5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menjual Rumah

Menjual Rumah
image source columbiamovers

Banyak persiapan – persiapan yang harus Anda kerjakan sebelum anda menjual rumah, dari persiapan fisik sampai persiapan mental.rumah yang mungkin sudah bertahun – tahun menjadi tempat bernaung anda selama ini, akan anda tinggalkan. Terlebih pastinya banyak kenangan yang sulit anda lupakan di rumah tersebut, mungkin kenangan ketika dahulu anda memperoleh rumah tersebut dengan susah payah atau kenangan bersama lingkungan yang sudah membuat anda nyaman. Tapi karena suatu hal anda harus pasrah dan merelakan rumah itu di jual. Persiapan fisik adalah ketika anda bergegas untuk meninggalkan rumah tersebut anda pasti akan berbenah dan mengangkat barang perabotan rumah anda ke rumah yang baru,  Kalau persiapan tersebut luput dari perhatian Anda, bukan tidak mungkin proses penjualan rumah tidak akan sesempurna yang Anda inginkan.

Berikut ini persiapan, atau hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika akan menjual rumah:

1. Persiapan mental dan fisik

Maksudnya di sini adalah Anda harus benar- benar siap mental untuk menjual rumah. Kalau Anda belum siap mental dengan berbagai alasan masih menyayangi rumah tersebut, itu bakal menyebabkan keputusan Anda dan pertimbangan yang Anda ambil akan berlandaskan sebuah emosional saja. Hal tersebut tidak dibenarkan, karena untuk proses menjual rumah merupakan aktivitas bisnis yang lebih baik menghindari segala sesuatu yangberbau emosional.

Persiapan fisik yang dimaksud maksudnya adalah, pasarkan rumah Anda ketika proses perbaikan fisik rumah telah semuanya selesai dengan sempurna. Jika sudah, baru kemudian Anda bisa menjualnya. Jika belum selesai, itu semua akan berpotensi mengancam keselamatan pembeli rumah Anda nantinya.

2. Riset tentang regulasi

Ada berbagai regulasi yang terkait dengan proses menjual rumah anda. Jika Anda tidak menambah ilmu pengetahuan Anda tentang regulasi yang berkaitan dengan  jual beli rumah, maka Anda kemungkinan tidak akan tahu hak Anda sebagai penjual rumah. Sudah pasti aja hal tersebut akan sangat merugikan.

3. Riset harga pasar

Sangat penting untuk tahu harga jual rumah di kawasan rumah Anda. kalau harga yang Anda tentukan terlalu mahal, maka calon pembeli akan menganggap Anda tidak serius untuk menjual rumah itu. Tetapi, jika harganya terlalu rendah dari harga pasar, maka Anda akan mengalami kerugian.

4. Renovasi berlebihan

Ada benarnya memang jika Anda melakukan renovasi agar rumah Anda terlihat lebih baik untuk dijual. Akan tetapi jika perbaikan atau renovasi yang dikerjakan membuat rumah Anda bak kerajaan di antara gubuk petani, maka calon pembeli akan minder melihat rumah Anda.

5. Profesional dalam memilih broker

Memang lebih baik jika Anda menggunakan jasa calo atau broker dalam menjual rumah. Oleh karena itu, pilihlah broker yang sangat profesional dan mempunyai track record jejak karir yang sukses dalam menjual rumah. Jika Anda pilih seorang broker hanya karena dia adalah saudara Anda, bisa jadi  malah Anda mengesampingkan rekam jejaknya yang bisa saja tidak begitu baik dalam menjual rumah.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

June 3, 2016

Posted In: Tips & Tricks

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami