Taman Mini Indonesia Indah

rumah adat
imagesource :ciputranews

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah suata kawasan taman wisata bertema budaya indonesia di jakarta timur area kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6 ° 18’6.8”LS, 106° 53’47.2”B.

Di Indonesia hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur yang mereka buat selalu dilatar belakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwijudkan melaluli anjungan daerah yang mewakili suku-suku bangsa indonesia yang berada di 33 provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini di bangun disekitar danau dengan miniatur kepulauan indonesia, secara tematik dibagi atas 6 zona : jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi, bali, dan nusa tenggara, maluku dan papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan indonesia yang mencangkup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana tarian dan tradisi daerah daerah tersebut.

taman mini
imagesource : tamanmini

Disamping itu ditengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan ditengahnya, kereta gantung, berbagai museum, teater IMAX keong emas dan Teater Tanah Airku, berbagai sarana rekreasi ini menjadikan Taman Mini Indonesia Indah sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota Jakarta.

Gagasan pembangunan satu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh ibu negara, Siti Hartinah yang biasa lebih dikenal dengan sebutan ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suaru pertemuan di jalan cendana no. 8 jakarta pada tanggal 13 maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pad seluruh bangsa indonesia. Taman Mini Indonesia Indah di bangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 april 1975 berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi moderen diperagakan di area seluas 150 hektar ini. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia Ini. Untuk itu kita sabagai penerus bangsa sudah seharusnya menjaga dan melestarika segala sesuatu yang telah di persembahkan oleh para pahlawan pahlawan kita untuk mempermudahkan kita bila ingin mengetahui aneka ragam budaya rumah adat dan tradisi dari 33 provinsi yang tersebar di Indonesia.

Cekpremi
Tampilan terbaru Cekpremi

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 20, 2015

Posted In: Hot News

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami