Lakukan 6 Hal Krusial ini saat Merawat Mobil Matic!

Apr - 12
2021
merawat mobil matic

Lakukan 6 Hal Krusial ini saat Merawat Mobil Matic!

Mobil matic saat ini sudah bisa dibilang sudah sangat populer, penggunaan nya yang mudah dan tidak ribet menjadi titik utama kelebihan mobil matic. Namun dengan segala kelebihan yang dimiliki, sudah seharusnya kalian merawat mobil matic kalian agar dapat terus memberikan performa yang baik. Sekali saja mobil matic kalian rusak, maka biaya yang dibutuhkan sangatlah besar.

Pastikan kendaraan kesayangan kalian terlindungi dengan berbagai pilihan produk asuransi mobil Cekpremi

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Bagi kalian yang masih bingung dengan apa saja hal yang harus diperhatikan saat merawat mobil matic, jangan khawatir simak artikel ini sampai selesai maka dipastikan mobil matic pun akan terawat!

1. Panaskan mobil setiap hari

Memanaskan mesin seringkali dianggap sepele, namun pada kenyataannya ini sangat penting untuk kesehatan mesin mobil! Dengan kalian memanaskan mesin mobil setiap hari, maka performa mesin akan tetap terjaga dan selain itu juga oli akan tersebar dengan merata pada saat proses memanaskan mesin.

Proses pemanasan mesin biasanya membutuhkan waktu 3 menit dan pastikan AC dalam kondisi mati saat memanaskan mobil.

2. Rutin cek dan mengganti oli mesin

Jika frekuensi penggunaan mobil matic tinggi, maka pastikan untuk cek dan mengganti oli mesin secara rutin ya! Jangan sampai oli yang tidak diganti menghitam dan mengakibatkan komponen mesin mobil terkena masalah. Gantilah oli mesin saat mobil sudah menempuh perjalanan sebanyak 80.000 km sampai 100.000 km.

Oli transmisi pun perlu kalian perhatikan saat proses cek oli mesin. Pastikan oli transmisi diganti setiap mobil sudah menempuh jarak 25.000 km – 50.000 km atau jika mobil terkena banjir, pastikan kalian langsung mengganti oli transmisi! Pastikan oli transmisi yang dipilih sesuai dengan mobil kalian ya!

3. Servis mobil secara berkala

Guna memastikan seluruh komponen mobil berjalan normal dan lancar, maka servis berkala diperlukan. Sekalipun kalian tidak merasakan ada yang aneh dengan mobil kalian, tetap bawa mobil untuk servis karena pada saat servis, seringkali ditemukan komponen mobil yang sudah rusak.

4. Gunakan persneling dengan benar

Pastikan juga penggunaan persneling digunakan sesuai dengan kondisi mobil. Jika mobil sedang diparkirkan maka jangan gunakan persenling D (Drive) gunakan persneling P (Park). Hal in bertujuan untuk menjaga agar persneling tidak cepat rusak.

5. Injak pedal gas perlahan-lahan

Hal ini juga sering dilupakan oleh para pemilik mobil matic. Jangan biasakan untuk menginjak pedal secara langsung/tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada katup solenoidnya. Jika kebiasaan satu ini dibiarkan maka akan berimbas ke komponen mobil lainnya.

6. Uji jalan mobil setiap 2 bulan sekali

Jika mobil matic jarang dipakai, maka ada baiknya kalian melakukan test drive setiap 2 bulan sekali. Dengan begitu jika ada sesuatu yang tidak beres saat mobil dijalankan, kalian bisa langsung membawa nya ke tempat servis agar tidak terjadi kerusakan lainnya yang dapat membuat biaya yang dikeluarkan akan semakin membesar.

Baca juga artikel kami tentang perawatan mobil lainnya:

Terapkan 8 Tips Perawatan Mobil ini Agar Mobil Tahan Lama!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *