5 Produk Finansial Kekinian yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

Mar - 29
2019
Produk Finansial Kekinian yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

5 Produk Finansial Kekinian yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

Generasi milenial memiliki akses informasi yang lebih memadai dibandingkan generasi pendahulunya. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya bila generasi milenial memiliki banyak pengetahuan tentang literasi finansial. Jangan sampai pendapatan rutin habis begitu saja karena gaya hidup konsumtif dan kelalaian dalam mengelola kondisi finansial pribadi.

Sekarang, generasi milenial wajib memiliki lima produk finansial kekinian ini untuk mendukung kondisi finansial pribadi:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

E-Money

Prinsip penggunaan e-money sebenarnya sama saja dengan uang tunai. Namun, Anda bisa melakukan transaksi secara lebih praktis tanpa harus membawa banyak uang tunai. Biasanya saldo e-money bisa diisi hingga maksimal dua juta rupiah. Namun, Anda harus berhati-hati menggunakannya karena e-money tidak disertai PIN seperti kartu ATM. Jangan sampai e-money Anda hilang dan digunakan oleh sembarang orang.

E-Wallet

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan beberapa jenis e-wallet seperti Gopay, OVO, dan LinkAja. Cara kerja e-wallet sangat mirip dengan e-money. Namun, saldo e-wallet Anda bisa diakses secara online melalui aplikasi mobile.

Selain menyuguhkan kemudahan transaksi, banyak promo cashback dan diskon menarik yang ditawarkan oleh e-wallet. Anda patut memanfaatkan e-wallet untuk mendukung upaya penghematan secara maksimal. Di samping itu, Anda juga tetap harus waspada agar tidak tergugah untuk belanja berlebihan karena iming-iming promo e-wallet.

Investasi Reksadana

Investasi reksadana kini tak lagi identik dengan modal besar dan proses yang rumit. Proses pembukaan rekening reksadana hampir sama dengan rekening bank biasa. Anda tinggal mengunjungi lembaga keuangan atau bank yang menyediakan fasilitas investasi reksadana. Bahkan, kini ada pula produk reksadana yang bisa dibeli secara online. Hanya dengan modal awal ratusan ribu rupiah, Anda sudah bisa memiliki rekening reksadana.

Setelah memiliki rekening reksadana, Anda bisa memilih saham perusahaan yang ingin Anda beli. Pergerakan nilai saham Anda dapat dipantau melalui aplikasi online pada gadget. Biasanya saham-saham dari blue chip company (saham yang nilai kapitalisasinya besar dan terpercaya) sangat diminati karena keuntungannya cukup menjanjikan dan risikonya relatif kecil.

Asuransi Kesehatan

Gaya kerja milenial yang cenderung workaholic membuat asuransi kesehatan menjadi produk finansial yang penting. Asuransi kesehatan akan memproteksi Anda dari gangguan kesehatan yang terjadi secara mendadak. Risiko sakit tersebut tak akan mengganggu kondisi finansial Anda kalau Anda sudah memiliki asuransi kesehatan.

Selain memberikan proteksi bagi proses rawat inap dan rawat jalan, asuransi kesehatan biasanya juga disertai rider (asuransi tambahan). Anda bisa memilih rider berupa asuransi jiwa untuk memperoleh manfaat semaksimal mungkin.

Asuransi Mobil

Kalau Anda sudah memiliki mobil pribadi, asuransi mobil menjadi produk yang penting untuk melindungi kondisi finansial Anda. Karena asuransi mobil akan memberikan manfaat proteksi bila terjadi risiko tak terduga pada mobil Anda. Pilihan asuransi mobil Total Loss Only (TLO), asuransi mobil all risk, atau asuransi mobil komprehensif dapat ditentukan sesuai kebutuhan.

Saat ini, perusahaan asuransi menyiapkan banyak pilihan asuransi mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda tak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar premi asuransi. Sebab banyak produk asuransi mobil yang dibanderol dengan premi terjangkau. Melindungi mobil dari risiko kecelakaan, kerusakan, atau pencurian jadi semakin praktis bila Anda berlangganan asuransi mobil.

Jangan ngaku sebagai generasi milenial yang melek literasi finansial kalau belum memiliki kelima produk tersebut. Kecermatan Anda dalam mengelola kondisi finansial turut menentukan kemapanan Anda di masa mendatang.  

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *