Supaya Tidak Bising, Coba 5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel Ini!

Jul - 03
2021
cara menghaluskan suara mesin mobil diesel

Supaya Tidak Bising, Coba 5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel Ini!

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Mesin mobil diesel memang terkenal dengan banyak keunggulannya. Mobil jenis ini menjadi sangat menguntungkan bagi kalian yang senang melakukan perjalanan dengan mobil. Torsi yang lebih tinggi membuat mobil mesin diesel menjadi lebih tangguh ketika digunakan untuk berkendara di medan yang sulit seperti ke pegunungan atau dataran yang menanjak. Meskipun memiliki banyak keunggulan yang patut diacungi jempol, mesin mobil diesel sering kali menimbulkan suara bising atau berisik. Bagi sebagian orang, suara bising ini tentu menyebalkan dan mengganggu keyamanan. Oleh karena itu kita akan membahas bagaimana cara menghaluskan suara mesin mobil diesel.

Menggunakan mobil bermesin diesel juga lebih hemat bahan bakar. Secara mekanisme, penggunaan bahan bakar pada mesin diesel hanya disemprotkan pada fase pembakaran saja. Selain itu, mesin diesel ini juga memiliki keunggulan dalam hal perawatan dan umur pakai. Komponen yang tidak serumit jenis mobil lain memudahkan dalam hal perawatan dan tentu saja ini akan mempengaruhi usia pakai mobil.

Tak dipungkiri, saat ini teknologi kian terasa apik. Mesin diesel modern sekarang memang sudah bisa memberikan keheningan yang lebih baik dibandingkan mesin diesel lawas. Namun gemeretak khas mesin diesel masih sering kali menyusup ke dalam kabin.

Mengetahui cara menghaluskan suara mesin mobil diesel sangatlah penting karena hal ini sebenarnya bisa menjadi indikator adanya masalah pada mesin. Untuk meredam suara bising tersebut, ada beberapa tips dan cara yang bisa kalian dicoba.

 

5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel

cara menghaluskan suara mesin mobil diesel

1. Temukan sumber suara

Hal pertama yang sebaiknya ada lakukan adalah mencari sumber suara bising tersebut. Bunyi kasar yang masuk ke ruang kabin sering kali masuk melalui sela-sela sambungan plat bodi maupun lubang-lubang kabel yang terhubung ke ruang kabin. Bisa juga karena plat bodi pada bagian tertentu terlalu tipis dan tidak sanggup menghalau suara. Jika sumber suara sudah ditemukan, maka Anda bisa lebih mudah untuk menentukan solusi selanjutnya. Apakah Anda harus melakukan tune up, service, atau melakukan penggantian part.

2. Gunakan peredam

Menggunakan peredam memang dinilai sangat efektif untuk mengurangi suara berisik mesin mobil diesel. Gunakan peredam suara berkualitas untuk melapisi semua area mesin. Meskipun cara ini efektif, namun perlu diketahui juga bahwa suara mesin dapat menjadi indikator untuk mengetahui kondisi mobil. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan peredam Anda harus sudah memastikan penyebab suara berisik mesin mobil diesel Anda.

Baca juga: 3 Peredam Suara Mobil Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

3. Tambahkan lapisan anti karat

Cara menghaluskan mesin mobil diesel selanjutnya adalah dengan menambahkan lapisan anti karat di kolong kendaraan Anda. Selain mengurangi kebisingan, lapisan ini juga memperhalus suara mesin mobil Anda. Biasanya kebisingan bisa dikurangi hingga 20% dengan memasang lapisan anti karat ini.

4. Menambahkan aditif oli

Jika Anda merasa oli yang Anda gunakan saat ini sudah yang paling cocok, solusi lain yang bisa Anda coba adalah dengan menambahkan aditif oli ke mesin. Aditif ini dapat menambah fungsi dan kemampuan oli untuk melapisi bagian yang bergerak sehingga dapat mengurangi gesekan dan kebisingan hingga taraf tertentu.

5. Tune Up mobil

Suara kasar pada mesin mobil diesel bisa terjadi karena ada masalah pada sistem pembakaran yang menyebabkan mesin tidak bekerja secara optimal. Banyaknya kotoran di dalam mesin mobil biasanya menjadi sumber permasalahan ini. Selain menimbulkan bunyi yang kasar, kotoran ini juga mengakibatkan tenaga mobil jadi berkurang. Anda bisa melakukan tune up di bengkel-bengkel terpercaya. Dan jangan lupa untuk memastikan seluruh komponen pada mobil diesel Anda benar-benar di-tune up secara menyeluruh, terutama pada komponen EGR (Exhaust Gas Recirculation).

Demikianlah beberapa cara menghaluskan suara mesin mobil diesel kesayangan Anda. Miliki juga asuransi kendaraan untuk menghindari berbagai potensi kerugian finansial akibat kerusakan atau kecelakaan. Dapatkan penawaran terbaik untuk asuransi mobil Anda hanya di Cekpremi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november