7 Cara Mengatasi Keletihan Pasca Bekerja

Keletihan
Image Source ubr.ua

Rasa letih yang dirasakan setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar. Apapun itu pekerjaan anda, semua akan menguras energi, tenaga, dan pikiran anda. Selain keletihan secara fisik, secara psikis manusia juga mengalami keletihan pasca bekerja. Keletihan tersebut memang agak sulit untuk dihindari, meski demikian ada beberapa cara untuk mengatasi keletihan yang menghinggapi anda setelah bekerja.

Saat anda mulai merasakan tubuh anda mulai mudah lelah, emosi anda menjadi tidak terkendali, dan merasa tidak bahagia maka sudah saatnya anda harus merubah rutinitas karier anda. Sebab jika dibiarkan, tanda-tanda tersebut bisa berdampak pada penurunan prestasi dalam dunia karier anda. Untuk hal tersebut, berikut ini adalah tipsnya :

1. Selidiki Penyebabnya

“Tidak ada asap kalau tidak ada api”, begitu kata peribahasa klasik di Indonesia. Setiap masalah yang datang pasti ada penyebabnya. Jadi penting buat anda untuk menganalisia dan menyelidiki apa yang menyebabkan tubuh anda keletihan. Anda tidak perlu menyewa detektif kenamaan macam Sherlock Holmes hanya untuk menyelidikinya, dan anda juga tidak perlu berkonsultasi dengan para ahli jika dirasa tidak ada kendala yang lebih lanjut. Ketahui pula bagaimana cara kerja hingga job desc anda di kantor, bisa jadi kelelahan tersebut akibat pekerjaan yang menumpuk. Atau anda juga bisa cek kesehatan anda, biasanya keletihan juga banyak disebabkan oleh faktor kesehatan.

2. Batasi Kegiatan

Jika dirasa kegiatan di kantor mulai padat, maka kurangi kegiatan lainnya yang tidak berkaitan dengan itu semua namun malah menguras energi anda. Memang melakukan hal-hal “mengasyikan” seperti jalan-jalan di sela makan siang dapat mengatasi kejenuhan anda saat sedang di kantor. Akan tetapi kegiatan tersebut hanya akan membuang-buang tenaga anda. Jadi hal-hal yang tergolong “mengasyikan” itu hanya akan membuat anda tidak produktif jika dilakukan pada saat-saat padat.

3. Tentukan Jadwal dan Batas Waktu

Sebagai manusia biasa tentu kita memiliki batasan masing-masing, hal ini berkaitan erat dengan kegiatan yang anda lakukan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan tanpa batas hanya akan memperburuk kondisi kesehatan anda, itu sebabnya tubuh jadi terasa letih. Untuk mengatur itu semua maka mulailah anda membuat jadwal terhadap kegiatan kerja anda, tentukan tenggat waktu agar semua bisa berjalan dengan efisien. Jadi nanti tidak akan ada lagi pekerjaan yang menumpuk akibat ditunda.

4. Jernihkan Pikiran

Keletihan pisik dan psikis dapat diakibatkan oleh pikiran anda yang tertekan, jika memang hal tersebut adalah penyebabnya, maka jernihkanlah pikiran anda sekarang. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat membantu pikiran-pikran negatif. Lakukan jalan kecil sebelum atau sesudah anda beraktivitas di kantor, atau minimal lakukan meditasi di pagi hari agar ketegangan dalam pikiran anda berkurang. Ingat, ide cemerlang hadir dari pemikiran yang positif.

5. Hubungan Spesial

Manusia adalah makhluk sosial, pernyataan tersebut bisa dijadikan kesimpulan pada poin kelima ini. Banyak para pekerja keras tetap merasa bahagia, bahkan mereka mampu menikmati tekanan yang ada dalam dunia karier. Mengapa mereka bisa tetap bahagia di tengah derasnya tekanan ? Jawabannya adalah mereka memiliki hubungan baik dengan orang-orang disekitarnya, seperti keluarga, sahabat, dan pasangan. Dari pernyataan di awal poin tadi manusia tidak akan bahagia bila ia terlalu individualistis, maka dari itu jalin hubungan yang baik dengan orang disekitar anda.

6. Bersyukur

Dengan bersyukur maka kegiatan yang anda lakukan seharian berjalan dengan rasa ikhlas, syukur adalah konotasi tidak langsung untuk kata ikhlas. Segala hal yang anda syukuri akan berdampak bagus untuk diri anda sendiri maupun dengan apa yang anda dapatkan.

7. Jaga Kesehatan

Seperti yang sudah disampaikan di awal tadi, jika anda mengalami keletihan secara fisik maka cara yang tepat adalah dengan menjaga kesehatan tubuh anda. Rutin berolahraga minimal seminggu sekali dan lakukan di hari libur. Selain itu perhatikan juga pola makan anda dan juga sisihkanlah seperempat waktu anda dalam sehari untuk beristirahat.

 

asuransi kesehatan
cek premi asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 9, 2015

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami