5 Tradisi Unik Lebaran Di Beberapa Negara

tradisi unik lebaran
Image source: acara-event

Hari raya idul fitri adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Dimana pada hari raya tersebut umat muslim di seluruh dunia, merayakan kemenangannya setelah berhasil menahan segala hawa nafsu dalam jangka waktu satu bulan penuh.

Akan tetapi, walaupun perayaan ini dirayakan oleh seluruh umat muslim di dunia, ternyata di setiap negara perayaan idul fitri dirayakan dengan cara berbeda-beda. Contohnya saja dengan Indonesia dan Malaysia, dua negara bertetangga sangat dekat ini, memang memiliki cara perayaan idul fitri yang hampir sama, namun ada saja yang membedakannya disetiap negara.

Ada satu contoh perbedaan di kedua negara ini dalam menyambut lebaran, misalnya saja bila di Indonesia banyak orang yang identik memakai baju baru andalan mereka. Tetapi tidak di Malaysia, warganya akan menggunakan baju tradisional melayu untuk menyambut lebaran.

Itu baru 2 negara yang memiliki cara berbeda dalam menyambut lebaran, berikut kami akan sajikan beberapa negara yang memilki tradisi unik dalam menyambut lebaran.

Berikut 5 tradisi unik lebaran di beberapa negara di dunia, diantaranya yaitu:

1. India
Di India biasanya umat muslim yang merayakan Idul Fitri akan bersama-sama berkumpul untuk melaksana shalat Id di Masjid Jama yang berada di New Delhi. Jika di Indonesia biasanya, lebaran tidak akan jauh dari hidangan opor ayam dan ketupat, begitu juga di India akan disiapkan hidangan khusus yaitu berupa bihun manis, susu dan buah kering yang hadir dengan berbagai macam bentuk dan warna, nama hidangan tersebut ialah Siwaiyaan.

2. Afghanistan
Tradisi unik dalam merayakan lebaran juga terdapat di negara Afghanistan, mereka akan membuka perayaan idul fitri dengan perang telur. Biasanya yan melakukan perang telur ini ialah para pria, mereka akan berkumpul di taman dengan telur yang pastinya sudah di masak, setelah itu mereka akan melempari telur tersebut ke satu sama lain. Sedangkan untuk wanitanya akan menjahit baju untuk para pria, agar bisa digunakan.
Namun, sayangnya sekarang ini tradisi lempar telur tersebut sudah asangat jarang dilakukan, kebanyakan mereka akan makan bersama ditaman atau main catur dan kartu.

3. Arab Saudi
Untuk perayaan unik saat merayakan lebaran di Arab Saudi, mereka akan mengadakan sebuah pargelaran seni. Seperti teater, parade dan pertunjukan musiK. Bukan hanya itu, mereka pun akan menghiasi rumahnya semenarik mungkin dalam merayakan lebaran. Untuk makanan khas yang mereka miliki ialah sebuah daging domba yang akan dicampur dengan nasi dan berbagai macam sayur tradisional.

4. China
Umat muslim yang berada di China merayakan Idul Fitri pun dengan cara yang unik, yaitu mereka akan mengunjungi makam para leluhur mereka. Disana mereka akan berdoa dan membersihkan makam, tradisi tersebut dilakukan untuk menghormati para leluhur mereka yang pada dinasti Qing tewas. Setidaknya ada ratusan ribu umat muslim yang meninggal pada masa tersebut.

5. Turki
Perayaan lebaran di Turki hampir sama dengan perayaan hallowen di Amerika Serikat, dimana anak-anak akan mengucapkan “Happy Bayram”, yaitu selamat berlibur kepada pemilik rumah. Setelah itu, pemilik rumah akan memberikan permen atau uang untuk sebuah ucapan terimakasih kepada anak-anak tersebut.
Akan tetapi, sebelumnya mereka akan memakan buah kurma untuk sarapan sebelum melakukan shalat id.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 6, 2016

Posted In: Features, Lifestyle

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami