Ini Dia 4 Fungsi Utama Surat Kuasa

surat kuasa

Surat kuasa punya peran yang penting ketika situasi membuatmu terbentur pada sebuah kepentingan dan tidak bisa hadir atau mengurus perkara lainnya. Tentu kamu membutuhkan bantuan orang lain, yang kamu kenal dengan baik, agar bisa mengatasi persoalan.

Seringkali kamu melibatkan orang kepercayaan bukan? Hal ini sangat jamak dilakukan dan bukan merupakan hal baru baik di bidang bisnis maupun hukum. Solusi dari ketidakhadiranmu yang harus diwakili oleh orang lain adalah dengan menggunakan hal tersebut.

Surat kuasa adalah dokumen yang mencantumkan pemberian wewenang atau pelimpahan wewenang dari seseorang, atau dari pejabat tertentu kepada orang lain atau pejabat lain yang diberikan kepercayaan karena pemberi kuasa tidak bisa hadir atau menyelesaikan suatu hal.

Dalam istilah hukum, surat ini disebut sebagai lastgeving, machtiging, atau volmacht. Arti kata-kata tersebut adalah pemberian kuasa, perbuatan penyuruhan, atau pemberian perintah.

Makna dari ketiga kata tersebut sama karena pada dasarnya, surat kuasa menjadi sebuah perintah atau kegiatan menyuruh orang lain untuk melakukan hal sesuai yang tertuang di dokumen. Analoginya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

Kamu sedang bekerja di ibu kota yang bukan domisili Kamu. Suatu hari Kamu harus melakukan pengurusan dokumen sesuai domisili di KTP. Jarak yang sangat jauh tidak memungkinkan Kamu untuk pulang dan mengurus kepentingan ini.

Kamu lalu menyuruh adik Kamu di rumah untuk mengurus dokumen tersebut, mewakilimu yang sedang bekerja di Jakarta. Kamu sudah memberikan sebuah kuasa pada adik. Lalu Kamu menuangkan kuasa ini dalam sebuah dokumen yang mencatat beberapa keterangan agar sah di mata hukum.

Merujuk pada KUHPerdata pemberian kuasa menjadi sebuah persetujuan antara yang memberi kekuasaan kepada yang menerimanya. Surat kuasa diberikan dan diterima dengan lisan maupun lewat surat.

Bagian Penting Surat Kuasa

Sebelum mengetahui fungsi utama surat kuasa, Kamu harus tahu apa saja unsur yang wajib ada agar sah dan benar. Berikut adalah bagian penting yang wajib ada:

  1. Ada kop surat / kepala surat
  2. Ada nomor surat
  3. Ada judul pada surat
  4. Ada tanggal dan waktu dalam pemberian kuasa
  5. Ada nama dan identitas orang yang menerima kuasa
  6. Ada isi surat yang sesuai dengan pemberian wewenang
  7. Ada tanda tangan pemberi dan penerima kuasa di atas materai
  8. Ada stempel atau cap dari instansi atau lembaga terkait.

Fungsi Surat Kuasa Berdasarkan Jenisnya

Setelah mengetahui unsur wajib yang harus terpenuhi dalam pembuatannya, berikut ulasan tentang fungsinya ditinjau dari jenis surat kuasa.

1. Memberikan Kuasa Dalam Masalah Pribadi

Dalam hal ini disebut Surat Kuasa perorangan. Fungsinya untuk memindahkan hak maupun wewenang seseorang pada orang lain berkaitan dengan dokumen-dokumen pribadi.

Sifatnya tidak formal dan hanya bersifat pribadi. Contohnya untuk mengambilkan uang pensiun, mengambil dokumen di dinas tertentu, dan kebutuhan yang sifatnya pribadi lainnya.

2. Memberikan kuasa dalam masalah kedinasan yang bersifat resmi

Dalam hal ini disebut sebagai surat kuasa resmi atau kedinasan. Fungsinya untuk memberikan tugas atau amanat bagi karyawan atau pejabat sebagai perwakilan perusahaan.

Surat ini diberikan oleh instansi, perusahaan, atau sejenisnya. Surat ini bersifat formal. Contohnya adalah surat kuasa dinas ke luar kota yang diberikan pihak perusahaan kepada seorang karyawan.

3. Memberikan wewenang pada pengacara atau lembaga bantuan hukum untuk mewakili seseorang dalam perkara hukum

Wewenang dengan fungsi tersebut disebut sebagai surat kuasa istimewa. Fungsinya adalah untuk memberikan kepercayaan kepada pengacara atau lembaga bantuan hukum dalam menyelesaikan kasus hukum orang yang memberi kuasa.

Yang patut dicatat, pemberi dan penerima kuasa hanya mencakup dua pihak. Dalam hal ini pemberi kuasa sedang mengalami perkara hukum. Di sisi lain penerima kuasa adalah pengacara atau lembaga bantuan hukum. Selain kedua pihak ini, maka hal tersebut sudah berbeda jenisnya.

4. Memberikan wewenang untuk mewakili dalam hal khusus yang sudah dijelaskan didalam surat kuasa.

Sebutannya adalah surat kuasa khusus. Mirip dengan surat kuasa istimewa, fungsinya untuk memberikan wewenang kepada yang menerima kuasa untuk bertindak mewakili pemberi kuasa.

Dalam hal ini, kegiatan yang dikuasakan harus tercantum dengan jelas dalam surat. Contohnya, dalam sebuah perkara pemberi kuasa yang terlibat masalah hukum menjelaskan hal yang dikuasakan.

Misalnya jika mengenai pengadilan, maka isi suratnya harus secara rinci menjelaskan mengenai apa yang terjadi di pengadilan. Dalam kata lain, sang penerima kuasa tidak boleh melakukan hal yang diluar isi surat kuasa khusus tersebut.

Berbeda dengan surat kuasa istimewa yang hanya diberikan oleh orang yang bermasalah dengan hukum kepada pengacara atau lembaga bantuan hukum, surat kuasa khusus bisa mencakup masalah lain di luar hukum.

Menggunakan Surat Kuasa Untuk Pengurusan Klaim Asuransi

Terkadang kesibukan menghalangimu untuk mengurus klaim asuransi. Tidak perlu khawatir, kamu bisa menunjuk orang yang kamu percaya untuk menjadi wakilmu dalam mengurus klaim.

Klaim asuransi di cekpremi.com dijamin mudah cair dan bisa dilakukan hanya lewat 4 langkah mudah saja. Jaminan langsung cair dan mudah ini menjadikan cekpremi.com sebagai portal pembanding asuransi berbasis online terbaik.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang pengurusan klaim da memilih jenis layanan asuransi lain yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk mendapatkan informasi jelas mengenai produk asuransi yang kamu pilih Cekpremi.com mengulas lengkap asuransi untuk proteksi diri, perlindungan dari musibah yang kita tidak tahu kapan akan terjadi.

Beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh dari cekpremi.com adalah kamu akan mendapat rekomendasi produk asuransi terbaik sesuai kebutuhanmu. Kamu juga bisa mempelajari secara detil tentang proses aplikasi asuransi dan klaim sebelum memutuskan menggunakan produk asuransi.

Jangan lupa, cekpremi.com bebas biaya untuk setiap pembelian produk asuransi apapun. Semua informasi secara gamblang diulas dan bisa kamu akses kapan pun di cekpremi.com.

Setiap orang wajib mempersiapkan masa depan terutama dengan kejadian dan musibah yang tidak pasti. Karenanya sebagai usaha untuk mempersiapkan masa depan yang makin menantang dan penuh ketidakpastian, kamu wajib menuju cekpremi.com dan menentukan jasa asuransi terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Referensi :

OCBC

Merdeka