5 Rekomendasi Mobil Diesel Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga

Mobil Pajero di Perjalanan

Artikel ini akan memberikan rekomendasi mobil diesel yang bisa kamu pilih saat berencana memilikinya. Mobil diesel masih menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Mobil ini menggunakan bahan bakar seperti solar, dan dikenal irit bahan bakar. Asap yang dikeluarkan dari hasil pembakaran bahan bakar pada mesin diesel lebih ramah lingkungan.

Mobil diesel menghasilkan torsi tinggi pada putaran mesin rendah, sehingga cocok digunakan untuk mengangkut beban berat dan menaklukan medan sulit. Mobil bermesin ini juga tangguh saat menerjang banjir, karena tidak memiliki komponen pengapian listrik, seperti busi.

Getaran mesin yang dihasilkan mobil diesel lebih berisik dibandingkan mobil bensin. Namun masalah tersebut punya solusinya dengan memberikan turbo diesel untuk mengurangi bising pada mesin.

Dengan keunggulannya tersebut, banyak yang menaruh minat pada mobil bermesin diesel ini. Berikut beberapa rekomendasi mobil diesel terbaik dan paling nyaman untuk keluarga.

  • Toyota Fortuner

Fortuner merupakan pelopor di kelas SUV 7-seater menengah di Indonesia. Mobil ini memiliki desain Tough and Bold terkesan gagah dan berkelas. Toyota Fortuner dibanderol dengan harga Rp 524 juta – Rp 630 juta.

Mobil ini terdapat dua jenis mesin, yaitu mesin bensin dan diesel. Toyota fortuner bermesin diesel disertai dua pilihan roda penggerak, 4×2 dan 4×4. Tipe Fortuner G dan VRZ bisa menjadi alternatif mobil baru bermesin diesel.

Toyota Fortuner mesin diesel terbaru bertipe 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari mesin diesel sebesar 149.6 ps / 3.400 rpm dengan torsi mencapai 40,8 k-gm / 1.600-2.000 rpm.

Mobil berbahan bakar diesel ini lebih mampu menghasilkan tenaga yang optimal, sehingga, cukup irit bahan bakar dan memiliki performa maksimal ketika dibawa berkendara.

  • Toyota New Kijang Innova

Sama dengan Fortuner, Toyota Kijang Innova juga hadir dengan tipe mesin diesel dan bensin. Model Toyota Kijang Innova 2022 terlihat lebih modern dan memiliki fitur-fitur canggih baik dari sisi eksterior maupun interiornya. Ukurannya memang besar, namun cukup ringan dikendarai. Sehingga sangat ideal untuk perjalanan jauh bersama keluarga.

Dua varian Innova bermesin diesel yaitu tipe G dan V. Mobil ini berada di kisaran harga Rp 375 juta – Rp 427 juta.

Mesin diesel 2.400 cc dengan transmisi manual 5-speed dan transmisi otomatis 6-speed. Tipe yang digunakan pada Innova diesel yakni 2GD FTV dengan 4 silinder in-line dan 16 katup DOHC, VNT Intercooler.

Performa Toyota Kijang 2022 tergolong tangguh dan bahan bakarnya pun irit, terutama untuk varian yang menggunakan mesin diesel. Menghasilkan tenaga maksimal 149 ps per 3.400 rpm dan torsi mencapai 36,7 k-gm per 1.200-2.600 rpm.

  • Mitsubishi Pajero Sport

Berbeda dengan rivalnya yang telah disebutkan di atas, Mitsubishi Pajero Sport hanya tersedia dalam varian mesin diesel. Pajero Sport dilengkapi mesin Turbocharged dan Intercooled yang ramah lingkungan. Desain interior yang mewah dan gagah, dan eksterior yang dinamis dapat didapatkan pada mobil ini.

Mitsubishi mengeluarkan empat varian untuk Pajero Sport, yaitu Dakar Ultimate, Dakar, Exceed, dan GLX. Harga mobil ini berada di kisaran Rp 529 juta – Rp 712 juta.

Pilihan off road mode untuk memilih kondisi berkendara di medan Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock. Mode HDC akan mengaktifkan rem secara otomatis sehingga membantu mengendalikan kecepatan pada jalanan menurun.

Tiga transmisi yang ditawarkan yakni 8-speed automatic, 5-speed automatic, dan 5-speed anual. Dua jenis mesin diesel Pajero Sport, 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged dan 4D56 Commonrail Turbocharged.

Mesin diesel berkapasitas 2.442 cc menghasilkan tenaga 181 ps per 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm. Sedangkan mesin kapasitas 2.477 cc mengasilkan tenaga maksimal 136 ps / 4.000 rpm dan torsi 324 Nm / 2.000 rpm.

Untuk kinerja mesin optimal dianjurkan menggunakan bahan bakar berstandar Euro4.

  • Hyundai Santa Fe

Desain mewah Hyundai Santa Fe dilengkapi grille depan lebar yang khas menyatu dengan lampu depan. Bagian sampingnya dirancang dinamis dan proporsional membungkus hingga ke lampu belakang dan ke setiap sudut-sudut badan kendaraan.

Santa Fe memiliki tiga varian bermesin diesel, Style, Prime, dan Signature. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 629 juta – Rp 729 juta.

Mesin diesel Hyundai Santa Fe berjenis R 2.2 CRDi berkapasitas 2.151 cc. Transmisi 8-speed DCT FWD dengan 4-silinder, dan 16 katup, HLA. Performa tangguh mesin dieselnya menghasilkan tenaga mencapai 202 ps pada 3.800 rpm dan torsi 45 kg-m per 1.750-2.750 rpm.

Pemilihan drive mode yang sesuai kebutuhan cukup dengan memutar kenop. Drive mode Comfort untuk mengemudi sehari-hari, dan Eco untuk efisiensi bahan bakar optimal. Sport untuk akselerasi lebih cepat, atau Smart yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola mengemudi terkini.

  • Hyundai Palisade

Palisade didukung oleh mesin turbodiesel memberikan sensasi berkendara yang tenang, bertenaga, dan hemat bahan bakar. Dilengkapi empat mode penggerak, yaitu Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Tiga terrain mode dapat dipilih sesuai dengan kondisi medan yang dapat dilalui, Snow, Mud, dan Sand.

Varian Hyundai Palisade bermesinkan diesel terdapat tiga pilihan, Prime, Signature, dan Signature AWD. Mobil pabrikan Korea ini berada di kisaran harga Rp 795 juta – Rp 1,045 miliar.

Jenis mesin yang digunakan adalah tipe R 2.2 CRDi berkapasitas 2.199 cc. Transmisi otomatis 8-speed dengan 4-silinder, dan 16 katup, HLA. Mesin diesel ini menghasilkan tenaga maksimal 200 ps / 3.800 rpm dan torsi 440 Nm / 1.750-2.750 rpm.

Untuk kenyamanan keluarga tentunya perlu proteksi maksimal. Dengan mengasuransikan kendaraanmu, kamu bukan hanya mendapatkan perlindungan tetapi juga jaminan kerugian.

Asuransi kendaraan Simas Insurtech, Staco, dan Intra Asia menawarkan dua jenis produk asuransi kendaraan bisa kamu pilih sesuai kondisi keuangan dan benefit yang ingin didapat.

Asuransi Kendaraan jenis Total Loss Only (TLO) menjamin kerugian akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan mobil tidak berfungsi. Dan jenis Comprehensive dapat menjamin kerugian minor hingga besar, juga perlindungan akibat kehilangan.

Pilih asuransi kendaraan terbaik hanya di Cekpremi, portal asuransi online yang aman dan terpercaya. Segera daftar dan dapatkancashback menarik.

Pertanyaan Seputar Mesin Diesel

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bahan Bakar Mobil Diesel Apa Saja?” answer-0=”Mobil bermesin diesel dianjurkan memakai bahan bakar solar. Pertamina sebagai pemasok bahan bakar terbesar menyediakan tiga jenis solar, yaitu Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Pastikan memakai solar yang berkualitas dengan kadar Cetane Number (CN) tinggi, atau kandungan sulfur yang lebih rendah agar mobil diesel dapat tahan lama dan berperforma maksimal. Solar yang baik memiliki nilai CN 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa Kelebihan dan Kekurangan Mobil Diesel?” answer-1=”Kelebihan: 1. Irit bahan bakar, 2. Keperluan perawatan lebih sedikit, 3. Bahaya kebakaran lebih rendah, 4. Torsi yang lebih besar. Kekurangan: 1. Biaya lebih mahal, 2. Biaya perawatan lebih tinggi, 3. Performa lamban di iklim dingin. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]