Mau Rumah Makin Sejuk? Ini 10 Ide Tanaman Hias Untuk Taman yang Recommended!

Jun - 21
2021
tanaman hias untuk taman

Mau Rumah Makin Sejuk? Ini 10 Ide Tanaman Hias Untuk Taman yang Recommended!

Memiliki lahan hijau di rumah bisa membuat udara lebih sejuk dan menambah desain interior rumah agar semakin cantik. Dalam memilih tanaman hias untuk taman, harus memperhatikan kombinasi antar tanaman dari segi bentuk, tinggi, hingga warna. Perhatikan juga kapasitas tanaman dengan luas taman. Misalkan jika lahan terbatas, jangan memilih tanaman yang berpotensi tumbuh besar. Anda juga mungkin memerlukan ornamen pendukung lain, seperti lampu taman, batu alam, atau kolam mini. 

10 Ide Tanaman Hias Untuk Taman

taman belakang rumah

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

1. Bambu Jepang

Tanaman hias bambu Jepang memiliki jenis yang beragam, namun yang terkenal di Indonesia adalah Pseudosasa Japonica. Karakteristiknya memiliki pelepah batang dan rimpang yang kuat, sehingga selain sebagai hiasan taman, bisa juga difungsikan sebagai pagar alami. Atau Anda juga bisa menanamnya di antara batuan pinggir kolam.

2. Cemara Udang atau Cemara Laut

Pohon cemara udang ini banyak ditemukan di tepi pantai untuk menghalangi angin dan ombak. Batangnya berbentuk artistik dan berbonggol-bonggol sehingga membuatnya dijuluki cemara udang, serta memiliki daun hijau tumbuh menyerupai kawat dan berduri. Jika ditanam di taman, pohon cemara udang bisa menghadirkan kesejukan sekaligus menahan angin apabila ada angin kencang.

3. Bougenvil

Tanaman hias ini termasuk ke golongan bunga yang menjadi favorit banyak orang. Keindahan dari tanaman ini ada pada seludung bunga bergerombol berwarna cerah. Kebanyakan orang mengira seludung tersebut adalah bunga, sebenarnya bunga bougenvil sangat kecil dan berada di tengah seludung. 

4. Pohon Birch 

Pernah mendengar tentang kayu birch untuk furniture? Nah, selain untuk furniture, pohon birch juga bisa sebagai tanaman yang cocok untuk taman rumah minimalis. Pohon ini termasuk dalam familia Betulaceae ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho, seperti getah pohon birch yang mengandung vitamin, protein, amino acid, dan mineral yang baik bagi kesehatan

5. Tanaman Hias Spider Plant

Memiliki nama biologi Chlorophytum Comosum, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman spider karena bentuk daunnya yang panjang menjuntai ke bawah seperti kaki serangga. Asal tanaman ini dari Afrika Selatan, namun cukup mudah untuk dibudidayakan dan memiliki fungsi untuk membersihkan atau menyaring udara.

6. Kaktus

Dikenal sebagai tanaman yang tidak repot dalam perawatan, kaktus atau sukulen bisa menjadi tanaman tepat untuk Anda yang menyukai kepraktisan. Kaktus memiliki bentuk khas yang lucu, unik, dan bervariasi. Cocok untuk rumah minimalis di daerah tropis karena tidak mudah layu saat berada di bawah terik matahari, malah semakin subur. 

7. Furcraea

Tanaman ini berasal dari Brazil dengan karakteristik daun yang lancip dan runcing di bagian ujung, menyerupai pedang. Warna daunnya hijau cerah dengan garis-garis memanjang dan bersusun terbuka. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini adalah daun, karena batangnya tertutup oleh bagian daun yang lebar. Cocok untuk ditanam secara bergerombol di taman. 

8. Tanaman Pachira (Money Tree)

Pilihan tanaman hias untuk taman lainnya adalah Pachira atau lebih dikenal dengan Money Tree. Konon, tanaman ini memiliki efek membuat pemiliknya bersemangat kerja dan membawa hoki. Memiliki tampilan daun hijau yang membuat taman semakin adem dan sejuk. Bentuk daunnya mirip tanaman singkong yang daunnya berbentuk jari meruncing. Bentuk batangnya berbonggol dan juga sering dikepang untuk tampil semakin manis.

9. Tanaman Sirih Gading atau Pothos

Sebagai salah satu jenis tanaman yang populer, tanaman sirih gading atau golden pothos termasuk pohon yang mudah tumbuh. Memiliki jenis merambat dengan daun halus berbentuk hati, cocok untuk menghiasi taman di rumah Anda. Tanaman yang satu ini juga bisa tumbuh hingga 20 meter dengan diameter sampai 4 cm lho!

10. Palem Putri

Veitchia merrillii atau palem putri adalah tanaman tropis yang sensitif pada suhu dingin. Jadi, sangat cocok untuk ditanam di Indonesia. Bagian paling mencolok dari tanaman ini adalah buah warna merah mengkilap dan bergerombol. Daunnya lebat dan dapat tumbuh hingga 7 meter sehingga cocok sebagai background taman untuk menutupi tembok. 

Tanaman hias pada taman berfungsi untuk memberikan tambahan estetika dan juga bisa membuat rumah terasa lebih sejuk dan cozy. Untuk membuatnya lebih menarik, tambahkan kolam ikan atau beberapa batuan sebagai hiasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *