Yuk, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Mencuci Mobil di Rumah!

Apr - 25
2019
Yuk, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Mencuci Mobil di Rumah!

Yuk, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Mencuci Mobil di Rumah!

Orang-orang yang disibukkan dengan rutinitas kerja biasanya tak punya banyak waktu untuk merawat mobil. Akibatnya, mobil pun kelihatan kusam karena jarang dicuci. Saat memiliki waktu senggang, barulah mobil dicuci sendiri di rumah agar lebih hemat waktu dan biaya.

Mencuci mobil di rumah memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, bukan berarti Anda selama ini Anda sudah mencuci mobil dengan benar. Anda wajib mengenali lima kesalahan mencuci mobil berikut ini. Agar Anda tidak melakukannya lagi saat mencuci mobil di rumah:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Tidak Menggunakan Sampo Mobil

Penggunaan sampo mobil ternyata sangat penting untuk menjaga kualitas cat dan body mobil. Karena sampo mobil diformulasikan khusus dengan kandungan bahan yang aman bagi mobil. Sebaiknya Anda tidak mencuci mobil dengan deterjen atau sabun cair lainnya. Siapkan sampo mobil berkualitas demi menjaga material body dan warna cat mobil Anda. Kini, sampo mobil tidak selalu mahal dan banyak dijual dalam kemasan sachet yang praktis.

Mencuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Banyak orang memutuskan mencuci mobil di siang hari agar mobil cepat kering. Hal tersebut nyatanya malah berisiko menimbulkan bercak-bercak air pada permukaan mobil. Material body mobil pun bisa cepat kusam kalau Anda mencucinya dalam keadaan panas. Sebaiknya Anda mencuci mobil pada pagi atau sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas. Sehingga Anda bisa mencucinya secara teliti dan menghindari risiko kerusakan cat mobil.

Tidak Membersihkan Sela-Sela Pintu Mobil

Saat mencuci mobil, biasanya orang hanya fokus pada bagian-bagian yang terlihat saja. Padahal, sela-sela mobil juga wajib dibersihkan sampai tuntas. Jangan sampai ada kotoran atau sisa air sabun menumpuk di sela-sela pintu mobil. Bila dibiarkan begitu saja, kotoran dan sisa air sabun rentan menimbulkan karat atau getas pada komponen karet mobil. Bersihkan seluruh sela-sela pintu secara cermat dan keringkan dengan lap bersih.

Langsung Membersihkan Body Mobil

Mayoritas orang membersihkan mobil dengan langsung menyiram body atau kacanya. Sebenarnya, Anda harus mencuci mobil mulai dari bagian atap. Karena atap merupakan bagian yang paling kotor dan agak sulit dibersihkan. Membersihkan atap mobil belakangan hanya akan membuat body mobil Anda kembali kotor. Setelah atap mobil bersih, barulah Anda bisa mulai mencuci body mobil. Karena kotoran-kotoran dari atap mobil sudah turun ke bagian body mobil lainnya.

Enggan Menyiapkan Air Mengalir

Anda bisa menggunakan ember untuk mencampurkan sampo mobil dan air. Namun, sebaiknya Anda menyiapkan air mengalir untuk ketika membilas mobil. Air mengalir akan membantu mempercepat proses pencucian mobil. Kotoran yang melekat pada atap dan body mobil pun akan turun dengan mudah. Anda pun tak perlu repot berurusan dengan sisa-sisa sampo yang menempel di permukaan mobil.

Mengabaikan Bagian Bawah Mobil

Bagian bawah mobil tak boleh luput dari proses pencucian. Karena debu, kotoran, dan lumpur yang melekat pada bagian bawah mobil bisa mempengaruhi kinerja mesin. Gunakan air mengalir untuk membersihkan bagian bawah mobil sampai tuntas. Terutama bila Anda baru saja menempuh perjalanan di tempat yang kotor. Anda harus memastikan bahwa tidak ada sisa kotoran yang melekat di bagian bawah mobil.

Langsung Menutupi Mobil setelah Mencuci

Anda tentu tak ingin mobil Anda kotor lagi setelah dicuci. Hal tersebut mungkin membuat Anda langsung menutupinya dengan car cover. Padahal, menutupi mobil yang baru dicuci malah rentan menimbulkan jamur. Akibatnya, kaca yang berjamur jadi kelihatan kusam dan sulit bersihkan. Alangkah lebih baik bila Anda mengangin-anginkan mobil yang baru dicuci selama beberapa jam sebelum menutupinya dengan cover car.

 

Tak hanya urusan mencuci mobil di rumah yang patut jadi perhatian. Anda juga wajib melindungi mobil kesayangan dengan asuransi berkualitas. Kini, ada asuransi mobil ACA all risk dan pilihan asurasni lainnya yang siap menjadi andalan Anda.

Asuransi mobil terbaik akan melindungi mobil Anda dari risiko kerusakan, kecelakaan, atau pencurian. Anda hanya perlu memilih asuransi dengan perlindungan terbaik yang preminya sesuai dengan kebutuhan Anda. Nanti, Anda tak perlu khawatir lagi dengan biaya mendadak yang disebabkan oleh mobil kesayangan. Perlindungan asuransi mobil akan mendukung kestabilan finansial Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *