Mau Berlibur di Masa Pandemi? Intip Tips Travelling Penting Ini!

Mei - 18
2021
travelling new normal

Mau Berlibur di Masa Pandemi? Intip Tips Travelling Penting Ini!

Belakangan ini, travelling menjadi sebuah kebutuhan primer bagi sebagian orang. Banyak yang rutin mengunjungi tempat-tempat wisata lokal maupun luar negeri. Namun ketika pandemi menyerang dan banyak tempat wisata tutup dan kegiatan di luar ruangan dibatasi, hingga hampir satu tahun belakangan ini banyak dari kita hanya di rumah saja. Setelah era new normal, beberapa tempat wisata mulai dibuka dan Anda bisa mulai mengunjunginya. Berikut adalah tips travelling di era new normal agar tetap aman dan nyaman.

Tips Travelling di Masa Pandemi

tips travelling

Siapkan Dokumen 

Kalau dulu saat bepergian hanya membutuhkan identitas pengenal atau passport, sekarang ini ada banyak dokumen yang wajib dibawa. Mulai dari dokumen keterangan sehat bebas COVID-19 yang berdasarkan hasil tes PCR, swab, atau rapid. Bahkan saat libur lebaran ini, dibutuhkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) untuk warga Jakarta yang keluar masuk dengan transportasi udara. Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020.

Perhatikan Peraturan New Normal di Setiap Destinasi

Dengan adanya new normal ini, maka banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan sudah mencari tahu infonya. Peraturan itu bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, jam operasional, dan lain sebagainya.

Siapkan Starter Pack Kebersihan

Tips travelling berikutnya adalah menyiapkan starter pack alat-alat kebersihan, mulai dari hand sanitizer, disinfektan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair. Jangan lupa untuk membawa masker cadangan. Di era sekarang ini, masker menjadi salah satu hal wajib agar kamu dapat bepergian ke mana pun. Siapkan juga kantong untuk menyimpan masker bekas pakai.

Tentukan Destinasi Wisata

Pilihlah daerah wisata yang berada di zona hijau atau area dengan kasus Covid-19 yang rendah. Traveling di destinasi wisata yang berada di zona hijau dapat menurunkan risiko terpapar virus corona. Tempat wisata alam diprediksi akan jadi pilihan utama masyarakat untuk berlibur saat masa new normal. Pastikan untuk selalu menjaga jarang dengan pengunjung lain. Pilih Tiket dan Akomodasi Refundable

Bagi yang ingin merencanakan bepergian, sebaiknya memilih untuk memesan tiket transportasi maupun akomodasi yang bersifat refundable. Di tengah ketidakpastian ini bisa saja tiba-tiba tempat wisata tersebut ditutup atau ada pembatasan perjalanan. Jadi, untuk meminimalisir kerugian, pilihkan tiket dan akomodasi yang bisa di-refund atau di-reschedule.

Scan Semua Dokumen Penting

Scan semua dokumen penting perjalanan Anda dan taruhlah di email pribadi atau smartphone Anda. Bisa juga dengan fotokopi semua paspor, visa, asuransi travel, dan hal yang lain dan simpan di dalam satu tempat. Hal ini untuk antisipasi jika identitas atau surat pribadi Anda hilang saat travelling ke suatu tempat. Scan dokumen penting akan membantu Anda untuk berjaga-jaga dan mendapatkan dokumen yang Anda butuhkan dengan mudah.

Staycation

Saat pandemi, staycation memang menjadi salah satu alternatif menarik untuk liburan atau sekadar refreshing. Terlebih, saat ini hotel-hotel di Indonesia telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk tamunya, sehingga lebih aman dan nyaman. 

Asuransi Perjalanan

Tips travelling terakhir dan paling penting adalah carilah asuransi perjalanan. Hal ini untuk mengcover biaya kesehatan jika Anda sakit atau terluka sementara di luar negeri. Biaya rumah sakit di luar negeri bisa sangat mahal, bahkan untuk luka ringan. Dapatkan penawaran terbaiknya di cekpremi.com.

Kondisi berlibur atau berwisata sekarang ini tentu berbeda dengan di masa sebelum pandemi. Sehingga membuat persiapan dan perencanaan perjalanan harus lebih matang demi keamanan dan kenyamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *