5 Tanda yang Menunjukkan Anda Harus Segera Ganti Oli Mobil

Apr - 09
2019

5 Tanda yang Menunjukkan Anda Harus Segera Ganti Oli Mobil

Banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika sudah memiliki mobil pribadi. Salah satu yang paling penting tentu saja tentang urusan asuransi mobil. Bila Anda belum memilih asuransi mobil terbaik untuk kendaraan kesayangan, sebaiknya Anda mulai mencarinya sekarang. Cara cek asuransi mobil tidak sulit karena Anda bisa membandingkan ragam produknya dan membuat pengajuan secara online.

Selain urusan asuransi mobil, Anda juga wajib melakukan servis mobil secara rutin. Jangan mengabaikan rutinitas ganti oli untuk menjaga performa mesin mobil Anda. Lima tanda berikut ini menunjukkan bahwa Anda harus segera mengganti oli mobil:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Lampu Indikator Oli pada Dashboard Mulai Menyala

Ada beberapa lampu indikator yang terdapat pada dashboard mobil. Salah satunya adalah lampu indikator oli yang berbentuk corong atau tetesan oli. Jika lampu tersebut menyala, berarti ada gangguan pada sistem oli mesin mobil Anda. Biasanya lampu indikator oli menyala karena oli habis, tekanan oli turun, atau jadwal penggantian oli mobil sudah lewat. Cobalah memeriksa jadwal ganti oli Anda yang terakhir. Jangan menunda-nunda lagi rencana ganti oli mobil bila lampu indikatornya sudah menyala.

Muncul Suara Kasar saat Menyalakan Mesin

Oli berperan sebagai pelumas untuk meminimalkan gesekan antara dua komponen mesin. Oli mobil berkualitas akan mencegah gesekan berlebihan dan membuat suara mesin mobil jadi lebih halus. Seiring dengan berjalannya waktu, oli mobil yang mengalami pemanasan berulang kali akan mengalami penurunan kualitas. Daya lekatnya pada mesin mobil pun akan terus berkurang. Sehingga tak mengherankan bila Anda mendengar suara kasar muncul saat menyalakan mobil. Bunyi tersebut muncul karena oli tidak melumasi komponen head cylinder melainkan turun ke bagian carter.

Oli Mobil Tampak Hitam Pekat

Oli mobil baru berwarna cokelat kekuningan dan teksturnya tidak terlalu pekat. Bila sudah terkena proses pemanasan berulang kali, warna dan teksturnya akan berubah menjadi hitam pekat. Kalau Anda menemukan perubahan tekstur dan warna oli pada mobil Anda, berarti Anda wajib segera mengganti oli tersebut dengan oli mobil baru.

Mobil Sulit Bermanuver saat Dikendarai

Mesin mobil akan berfungsi maksimal bila dilumasi dengan oli berkualitas. Sehingga tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran bisa digunakan sepenuhnya untuk menggerakkan roda. Ketika kualitas oli menurun, maka mesin mobil harus bekerja ekstra keras dan dibebani oleh gesekan yang besar. Akibatnya, sebagian tenaga dari proses pembakaran harus dialihfungsikan untuk kinerja mesin. Hal tersebut akan membuat mobil jadi kesulitan bermanuver ketika dikendarai. Bila tidak segera ditangani, hal tersebut berisiko mengganggu keselamatan berkendara.

Asap Mobil Tampak Agak Putih

Mobil dengan sistem pembakaran yang berfungsi maksimal akan menghasilkan asap yang transparan dan jumlahnya sedikit. Jadi, Anda patut hati-hati bila asap mobil Anda tampak berwarna putih. Kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena ada oli yang ikut menguap di ruang pembakaran mesin.

Sistem PCV pada mobil-mobil modern memungkinkan penyaluran gas dari ruang engkol ke intake manifold. Sehingga oli yang ikut terbawa pada sistem PCV akan terbakar dan keluar sebagai asap. Kalau mobil Anda mulai mengalami gangguan tersebut, berarti Anda harus segera mengganti oli mobil.

Memeriksa Stik Pengukur Oli Mobil

Ketika Anda membuka kap mobil, Anda akan menemukan stik yang terhubung dengan tangki oli. Stik pengukur tersebut bisa digunakan untuk memperkirakan jumlah oli. Bila batas oli berada di bawah standar, berarti Anda harus lekas mengganti oli mobil. Sehingga performa mobil tak akan terganggu oleh oli mobil yang kualitasnya menurun atau habis.

Semakin sering Anda mengendarai mobil dalam jarak jauh, maka semakin sering pula Anda harus mengganti oli mobil. Jangan mengabaikan komponen oli yang berperan penting bagi performa mobil secara keseluruhan. Agar Anda tidak merasa terbebani, siapkan budget khusus untuk ganti oli mobil secara teratur. Anda juga bisa menjadwalkannya bersamaan dengan proses servis mobil.

Bila mobil Anda dirawat secara cermat, performanya akan tetap prima meskipun usianya terus bertambah. Mengendarai mobil kesayangan jadi selalu menyenangkan karena bebas mogok dan kendala teknis lainnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *