Ketahui 5 Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah!

Apr - 01
2021
menghitung biaya renovasi rumah

Ketahui 5 Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah!

Renovasi rumah memerlukan biaya yang tidaklah sedikit ada banyak biaya yang harus kalian keluarkan seperti biaya tukang, biaya material dan biaya lainnya. Namun usaha yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang didapat karena kita bisa bebas menentukan desain dan material apa yang akan digunakan.

Yuk cermati bersama-sama apa saja faktor yang harus diperhitungkan untuk menghitung biaya renovasi rumah!

1. Buat spesifikasi rumah yang diinginkan!

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan mau berapa banyak kamar yang dibuat, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, garasi dan lain-lainnya. Jika sudah maka tukang bangunan bisa mengkalulasi kira-kira berapa lama pengerjaan dan berapa banyak material yang dibutuhkan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

2. Negosiasi biaya dengan tukang bangunan

Perhatikan betul-betul jika sudah masuk ke tahap perhitungan. Terdapat 2 metode pembayaran yang biasanya ditawarkan oleh tukang yakni borongan atau harian. Baiknya kalian memilih borongan jika renovasi total namun jika renovasi kecil sebaiknya memilih harian.

Perlu diperhatikan juga biaya tersebut tidak termasuk dengan biaya material. Namun ada juga tukang yang memberikan paket borongan berikut dengan material. Sebaiknya juga kalian bekerja sama dengan tukang bangunan yang direkomendasikan oleh kerabat agar diberikan harga yang masuk akal.

3. Pertimbangkan baik-baik kualitas material yang akan dipakai

Pada saat kalian menyerahkan semua termasuk urusan material kepada tukang bangunan maka biasanya biaya material juga akan dipatok lebih oleh mereka. Misal jika biaya yang dipatok  2.000.000/m maka kalian akan diberikan material grade bawah beda jika biaya nya 4.000.000/m maka kualitas material premium akan menjadi milik kalian.

Berikut contoh harga biaya material (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

biaya material rumah

4. Pakai Bahan Bangunan Bekas tetapi Masih layak Untuk Digunakan

Jangan pernah gengsi untuk memakai apapun yang bersifat bekas atau sudah pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya. Sebab barang bekas yang masih layak untuk digunakan akan sangat bermanfaat terutama untuk anda yang sedang merenovasi rumah anda. Bahan bangunan yang masih layak pakai akan membantu anda meringankan ongkos yang mahal.

5. Teliti kembali biaya yang dikeluarkan

Selalu teliti semua biaya yang telah dijabarkan sebelumnya, konsultasikan dengan tukang bangunan apakah biaya material masih bisa dikurangi atau diganti dengan yang lebih murah atau tidak.

Pastikan juga keuangan pribadimu tetap terjaga saat ingin renovasi rumah jangan sampai kebutuhan sehari-hari dikorbankan hanya untuk renovasi rumah ya! Atur prioritas mana dulu yang harus direnovasi dan mana yang bisa di kemudian hari.

Berikan proteksi kepada rumah kesayangan anda!

Pastikan juga rumah hasil renovasi diberikan proteksi juga agar segala macam resiko yang menimpa bisa dilindungi oleh asuransi rumah ya! Tidak ada yang salah bukan jika berjaga-jaga?

Cari dan bandingkan berbagai pilihan produk asuransi properti hanya di Cekpremi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *