ini bertujuan untuk memungkinkan pemakaian ruang bebas. Maksudnya dari ruang bebas adalah ruangan yang mempunyai kolom dengan panjang dan lebar seluas mungkin. Bagi kalian yang tertarik untuk membeli gudang untuk keperluan usaha kalian, mari simak lebih dalam lagi mengenai struktur ini yuk!

Jenis struktur bentang lebar

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi tentang struktur, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja jenis struktur bentang lebar yang ada. Simak selengkapnya di bawah ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

– Struktur bentang lebar sederhana

Biasanya struktut ini digunakan untuk penggunaan lapangan, gymnasium, kolam renang dan sejenisnya. Ciri utama dari bentang lebar sederhana adalah desain ruang yang simpel dan tidak terlalu mengutamakan penampilan.

– Struktur bentang lebar kompleks

Berbeda dengan jenis sederhana, bentang lebar kompleks biasanya digunakan untuk ruangan teater, dan opera yang mengedepankan penampilan. Oleh karean itu struktur yang dipakai biasanya rumit dan memerlukan waktu yang lama dalam pembuatannya.

Sistem yang dipakai dalam struktur bentang lebar

Setelah mengetahui jenis-jenisnya mari kita bahas mengenai sistem yang dipakai. Secara umum dibagi menjadi 4 sistem berikut penjelasan lengkapnya:

– Form Active Structure System

Sistem ini terdiri dari 4 struktur yang berbeda yaitu cable system, tent system, pneumatic system, dan arch system. Kelebihan utama sistem ini adalah struktur dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Melalui 4 sistem yang sudah dijelaskan tadi struktur bangunan dapat dirubah.

– Bulk Active Structure System

Sistem ini terdiri dari 3 struktur yang berbeda yaitu beam system, frame system, beam grid. Tujuan utama dari struktur ini adalah untuk memungkinkan beban gaya yang diperlukan seluruhnya dibebankan kepada material.

– Vector Active Structure System

Terdiri dari 3 sistem berbeda yaitu flat truss system, curved truss system, space truss system. Biasanya hasil visual gedung yang dihasilkan dengan struktur vektor memiliki hasil unik dan berbeda dengan kebanyakan bangunan pada umumnya.

– Surface Active Structure System

Terbagi lagi menjadi 4 sistem berbeda yaitu prismatic folded, pyramidal folded structure, rotational shell system, dan anticlastic shell system. Biasanya struktur ini digunakan untuk bangunan yang memiliki desain yang unik seperti contohnya Lotus Temple di India.

Pastikan aset berharga anda terlindungi dari berbagai macam resiko!

Setelah melihat biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membuat sebuah gedung bertingkat, maka ada baiknya kalian memberikan proteksi kepada aset-aset berharga kalian dengan asuransi properti. Kalian bisa membandingkan dan memilih produk asuransi properti yang terpercaya di Cekpremi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *