4 Fakta Tentang Sejarah Lahirnya Tentara Nasional Indonesia (TNI)

lahirnya TNI

Siapa yang tidak tahu TNI? TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah suatu kesatuan keamanan resmi di Indonesia yang tentunya bertugas untuk melindungi keamanan di Indonesia. Namun, selain fakta tersebut, ada beberapa fakta yang mungkin masih belum Anda tahu, salah satunya yaitu mengenai sejarah lahirnya TNI. Apakah Anda ingat atau bahkan tahu jika tanggal 5 Oktober adalah hari lahirnya TNI?

Berikut ini 4 fakta tentang sejarah lahirnya TNI yang harus Anda tahu:

Dibentuk dengan sangat hati-hati

Ketika Indonesia baru merdeka, pemerintah segera berinisiatif untuk membentuk satuan keamanan di Indonesia dengan pertimbangan bahwa Indonesia memerlukan satuan keamanan agar tidak terjadi kerusuhan dengan perlindungan keamanan yang benar-benar kosong. Tapi, yang menjadi keraguan saat itu untuk langsung membentuk satuan keamanan adalah karena takut akan memancing kecurigaan dari tentara luar bahwa Indonesia akan menyerang balik dan membuat Sekutu dan Jepang bersatu untuk menyerang Indonesia kembali.
Sempat mengalami beberapa pergantian nama

Nama awal TNI awalnya adalah BKR (Badan Kesatuan Rakyat), kemudian juga sempat berubah lagi namanya menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat), TRI (Tentara Republik Indonesia) hingga akhirnya menjadi TNI (Tentara Nasional Indonesia).
Awalnya hanya merupakan satuan keamanan yang terpisah (tiap daerah)
Ketika namanya masih BKR, Tentara Nasional Indonesia yang kita kenal sekarang ini awalnya hanyalah satuan keamanan khusus setiap daerah, yang bertugas untuk melindungi keamanan masing-masing daerah (kewajibannya belum mencakup nasional). Misal: Pemuda Indonesia Maluku (PIM), Barisan Banteng Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS), Pemuda Sosialis Indonesia (Pesindo, Barisan Pemberontakan Rakyat Indonesia (BPRI), Hisbullah Sabillah, Pemuda Republik Indonesia (PRI), Barisan Pemuda Indonesia (BPI), dan sebagainya.

TNI digabungkan dengan Polisi Republik Indonesia (POLRI)

Ketika sudah berskala nasional pun, TNI sempat digabung dengan Polisi Republik Indonesia atau POLRI dan saat itu namanya berubah menjadi ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) dan baru berdiri sendiri beberapa tahun kemudian di bawah pimpinan Presiden Megawati Soekarno Poetri.

Demikianlah fakta dari sejarah lahirnya TNI hingga menjadi seperti yang kita kenal sekarang ini. 5 Oktober sebagai hari dimana diterbitkannya Maklumat Pemerintah yang menyatakan bahwa BKR berubah fungsi menjadi satuan keamanan menyeluruh di Indonesia (bukan setiap daerah) dan berubah nama menjadi TKR, menjadi hari lahirnya TNI. Hingga kini, TNI sudah berumur 70 tahun dan memasuki umurnya yang 71 tahun di 5 Oktober 2016 ini.
Ulang tahun TNI biasanya diperingati atau dirayakan dengan melakukan upacara, parade, gelaran seni atau perlombaan di kalangan TNI sendiri atau masyarakat. Peringatan ini penting untuk mengingat sejarah dan lebih menumbuhkan nasionalitas bangsa. Juga, menambah integritas dari TNI sendiri, dengan tanda pemberian apresiasi atas pengabdian mereka di hari ulang tahun TNI ini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 3, 2016

Posted In: Inspirational

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami