4 Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Image Source ciricara.com
Image Source ciricara.com

Posisi tidur ternyata berpengaruh terhadap kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan tertentu. Lalu seperti apakah posisi tidur yang baik bagi kesehatan? Setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi fisiknya masing-masing. Berikut ini adalah 4 Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

1.  Posisi Tidur Meringkuk

Image Source m.dreamersradio.com
Image Source m.dreamersradio.com

Menurut Glaser, posisi tidur menyamping dengan lutut  yang sejajar dengan pinggang dan dagu menempel pada dada, bisa membuat sendi-sendi terasa nyeri, terutama bagi mereka yang memiliki/mengidap penyakit rematik. Posisi seperti ini juga membatasi pernapasan diafragma, menimbulkan kerutan dan payudara mengendur. Apabila Anda suka tidur dengan posisi ini, sebaiknya jangan meringkuk terlalu ekstrem.
2. Posisi Tidur Terlentang

Image Source www.molto.co.id
Image Source www.molto.co.id

Tidur dengan posisi terlentang memudahkan leher,  kepala, dan tulang belakang fungsinya untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara agar tetap baik. Sayangnya posisi terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan tidur saat mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkansebuah  turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

3. Posisi Tidur Tengkurap

Image Source www.dreamersradio.com
Image Source www.dreamersradio.com

Posisi ini disebut juga dengan sebutan posisi ‘perut’. Menurut Glaser, posisi ini memberikan tekanan pada sendi ataupun otot yang dapat mengekibatkan nyeri hingga menyebabkan kesemutan. Tetapi posisi tengkurap baik untuk mereka yang mendengkur karena saluran  pada udara atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.

4. Posisi Tidur Menyamping

Image Source ciricara.com
Image Source ciricara.com

Tidur dengan posisis menyamping sebenarnya sangat baik untuk kesehatan secara menyeluruh karena mengurangi dengkur dan merenggangkan tulang belang belakang. Tetapi kekurangan pada posisi ini adalah, “bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur. Jika Anda sedang hamil, tidur menyamping ke sebelah kiri bisa menjadi pilihan karena tidur dengan posisi seperti ini dapat melancarkan aliran darah.

 

Keletihan
Cek asuransi kesehatan terbaik untuk anda disini (klik gambar)

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 9, 2015

Posted In: Health, Intermezzo, Tips & Tricks

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami