Anti Buntung! Begini 5 Tips Beli Apartemen untuk Pemula

Jun - 17
2021
tips beli apartemen

Anti Buntung! Begini 5 Tips Beli Apartemen untuk Pemula

Memilih hunian jelas bukan perkara mudah. Apalagi jika properti tersebut berbentuk apartemen. Dengan sistem pembelian yang berbeda dengan rumah, penting mengetahui tips beli apartemen.

Tak bisa dipungkiri, menipisnya ketersediaan rumah tapak di kota-kota besar membuat sebagian masyarakat mulai melirik hunian vertikal seperti apartemen sebagai lokasi tempat tinggal.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Meski begitu, harga apartemen sendiri sejatinya tidak murah. Itu sebabnya untuk menghindari kerugian, penting untuk mengetahui tips dan trik membeli apartemen bagi pembeli pemula.

5 Tips Beli Apartemen yang Aman dan Menguntungkan

Rasa aman adalah faktor penting dalam transaksi jual-beli properti. Selain itu, sebagai pembeli kita juga ingin mendapatkan keuntungan atas transaksi tersebut bukan? Jangan pusing, begini tipsnya!

1. Pertimbangkan Lokasi Apartemen

Pada dasarnya, sebagian besar apartemen dibangun di pusat-pusat keramain. Karena itu tidak perlu muluk-muluk dalam memilih lokasinya, cukup pilih apartemen yang berada dekat dari kantor Anda.

Beberapa apartemen bahkan dibuat terintegrasi dengan moda transportasi umum. Untuk menunjang mobilitas sehari-hari, Anda juga bisa memilih konsep apartemen semacam ini.

2. Perhatikan Fasilitas dan Kondisi Unit

Tips beli apartemen selanjutnya adalah dengan memperhatikan fasilitas serta kondisi unit. Tipe unit apartemen memang berbeda-beda, sehingga pilihlah sesuai kebutuhan dan kemampuan kita saja.

Jangan lupa, perhatikan juga fasilitas dan kondisi unitnya. Tanyakan fasilitas apa saja yang akan kita terima, lalu pastikan kondisi unit tersebut masih dalam kondisi prima dan baik untuk dihuni.

3. Perhitungan Biaya Pembelian

Seperti yang telah disebutkan, membeli apartemen tidak sama dengan membeli rumah tapak. Ketika membeli apartemen, kita biasanya akan dikenakan pajak beserta biaya lain yang tidak terduga. 

Pastikan besaran pajak dan biaya lainnya seperti biaya keamanan, parkir, hingga air. Persiapkan dana pembelian apartemen, sesuai (atau lebih) dari estimasi perhitungan yang telah Anda lakukan.

4. Manfaatkan Fasilitas KPA

Membeli apartemen tidak harus dilakukan secara cash kok. Apabila kondisi keuangan kita belum mencukupi untuk membayar kontan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas KPA.

Kredit Pemilikan Apartemen atau KPA secara umum mirip dengan KPR. Berkat fasilitas ini, kita bisa mengajukan kredit pembelian unit apartemen ke bank sesuai jangka waktu yang disepakati bersama.

5. Cek Izin dan Legalitas Bangunan

Tips beli apartemen terakhir adalah mengecek izin serta legalitas bangunan. Hal ini penting, agar kita sebagai pembeli tidak mudah terjebak oleh bujuk rayu dan tipu muslihat pengembang nakal.

Selain itu, hindari melakukan transaksi jual-beli di bawah tangan. Apapun alasannya, melakukan transaksi jual-beli unit di hadapan notaris sangat penting untuk menghindari risiko di masa depan.

Nah, itu tadi beberapa tips beli apartemen bagi Anda para pembeli pemula. Jangan lupa, segera daftarkan unit tersebut dengan polis asuransi properti terpercaya untuk menjaga keamanan, ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *