6 Jenis Biaya yang Harus Disiapkan Bila Anda Punya Mobil Baru

Mar - 21
2019
Jenis Biaya yang Harus Disiapkan Bila Anda Punya Mobil Baru

6 Jenis Biaya yang Harus Disiapkan Bila Anda Punya Mobil Baru

Mobil telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern. Segala rutinitas kerja yang membuat Anda harus bepergian akan lebih mudah diselesaikan bila Anda memiliki mobil pribadi. Karena Anda leluasa mengemudikan mobil ke tempat tujuan tanpa terhalang oleh jadwal transportasi umum. Hal tersebut membuat jumlah pemilik mobil baru terus bertambah setiap tahun.

Anda tak hanya mesti menyiapkan budget untuk uang muka (Down Payment atau DP) mobil baru. Enam jenis biaya ini juga tak boleh luput dari perhatian bila Anda baru saja memiliki mobil baru:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Biaya Administrasi Surat-Surat Mobil

Ketika punya mobil baru, Anda harus segera mengurus surat-suratnya agar mobil Anda segera layak jalan. Anda butuh biaya beberapa juta rupiah untuk STNK, BPKB dan plat nomor, tergantung dari jenis dan tahun keluaran mobil. Jadi, usahakan untuk menyisihkan budget untuk biaya administrasi tersebut. Terutama untuk biaya pengurusan STNK yang harus dilakukan setiap tahun.

Anda juga harus teliti mengamati masa berlaku surat-surat mobil. Karena Anda harus mengurusnya kembali sebelum jatuh tempo supaya tidak dikenakan denda.

Biaya untuk Modifikasi Mobil

Jangan menganggap remeh proses modifikasi mobil bagi kenyamanan berkendara Anda. Memang masih banyak orang menganggap bahwa modifikasi mobil bukanlah hal penting. Padahal, proses modifikasi dapat meningkatkan fungsi mobil. Misalnya, Anda bisa menambahkan sensor parkir dan footstep pada mobil baru. Sensor parkir akan mendukung proses parkir di mana pun Anda berada. Sedangkan penambahan footstep juga mendukung kenyamanan Anda dan penumpang lainnya saat naik turun mobil.

Biaya Bahan Bakar

Ketika baru memiliki mobil, Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan penggunaan bahan bakarnya. Namun, alangkah lebih baik bila Anda menyiapkan budget khusus untuk bahan bakar setiap bulan. Mulailah mengamati rata-rata penggunaan bahan bakar mobil setiap bulan. Dari pengamatan tersebut, Anda dapat menghitung biaya bahan bakar yang Anda butuhkan. Sehingga pengeluaran untuk biaya bahan bakar tidak akan membuat Anda merasa terbebani.

Biaya Parkir dan Tol

Mayoritas orang yang memiliki mobil menganggap bahwa biaya parkir dan tol tidaklah besar. Sebenarnya, biaya parkir dan tol terbilang besar jika Anda sering bepergian dengan mobil. Anda harus selalu parkir di tempat yang aman demi menjaga keselamatan mobil kesayangan.

Siapkan saja budget khusus untuk kedua jenis biaya ini secara rutin. Alangkah lebih baik bila Anda menyiapkan dalam bentuk uang receh dan e-money. Supaya nanti Anda tidak kesulitan mencarinya ketika sedang membutuhkan.

Biaya Servis

Pada masa-masa awal memiliki mobil baru, Anda tak perlu pusing memikirkan biaya servis. Karena biasanya distributor mobil memberikan fasilitas servis gratis untuk jarak tempuh tertentu. Selanjutnya, Anda harus mulai menyiapkan biaya untuk servis mobil. Proses servis kecil harus dilakukan secara rutin setiap dua hingga tiga bulan sekali. Sedangkan servis besar yang butuh lebih banyak biaya cukup dilakukan sebanyak satu atau dua kali setahun.

Menyiapkan biaya servis secara teratur jelas jauh lebih baik daripada membiarkan mobil Anda rusak parah. Karena mobil yang rusak parah membutuhkan biaya perbaikan yang besar.

Biaya Asuransi Mobil

Jenis biaya yang satu ini juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Mobil baru harus segera dilengkapi dengan asuransi mobil. Supaya mobil kesayangan Anda memperoleh proteksi maksimal dari risiko kecelakaan, kerusakan, atau pencurian. Biaya asuransi mobil tak akan membebani Anda bila Anda memilih yang sesuai dengan kemampuan finansial pribadi.

Kini, sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi berkualitas dengan premi terjangkau. Hanya dengan biaya sebesar ratusan ribu rupiah per bulan, mobil Anda akan mendapatkan proteksi dari berbagai risiko tak terduga. Anda bebas memilih jenis asuransi Total Loss Only (TLO), asuransi mobil all risk. Atau asuransi komprehensif.

Sekarang, Anda tinggal mencari perbandingan produk-produk asuransi mobil sebelum menentukan pilihan. Selain mempertimbangkan biaya asuransi mobil, Anda juga mesti cermat mengamati manfaat proteksi yang diberikan. Tak perlu buru-buru menentukan pilihan asuransi untuk mobil kesayangan. Proses perbandingan harus dilakukan secara cermat demi mendapatkan asuransi mobil terbaik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *