5 Tips Melakukan Jual Beli Properti yang Aman bagi Pemula

Mei - 26
2021
jual beli properti

5 Tips Melakukan Jual Beli Properti yang Aman bagi Pemula

Melakukan jual-beli properti tidak boleh sembarangan, apalagi bagi para pemula. Meski terbilang cukup menguntungkan, jenis bisnis yang satu ini juga memiliki resiko nya tersendiri lho.

Sudah jadi rahasia umum, bisnis properti merupakan salah satu model bisnis yang sangat menguntungkan. Selain harganya tak pernah turun, properti juga tak pernah sepi dari peminat.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Namun properti sendiri tergolong sebagai aset non-liquid, sehingga objek investasinya (dalam hal ini properti) sangat sulit untuk diperjualbelikan. Jika Anda masih tertarik, yuk simak tips berikut ini!

 

Inilah 5 Tips Jual Beli Properti bagi Pemula

1. Perhatikan Dokumen Legalitas Properti

Sebelum melakukan jual beli properti, penting untuk memperhatikan kelengkapan dokumentasinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindak penipuan, serta timbulnya konflik di masa depan.

Dengan melihat kelengkapan dokumentasinya, maka kita dapat mengetahui status kepemilikan properti tersebut. Jangan sampai Anda menjual/membeli properti sitaan bank, ya!

2. Perhatikan Lokasi dan Lingkungan Properti

Jangan lupa memperhatikan lokasi dan lingkungan sekitar properti sebelum membeli/menjualnya. Faktor yang satu ini sangat penting, sebab berhubungan dengan minat dari calon pembeli/penjual.

Sebagian besar pembeli properti enggan membeli rumah di lokasi banjir. Sebagian lagi mempertimbangkan akses dan fasilitas umum yang tersedia di sekitar lokasi properti.

Ketahui informasi ini sebelum Anda menjual/membeli properti. Highlight hal-hal menarik yang bisa dijadikan selling point, sebisa mungkin perbaiki faktor-faktor yang dianggap menjadi kekurangan.

3. Hindari Transaksi di Bawah Tangan

Jangan pernah melakukan transaksi jual beli properti di bawah tangan. Selain sangat berisiko, transaksi di bawah tangan (tidak legal) berpotensi menggugurkan akad jual beli tersebut.

Untuk menghindari konflik dan risiko yang terjadi di masa depan, lakukan transaksi secara langsung di hadapan notaris. Jika berkaitan dengan bank, undang pihak bank saat transaksi jual beli dilakukan.

4. Manfaatkan Jejaring Sosial yang Dimiliki

Dalam jual beli properti, jejaring sosial yang kita miliki berperan besar dalam mensukseskan bisnis tersebut. Sehingga, penting untuk memanfaatkan channel-channel tersebut semaksimal mungkin.

Coba tanyakan kepada sanak saudara, apakah ada properti yang ingin mereka jual atau tidak. Jika ada jangan ragu menawarkan diri Anda, untuk membantu menjualkan properti tersebut.

Begitu pula saat ingin membeli properti, dengan bertanya kepada orang-orang terdekat potensi Anda mendapatkan properti terbaik semakin terbuka lebar.

5. Pelajari Dasar-Dasar Bisnis dan Pemasaran

Tips melakukan jual beli properti terakhir ialah mempelajari dasar-dasar bisnis dan pemasaran. Tentu saja, pengetahuan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan bisnis tersebut.

Bukan cuma itu, pengetahuan terhadap dunia properti juga perlu dikuasai. Hal ini dimaksudkan, agar calon pembeli/penjual properti tidak ragu akan kemampuan Anda.

Demikian beberapa tips jual beli properti yang patut diketahui. Jangan lupa rekomendasikan polis asuransi properti kepada calon pembeli/penjual Anda, agar keamanan rumah mereka tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *