4 Pertolongan Pertama Serangan Jantung Mendadak

Pertolongan pertama
Image Source Guromis

Serangan jantung adalah penyakit paling mematikan di dunia. Serangan jantung dapat terjadi pada orang yang memang sudah memiliki penyakit jantung, kelainan pada jantung dan bisa saja itu serangan untuk pertama kali. Kondisi tekanan pada tubuh dan emosi yang tidak terkontrol berat menjadi penyebab serangan jantung mendadak. Serangan jantung bisa menjadi kondisi berat yang dapat membuat penderita harus cepat mendapatkan pertolongan medis dengan baik.

Apa Penyebab Serangan Jantung?

Mungkin seseorang yang menderita penyakit jantung tidak pernah merasakan gejala khusus dan tiba-tiba terkena serangan jantung. Kondisi tersebut biasanya berhubungan langsung dengan tekanan mental, gaya hidup yang tidak sehat atau penyakit jantung bawaan sejak lahir. Sebuah serangan jantung secara mendadak dapat terjadi saat ada aliran darah menuju bagian jantung secara langsung terhenti. Hal tersebut bisa menyebabkan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang semestinya. Hal ini juga berarti bahwa jantung tidak mendapatkan cukup pasokan darah dan oksigen yang cukup sehingga, mengakibatkan jantung gagal berfungsi. Kalau saja kondisi ini tidak segera mendapatkan pertolongan maka bisa mengakibatkan efek fatal seperti kematian.

Jika anda secara tidak sengaja menemukan orang yang terkena serangan jantung, maka anda bisa memberikan pertolongan pertama.  Disini pertolongan pertama serangan jantung ini sifatnya hanya darurat dan bisa meningkatkan harapan penderita jantung agar tidak langsung meninggal dunia.

 Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama yang bisa anda lakukan :

1.Tenangkan Penderita Serangan Jantung Dengan Baik

Kalau orang yang menderita serangan jantung dalam keadaan berdiri, maka berikan tempat duduk. Anda bisa mencari kursi sehingga penderita bisa langsung duduk. Anda harus mencoba menenangkan suasana agar penderita serangan jantung tidak terlalu panik. Namun jika semakin panik maka hanya akan memperburuk kondisi nya saja.

2Longgarkan Pakaian Penderita

Setelah itu Anda bisa membantu dengan melonggarkan pakaian supaya penderita bisa bernafas dengan baik. Lepas beberapa kancing baju jika memang penderita memakai baju berkancing lalu  longgarkan ikat pinggang sehingga penderita bisa merasa lebih nyaman. Saat itu Anda harus mencoba memberikan intruksi untuk membantu mengatur nafas misalnya, memberikan aba-aba untuk menarik serta menghembuskan nafas.

3. Tanyakan Obat yang Dibawa Penderita

Jika orang yang sedang Anda tolong memang sudah menderita penyakit jantung, biasanya mereka membawa sudah obat untuk mengatasi serangan jantung. Tanyakan pada penderita apakah obat tersebut dibawa atau tidak. Jika memang dibawa maka segera cari lalu berikan dengan air putih. Jika tidak membawanya maka segera hubungi tim medis atau bisa menghubungi keluarga terdekat penderita.

4. lakukan CPR jika Penderita Kehilangan Kesadaran

Jika penderita serangan jantung kehilangan tingkat kesadaran maka Anda bisa lakukan CPR. Cara ini memang tidak diketahui masyarakat di Indonesia. Namun bisa berusaha untuk memberikan nafas buatan dengan beberapa hitungan dan diselingi dengan penekanan pada bagian dada.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

August 1, 2016

Posted In: Uncategorized

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami