5 Tips Nyaman Tinggal di Rusunawa Untuk Korban Relokasi

Rusunawa

Dilihat dari pembangunan kota Jakarta yang sangat pesat sekarang ini, yang bermaksud untuk mengalihkan fungsi-fungsi tata ruang kota kembali pada manfaatnya sehingga mengakibatkan banyak dari rumah- rumah warga yang berada di tanah milik pemerintah terkena penertipan rumah dan pembongkaran bangunan-bangunan baik permanen atau semi permananen.

Dampak dari penertipan dan pembongkaran tersebut ialah banyak dari masyarakat yang kebingunan harus tinggal dimana, sedangkan rumah atau bangunan yang mereka tempati sekarang terkena penertiban dari pemerintan provinsi DKI Jakarta.

Akan tetapi, pemerintah membuat sebuah keputusan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan membangun beberapa Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Rusunawa merupakan sebuah rumah susun sederhana yang disewakan kepada masyarakat tidak mampu dan diperuntukan untuk warga masyarakat yang terkena dampak penertiban bangunan liar, Rusunawa ini diperuntuk untuk memberi sebuah tempat tinggal di daerah perkotaan dan juga untuk mereka yang tinggal untuk sementara waktu contohnya ialah mahasiswa, perkerja tomporer dan lainnya.

Rusunawa di bangun oleh perumnas dan sudah dibangun dibeberapa daerah di Indonesia yaitu Cengkareng, Koja, Kemayoran, Pasar Jumat, Pulogebang Jakarta, dan beberapa tempat lainnya yang sedang dalam peroses pembuatan.

Mungkin ada diantara anda sekalian yang sudah tinggal di Rusunawa dan banyak yang berpikir tinggal di Rusunawa tidak menyenangkan. Akan tetapi, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika tinggal di Rusunawa seperti biaya sewa yang murah, tetangga yang ramah, banyak teman dan manfaat lainnya.

Berikut beberapa tips yang bisa anda coba, agar anda dapat merasa lebih nyaman tinggal di Rusunawa, tipsnya ialah:

1. Jaga Hubungan Baik Dengan Tetangga
Dengan memiliki hubungan baik dengan tetangga, anda dapat merasa lebih nyaman tinggal di rumah susun tersebut. Bila anda sedang kesusahan atau membutuhkan pertolongan, ada tetangga yang siap menolong anda. Untuk anda yang susah berinteraksi dengan orang, ada baiknya untuk menghilangkan perilaku tersebut, cobalah untuk bisa berinteraksi dengan sesame. Karena bagaimana, anda akan lama tinggal berdampingi dengan mereka dan bisa saja anda jadi menjalin sebuah hubungan kerjasama dengan tetangga anda tersebut. Jadi, rukun-rukunlah dengan tetangga anda agar andabisa lebih merasa nyaman tinggal di rusunawa.

2. Usahakan Untuk Menggunakan Kipas Angin
Tentunya seperti yang kita ketahui rusunawa memiliki srkulasi udara yang minim, walau sebenarnya pemiliik rusun menyediakan ventilasi udara, akan tetapi tetap saja bisa membuat anda tidak nyaman dan merasa kepansan. Ada baiknya anda menggunakan kipas angina, agar sirkulasi udara di rumah anda dapat jalan. Namun, bila anda belum mampu membeli kipas angin, gunakannlah kipas angin yang mini setidaknya anda tidak merasa kepanasan.

3. Menyusun Barang Serapi Mungkin
Mungkin pada umumnya rumah susun memiliki tempat yang tidak luas, akan tetapi anda dapat mengakalinya dengan cara menyusun barang-barang yang anda miliki serapi mungkin. Manfaatkan setiap sudut rumah anda atau dinding rumah anda, agar bisa anda gunakan untuk menyimpan barang-barang. Contohnya rak dinding adalah cara efektif untuk anda gunakan bila tinggal di rumah susun.

4. Menjaga Kebersihan
Lingkungan yang sehat dapat membuat anda lebih sehat dan bersemangat. Jika anda ingin tinggal di rusun dengan nyaman. Ajaklah tetangga anda untuk menerapkan kebersihan di sekitar tempat tinggal, sehingga jika lingkungan anda bersih. Anda pun dapat beraktivitas dengan nyaman pula di rumah anda.

5. Jangan Lupa Untuk Membayar Uang Tagihan Listrik, Air, Lingkungan dan Lainnya
Alangkah nyamannya jika anda membayar uang tagihan yang dibebankan kepada anda dengan tepat waktu, sehingga anda tidak merasakan lampu yang mati karena tidak membayar iuran atau tidak mandi karena air tidak jalan dan diakibatkan karena tidak membayar tagihan air. Gunakanlah rumah susun anda sebaik mungkin dan rawatlah rumah susun tersebut seperti rumah anda sendiri dengan membayar tagihan teratur.

Jadi, selamat menggunakan beberapa tips tersebut agar anda dapat merasa nyaman tinggal di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang anda tempati sekarang.

ads-banner-properti

Leave a Reply

February 23, 2016

Posted In: Hot News, Tips & Tricks

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami