3 Alasan Mengapa Anda Harus Menyisihkan Biaya Tak Terduga

manfaat menabung

Ada beberapa perusahaan besar asing sudah memutuskan hengkang dari Indonesia, tiga diantaranya adalah Ford, Panasonic, dan Toshiba. Dikabarkan masih ada 190 perusahaan asing lainnya yang berencana meninggalkan Indonesia. Ribuan karyawan kehilangan pekerjaan. Andaikan Anda menjadi salah satu dari karyawan tersebut, apa yang harus dilakukan? pastinya Anda akan mencari pekerjaan lain, beruntung jika pekerjaan baru segera anda dapat dalam waktu dekat. Tetapi kondisi diluar kehendak semacam itu biasanya diluar perencanaan. Belum ada rencana atau persiapan untuk penghasilan baru. Dalam rentang waktu dari satu pekerjaan kepekerjaan lainnya, dari mana biaya uang makan sehari – hari?

Pilihannya ada dua, utang dengan orang lain atau dana darurat. Setiap orang sebisa mungkin tidak ingin pilihan pertama. Pilihan terbaik adalah dana darurat. masalahnya dana darurat harus dipersiapkan dahulu jauh hari sebelum terjadi hal tidak terduga. Karena itu penting sekali menyiapkan dana darurat dalam perencanaan keuangan setiap keluarga.

Beberapa alasan berikut ini membuat dana darurat atau menyisihkan biaya tak terduga begitu penting untuk dipersiapkan sejak awal:

  • Menghindari Hutang

Maksud paling utama menyiapkan dana darurat yaitu supaya kita bisa penuhi keperluan mendesak tanpa harus  berhutang. Ada banyak keadaan tak terduga yang mungkin saja menerpa Anda tanpa diprediksikan terlebih dulu. Beberapa orang yang menduga pekerjaan atau usahanya memberi pendapatan stabil, dan nyatanya diluar dugaan dalam waktu yang tiba-tiba dia harus terlibat utang karena usahanya jatuh atau posisi kerjanya terancam akibat satu kekeliruan. Umpamanya seperti anggota keluarga mendadak sakit keras serta memerlukan biaya perawatan yang begitu besar. Faktor seperti bencana alam juga tak bisa diabaikan. Dari pada harus terlibat hutang dan malah harus membayar bunga bulanan yang banyak, lebih baik sisihkan uang sedikit secara teratur untuk menjaga kesehatan

  • Menjaga Kesehatan

Seorang pebisnis mendadak mesti mengalami kebangkrutan. Semuanya aset diambil alih, tetapi tidak mencukupi dan pada akhirnya terlilit hutang. Secara alami, keadaan psikologis bakal terguncang. Kesehatan juga lebih buruk, ini membuat seseorang makin susah dalam menyetabilkan kembali kondisinya. Sebaliknya, apabila dana darurat sudah disiapkan terlebih dulu sebelumnya resiko yg tidak diinginkan itu dihadapi, kita bisa lebih tenang menghadapi permasalahan. Sekurang-kurangnya, pos keuangan untuk pemenuhan keperluan keseharian masihlah ada, hingga kita bisa berkonsentrasi merampungkan masalah keuangan lain yang semakin besar.

  • Menghindari Konflik Rumah Tangga

Loh, apa hubungan dengan perseteruan rumah tangga? walaupun bukan satu-satunya penyebab, masalah finansial sering jadi alasan paling utama perseteruan internal di rumah tangga. Apabila usaha bangkrut atau di PHK mendadak, tak ada sumber finansial lain yang dapat diinginkan, sesaat tagihan serta angsuran selalu jalan, apa tak stres? Keadaan kebingungan seperti ini dengan cara psikologis membuat orang lebih gampang emosional serta menyebabkan sebagian perseteruan yg tidak konstruktif.

Leave a Reply

June 16, 2016

Posted In: Financial

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami