4 Perawatan Sepeda Motor Yang Sering Diabaikan

merawat motor
Image Source: motoralap

Musim hujan telah tiba sejak Desember 2015 lalu, angka kecelakaan di jalan raya pun semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Salah satu kecelakaan yang sering terjadi biasanya menimpa sepeda motor, umumnya kecelakaan terjadi akibat kelalaian seseorang dalam mengendarai sepeda motor tersebut. Akan tetapi, bukan hanya itu saja yang dapat menyebabkan suatu kecelakaan, sebuah kerusakan yang terjadi pada motor pun dapat menyebabkan kecelakaan. Kejadian tersebut terjadi biasanya karena tidak rajin untuk merawat motornya sendiri. Sebenarnya, merawat motor tidaklah mahal cukup perhatikan 4 hal berikut ini, perawatan motor yang sering diabaikan oleh pemiliknya, yaitu:

  1. Periksa Kondisi Oli

Usahakanlah untuk mengganti oli anda  setiap sebulan sekali, karena oli mesin memiliki peran utama untuk pelumas komponen pada mesin contohnya seperti kruk as, noken as/setang klep, setang seher dan lainnya. Jadi, jika oli motor anda sudah berbulan-bulan tidak diganti akan membuat oli tersebut jorok hingga berwarna hitam yang menyebabkan daya kelenturan pelumas tersebut berkurang dan mengakibatkan oli tersebut tidak berfungsi dengan baik, sehingga dapat merusak motor secara perlahan-lahan.

 

  1. Periksa Kondisi Aki

Cobalah selalu perhatikan air accu agar tidak melewati batas maksimum ataupun minimum. Gantilah secepatnya jika baterai aki anda sudah semakin melemah dengan menambahkan air aki di pagi hari. Apabila anda memaksakan  kedua kutub (positif dan negatif) akan korosi, korosi tadi akan menyebar kebagian utama kabel yang menghubungkan arus listrik ke beberapa bagian motor seperti saluran lampu, dynamo dan juga bagian lainnya. hal sederhana seperti inilah yang sering diabaikina oleh orang-orang ketika memiliki motor, ada baiknya anda untuk lebih memperhatikan motor tersebut, agar tidak mencelakai anda.

 

  1. Memanaskan Mesin Sebelum Pergi

Mungkin anda adalah tipe orang yang sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk memanaskan motor, akan tetapi ada baiknya sebelum anda pergi panaskan motor untuk beberapa saat saja kira-kira 1-3 menit, agar oli mesin pada motor anda ersebut dapat melumasi seluruh bagian mesin yang bergerak, selain itu juga jika anda tidak memanaskan motor sebelum berangkat mesin motor anda akan cepat rusak. Jadi, agar anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk biaya perbaikan motor ada baiknya anda untuk melakukan hal-hal kecil tersebut sebelum berangkat.

 

  1. Memeriksa Tekanan Angin Ban

Rajin-rajinlah untuk memeriksa tekanan air pada ban motor anda, jangan terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan ban motor anda akan cepat pecah, akan tetapi jika kurang juga akan mengakibatkan ban cepat rusak. Jangan lupa juga untuk memeriksa ban motor luar anda, jika sudah menipis cepat-cepatlah ganti jangan sampai botak, karena jika sudah hujan yang membuat jalanan licin dan ban motor pun akan licin sehingga dapat membuat anda bisa terjatuh.

Demikianlah 4 perawatan sepeda motor yang sering diabaikan oleh orang banyak, jika anda tidak ingin terjadi kecelakaan,  maka rawatlah motor anda dengan baik. Karena, hal sepelelah yang sering mencelakai kita.

 

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 11, 2016

Posted In: Automotive, Hot News, Inspirational, Must See, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami