4 Hal Positif Yang Bisa Anda Lakukan Selepas Masa SMA

Kuliah
Image Source Dailywuz

Apa yang anda pikirkan setelah lulus SMA? pastinya banyak pilihan yang bisa diambil. Pilihan tesebut juga kadang bisa menentukan masa depan Anda nantinya. Setiap tahun, selalu ada lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Beberapa dari mereka biasanya memiliki rencana untuk meneruskan sekolah ke perguruan tinggi. namun ada beberapa orang yang tidak memiliki rencana  dan gambaran apapun tentang yang ingin dilakukan setelah lulus SMA nanti.

Tidak bisa kuliah karena tidak punya uang? Jangan takut, masih banyak jalan menuju Roma! Cobalah untuk bisa mengeksplorasi semua pilihan yang berbeda untuk mengetahui hal – hal yang paling ingin dilakukan setelah lulus. Jika Anda mempunyai keluarga atau kerabat yang baru lulus SMA mungkin  salah satu cara ini dapat menjadi referensi bagi mereka.

Berikut ini adalah 4 hal yang dapat dilakukan setelah lulus SMA:

1. Kuliah

Pilihan utama dan paling umum dipilih oleh seseorang yang baru lulus SMA adalah melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi yaitu berkuliah. Memilih untuk melanjutkan kuliah, tentunya tidak mudah. Pertama – tama, sebaiknya tentukan  pilihan jurusan dengan keinginan dan kemampuan. Selain itu galilah informasi dari berbagai jenis studi di Perguruan Tinggi antara lain: Institut,  Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi serta Politeknik yang masing-masing mempunyai karakter dan ilmu yang berbeda. Persiapkan juga uang yang cukup untuk biaya kuliah, biasanya orang tua harus mempunyai cukup anggaran untuk biaya pendidikan di perguruan tinggi.

2. Kursus

Jika Anda tidak memilih untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi yakni berkuliah, kursus adalah pilihan terbaik yang lainnya. Kursus sangat berguna untuk meningkatkan life skill anda yang dapat dijadikan sebagai modal untuk bekerja mandiri atau wiraswasta. Kursus yang dapat dipilih pun banyak jenisnya, Anda dapat menentukan sesuai dengan minat dan bakat yang anda dimiliki. Seperti misalnya : Salon kecantikan, kursus modeling tata busana / menjahit, presenter, memasak / membuat kue, kursus elektronik, otomotif, komputer, mengelas, dll.

3. Bekerja

Setelah Kedua pilihan diatas yang ketiga adalah bekerja. Hal ini bisa dipilih karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang menunjang untuk melanjutkan pendidikan baik perguruan tinggi dan kursus. Mungkin juga karena memang pilihan dari diri sendiri untuk segera bekerja setelah lulus SMA, agar bisa lebih mandiri secara ekonomi. Untuk pilihan ini, pertimbangkan juga lapangan kerja yang ada. Anda perlu melihat lapangan kerja seperti apa yang bisa menerima lulusan SMA/SMK.

4. Berbisnis

Banyak cerita sukses pebisnis yang berjaya walaupun berpendidikan lulusan SMA. Jika mempunyai minat terhadap dunia bisnis Anda bisa mengeksplore ide-ide dan mengubahnya menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Untuk memulai usaha yang dibutuhkan adalah pintar membaca peluang yang ada.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

June 13, 2016

Posted In: Lifestyle

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami