Ini Tips Belanja Online Aman dan Bisa Dapat Harga Murah!

Jun - 29
2021
tips belanja shopee

Ini Tips Belanja Online Aman dan Bisa Dapat Harga Murah!

Kasus pandemik yang semakin meningkat, membuat Anda harus berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Nah, untuk memenuhi berbagai kebutuhan, tentunya bisa dengan belanja secara online. Sudah ada banyak online shop dan marketplace yang menyedia fasilitas belanja online dengan mudah, murah, bahkan dapat gratis ongkos kirim! Namun Anda tetap harus waspada terhadap bahaya penipuan yang mengintai. Berikut adalah beberapa tips belanja online yang aman biar hati tenang.

Tips Belanja Online Aman dari Rumah

tips belanja online

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Pilih Penjual dengan Reputasi Bagus

Untuk melakukan belanja online, ada banyak platform yang menyediakan, bisa lewat sosial media, website belanja, hingga marketplace. Untuk keamanan, marketplace atau e-commerce bisa dijadikan pilihan tepat. Pihak ketiga ini akan memfasilitasi agar proses jual beli aman dan barang bisa dipastikan sampai ke tangan pembeli. Di dalam marketplace tentu ada banyak penjual, pilihlah yang memiliki rating dan review bagus atau yang telah menjadi official store atau star seller. 

Cek Tanda Situs Belanja Online Aman

Mungkin banyak orang yang tidak terlalu menyadari tentang hal ini. Sebelum belanja online, Anda harus mengecek apakah halaman website tersebut aman dan data Anda terlindungi. Caranya dengan memperhatikan bar di bagian depan alamat situs. Jika terdapat tanda gembok, maka berarti situs aman untuk digunakan dan privasi data terjaga. Kemudian saat akan memasukkan data kartu kredit, pastikan alamat situs berubah dari ‘http’ ke ‘https’.

Teliti Sebelum Membeli

Kelemahan utama dari belanja online adalah tidak bisa melihat produk secara langsung. Ibaratnya beli kucing dalam karung. Nah, untuk menghindari hal ini, Anda sebaiknya mencermati foto produk berikut keterangannya. Atau apabila ada yang belum jelas bisa menanyakan kepada penjual. Hal ini untuk menghindari kekecewaan saat produk datang dan tidak sesuai dengan ekspektasi. Yah, walaupun dalam beberapa kasus, hal ini bisa terjadi. 

Bandingkan Harga

Harga jual online dan offline seringkali berbeda dan bisa jadi harga jual di platform online lebih murah. Kemudian juga biasanya dengan barang yang sama bisa dijual dengan ahrga yang berbeda di setiap toko. Kelebihan dari belanja online ini, Anda bisa membandingkan harga dan mencari yang paling murah. Jadi makin hemat deh!

Keamanan Transfer

Beberapa pelaku penipuan online sering membujuk calon pembelinya untuk bertransaksi di luar marketplace. Nah, tentunya hal ini berbahaya dan tidak akan ada pihak yang bisa bertanggung jawab. Jadi sebaiknya Anda tetap melakukan transaksi di dalam platform. Jika Anda membeli langsung dari online shop, pastikan sebelum melakukan transfer, lakukan pengecekan rekening.

Baca Kebijakan Return atau Refund

Kadang saat barang belanjaan datang, ternyata ukurannya tidak sesuai, ada jumlah yang kurang, atau hal lainnya. Nah, Anda sebaiknya mencari tau bagaimana prosedur untuk penukaran atau pengembalian barang. Setiap marketplace memiliki kebijakan masing-masing untuk hal ini dan pastikan Anda mengetahuinya. 

Pastikan Keamanan Perangkat

Tips belanja online selanjutnya adalah memastikan keamanan perangkat. Saat berbelanja online, utamakan menggunakan perangkat laptop atau smartphone miliki pribadi. Hindari belanja menggunakan perangkat umum karena keamanannya tidak terjamin. Sebaiknya juga perangkat Anda memiliki antivirus aktif untuk mencegah ancaman hacking dan hal lainnya yang bisa merugikan. 

Cek Paket dan Hilangkan Jejak Data

Setelah transaksi berjalan lancar dan paket sampai di rumah dengan selamat, ada 1 hal lagi yang perlu Anda perhatikan. Hal tersebut adalah data yang ada pada label pengiriman paket. Ada nama, nomor handphone, dan alamat yang apabila dibuang begitu saja bisa membuat data pribadi Anda bocor. Sebelum membuang bungkus paket, pastikan untuk merobek dan menghancurkan data yang tertera. 

Itulah beberapa tips belanja online yang bisa Anda terapkan agar tetap aman, lancar, dan bisa mendapatkan harga murah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *