7 Tips Agar Tetap Sehat Fisik dan Mental di Tengah Pandemi

Mei - 26
2021
Tips Agar Tetap Sehat

7 Tips Agar Tetap Sehat Fisik dan Mental di Tengah Pandemi

Masa pandemi ini membuat kita harus terus menjaga kesehatan dan kebersihan agar menghindari terkena virus Covid-19. Terlebih untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas di luar rumah, menjaga daya tahan tubuh penting untuk dilakukan. Ketika kesibukan tinggi, kelelahan, plus ditambah stress, membuat sistem imun bisa menurun dan rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan, berikut adalah tips agar tetap sehat secara fisik dan mental di tengah pandemi

7 Tips Sehat Fisik dan Mental Selama Pandemi

tips sehat mental

1. Menjaga Pola Makan 

Ketika aktivitas padat, mungkin Anda melupakan makan siang dan baru makan ketika sore. Jika berlangsung terus menerus, Anda bisa terkena gangguan lambung dan maag akut. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan di jam yang tepat. Pastikan untuk tidak meninggalkan sarapan, makan siang, dan makan malam. 

2. Gizi Seimbang

Selain pola waktu makan, Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pastikan kebutuhan gizi harian untuk karbo, protein, serat, dan lemak baik terpenuhi. Makanan dengan gizi seimbang akan meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produktivitas harian Anda.

3. Hindari Junk Food 

Sebenarnya, mengkonsumsi junk food tidak benar-benar dilarang. Anda masih boleh memakan makanan ini dengan porsi yang terbatas. Umumnya, junk food memiliki kadar lemak jenuh dan garam yang tinggi sehingga mempengaruhi proses metabolisme dan akumulasinya bisa penyakit jantung koroner. 

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Tips agar tetap sehat lainnya adalah menjaga kebutuhan cairan tubuh. Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan kalori, aktivitas, gender, umur, berat badan dan lainnya. Namun umumnya manusia membutuhkan 2.7 sampai 3.7 liter asupan air atau sekitar 8 gelas air per hari. Kekurangan cairan bisa menyebabkan lemas hingga penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Jika muncul tanda-tanda, seperti urine berwarna agak kekuningan, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil, segera minum air putih karena tubuh mulai kekurangan cairan. 

5. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan. Vitamin yang paling banyak dibutuhkan adalah vitamin C dan vitamin B. Vitamin C  digunakan tubuh untuk menstabilkan sistem imun agar tidak mudah terkena penyakit. Sedangkan vitamin D berperan untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kanker serta mengurangi resiko penurunan daya ingat. Sumber vitamin ini bisa didapat langsung dari makanan yang dikonsumsi atau tambahan multivitamin.

6. Mengendalikan Stress

Selama kita hidup, masalah akan terus berganti dari satu ke lainnya. Sehingga stress rentan terjadi dan bisa berujung depresi jika tidak dikendalikan dengan baik. Untuk mengurangi stress, Anda bisa melakukan berbagai cara, mulai dari menceritakan masalah dengan teman atau orang yang dipercaya, meditasi, olahraga, atau konsultasi dengan profesional. Perasaan sedih, marah, cemas, atau kecewa berlebihan bisa direspon oleh organ tubuh lainnya dan menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh. Jika terus dibiarkan bisa membuat daya tubuh melemah dan terkena penyakit. 

7. Olahraga dan Tidur Cukup

Olahraga bisa memicu terbentuknya hormon endorphin yang membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 3 kali dalam seminggu, bisa dengan zumba, yoga, lari, atau berjalan kaki keliling kompleks. Selain itu, penting untuk memiliki tidur cukup sekitar 7-8 jam per hari. Jam tidur yang teratur akan membuat organ tubuh berfungsi dengan baik dan produktivitas meningkat.

Tips agar tetap sehat di atas bisa Anda jalankan agar selama masa pandemi ini tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan asuransi perlindungan Covid-19 yang mengcover biaya rumah sakit apabila terserang virus. Dapatkan penawarannya hanya di cekpremi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid