4 Langkah Menghindari Diabetes Sejak Masih Muda

menghindari diabetesDiabetes adalah suatu penyakit yang cukup berbahaya dan cukup banyak menyerang mausia terutama manula (manusia lanjut usia). Penyakit ini disebabkan oleh berlebihnya kadar gula dalam darah yang biasanya disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang kurang sehat, faktor keturunan juga bisa berpengaruh, dimana keturunan seorang yang memiliki diabetes cenderung lebih rentan terkena diabetes.

Seseorang yang memiliki pola hidup dan pola makan yang kurang sehat (ditambah lagi merupakan keturunan dari seorang yang diabetes adalah yang paling rentan terkena penyakit ini, oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk melakukan hal-hal seperti di bawah ini untuk menghindari diabetes:

Menjaga pola makan yang sehat
Jangan makan berlebihan. Karena seorang yang terkena diabetes cenderung seorang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), jadi jagalah pola makan Anda yang teratur untuk menghindari berat badan berlebih yang bisa menjadi salah satu penyebab diabetes. Jangan juga terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan manis karena walaupun gula penting bagi tubuh, mengkonsumsi kadar gula yang berlebihan juga bisa tidak baik akibatnya untuk tubuh.

Menjaga pola hidup yang sehat
Usahakan selalu menjaga pola hidup yang sehat sejak Anda masih muda. Karena apa yang ditanam itu adalah apa yang akan dituai, Anda harus menjaga pola hidup yang sehat jika Anda ingin sehat.

Olahraga yang teratur
Biasakan melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti olahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat. Tidak harus olahraga yang berat, olahraga ringan asal dilakukan secara rutin juga sangat baik untuk kesehatan.

Hindari stress
Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum mengetahui fakta bahwa stress juga bisa menjadi faktor atau pemicu penyakit diabetes. Penjelasan ilmiahnya adalah seperti ini: stress yang berlebih dapat menyebabkan produksi hormone kortisol dari dalam tubuh yang bisa menyebabkan sumber energi berubah menjadi gula yang sebenarnya adalah untuk mengatasi stress, namum jika berlebih malah akan menyebabkan diabetes. Oleh karena itulah hindari stress yang berkepanjangan. Sebisa mungkin senangkan diri Anda, jangan terlalu terpaku pada masalah atau kebosanan rutinitas yang bisa membuat Anda stress.

Demikianlah 4 cara ampuh untuk menghindari diabetes. Hal-hal tersebut penting dilakukan sejak masih muda agar di masa tua nanti terhindar dari penyakit diabetes, walaupun tidak menutup kemungkinan jika semasa muda seseorang sudah mengalami diabetes.

Sudah saatnya bagi Anda untuk lebih memperhatikan kesehatan dan memperhatikan betapa berbahayanya dan perlu dicegahnya penyakit seperti diabetes. Apalagi dengan adanya hari peringatan diabetes atau hari diabetes internasional yang jatuh pada tanggal 14 November ini.

Adanya hari diabetes internasional yang pastinya diperingati di seluruh dunia ini menandakan memang betapa pentingnya kepedulian terhadap diabetes. Hari diabetes internasional pertama kali diprakarsai oleh IDF dan WHO dengan m,engambil tanggal kelahiran Frederick Banting yang menemukan insulin sebagai obat penyakit diabetes. Sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 1991, hari diabetes internasional kian diperingati setiap tahunnya hingga saat ini untuk menanamkan betapa pentingnya kepedulian masyarakat untuk masalah diabetes.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 14, 2016

Posted In: Health, Hot News, Inspirational, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami