6 Tips Menata Rumah Minimalis, Nomor 2 Wajib Paling Penting

Jul - 22
2021
rumah minimalis

6 Tips Menata Rumah Minimalis, Nomor 2 Wajib Paling Penting

Last Updated on July 22, 2021 by Titi Setianing R

Memiliki rumah minimalis menuntut kita untuk lebih kreatif dalam urusan tata desain interior. Dengan jumlah ruangan yang terbatas, terkadang kita menjadi bingung akan menaruh barang dimana. Tak jarang juga, kesalahan dalam penataan justru membuat ruangan terkesan lebih sempit, sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana tips menata rumah dengan cermat.

Perabotan yang tidak disusun secara rapih juga bisa membuat kita selalu merasa kurang ruang yang pada akhirnya menginginkan rumah yang lebih besar atau menambah ruangan. Padahal, kita bisa memodifikasi ruangan kecil rumah kita agar terlihat luas dan rapih. Hal tersebut juga pasti membuat para penghuni rumah menjadi lebih nyaman dan semakin betah untuk berada di rumah.

Menata rumah memang menjadi hal yang menjengkelkan dan menguras tenaga. Tapi tenang saja, berikut ini kami rangkumkan 6 tips yang bisa membantumu menata rumah minimalis agar keluarga semakin betah di rumah.

6 Tips Menata Rumah Minimalis

tips menata rumah

1. Buat Storage 

Menata rumah akan lebih mudah jika Anda memiliki lokasi atau tempat khusus untuk meletakkan barang-barang. Akan sangat memusingkan jika benda-benda di rumahmu berserakan tak tentu rimbanya. Apalagi benda-benda kecil seperti mainan anak. Waduh, Anda benar-benar harus punya tempat khusus untuk menyimpannya.

Selain membuat penataan semakin rapi, storage juga mempermudah Anda ketika hendak mencari barang-barang yang Anda butuhkan. Misalnya Anda bisa membeli wardrobe dengan banyak laci dan kategorikan barang-barangmu di sana. Sehingga Anda bisa menaruh dan mengambil dengan lebih mudah. Namun, jangan lupa ya, untuk kembali menaruh barang-barang ke dalam tempatnya.

2. Jaga Kebersihan Rumah

Rumah dengan penataan sebagaimana pun tetap tidak akan terlihat rapi jika rumah tersebut kotor. Membersihkan rumah bukan hanya menyapu dan mengepel tetapi juga mengosongkan keranjang cucian, menyikat kamar mandi, dan mengelap perabotan. Jika dilakukan secara rutin, kegiatan membersihkan rumah tidak akan berat.

Selain itu, jika Anda memiliki kesibukan yang padat, Anda bisa berbagi tugas membersihkan rumah dengan anggota keluarga lainnya. Atau, jika Anda tinggal sendirian, Anda bisa meluangkan satu hari dalam seminggu di akhir pecan untuk bersih-bersih rumah. Kebersihan akan membawa kenyamanan. Jadi, kebersihan rumah adalah hal paling penting di antara tips lainnya.

3. Pilih Perabot Secara Bijak

Memilih perabot untuk rumah minimalis harus dilakukan dengan bijak. Terlalu banyak perabotan akan membuat pekerjaan menata rumah menjadi lebih sulit. Sehingga, Anda harus memilih perabotan apa saja yang bisa bermanfaat secara maksimal di rumahmu.

Misalnya dalam memilih kasur dan lemari. Perabot atau furniture multifungsi bisa membantu dalam penataan rumah meskipun ukurannya relatif besar. Anda juga bisa menggunakan perabot lipat seperti meja lipat, kasur lipat yang bisa dinaikkan maupun diturunkan. Penggunaan lemari dengan kompartemen yang banyak juga bisa digunakan untuk menaruh barang-barang agar tidak tercecer.

Perhatikan juga oranamen yang ada para perabotan. Ornamen tebal atau bulan bisa membuat perabot tampak berat. Selain itu, pilihlah warna perabot yang senada. Sebab, ruangan yang memiliki terlalu banyak warna akan memberi kesan sempit.

Baca juga: 8 Tips Renovasi Rumah Lama, Dijamin Irit Budget!

4. Sesuaikan Letak Furniture

Tata letak furniture juga sangat mempengaruhi kerapihan ruangan. Anda harus memilih tempat terbaik untuk setiap furniture Anda agar tidak memenuhi ruangan atau berhamburan. Misalnya sofa bisa Anda letakkan menempel ke dinding agar tidak memenuhi ruangan. Pembagian secara tegas antara lokasi furniture dan area bebas bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan lapang.

5. Minimalisir Sekat

Ketika menata rumah minimalis, biarkan ruang-ruang tampak mengalir sehingga pandangan jadi lebih lapang. Penggunaan atau pemasangan sekat hanya akan menambah kebutuhan ruang untuk pembatas meskipun Anda jadi memiliki batas yang jelas sesuai fungsi ruangan. Namun pembedaan fungsi ruangan ini bisa Anda akali dengan penerapan warna yang berbeda. Lantai yang berbeda bisa menjadi penanda batas namun tidak mengurangi ruang gerak bebas di rumah.

Selain lantai, Anda juga bisa menggunakan tembok yang dicat dengan warna yang berbeda. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam pemilihan warna. Warna gelap akan membuat rumah minimalis terkesan lebih sempit. Selain itu, terlalu banyak warna yang berbeda juga membuat ruangan terasa ramai dan tidak nyaman.

6. Sirkulasi Udara 

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah sirkulasi udara. Tentu rumah akan nyaman ditinggali jika memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, sirkulasi udara juga menandakan apakah rumah tersebut sehat atau tidak. Sirkulasi udara ini juga mempengaruhi tingkat kelembapan rumah.

Sirkulasi udara bisa Anda adakan dengan menggunakan jendela yang bisa dibuka untuk mendapatkan udara segar. Jendela dengan material kaca juga bisa membantu Anda mendapatkan sinar matahari secara alami ke dalam rumah. Penggunaan jendela dan pintu kaca yang besar bisa memberikan pemandangan luar yang lebih luas.

Tips menata rumah minimalis juga bisa Anda terapkan untuk menata berbagai konsep lainnya. Anda harus ingat, bagaimana pun Anda menata rumah, akan sia-sia jika rumahmu kotor. Jadi, jangan lupa bersihkan rumah Anda secara rutin.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Memilih Pagar Rumah Sederhana tapi Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi