7 Cara Praktis Membersihkan dan Merawat Kabin Mobil

Apr - 17
2019
7 Cara Praktis Membersihkan dan Merawat Kabin Mobil

7 Cara Praktis Membersihkan dan Merawat Kabin Mobil

Semua komponen mobil harus dirawat dengan baik untuk menunjang performa mobil. Termasuk kabin mobil yang sering dianggap remeh oleh para pemilik mobil. Orang-orang yang sibuk cenderung mengabaikan perawatan kabin mobil. Padahal, kebersihan kabin mobil juga mempengaruhi kenyamanan Anda.

Merawat kabin mobil tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu melakukan tujuh cara praktis ini untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kabin mobil kesayangan:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Memasang Jok Berbahan Dasar Kulit

Jok orisinal mobil biasanya berbahan dasar kain. Sehingga jok tersebut agak sulit dibersihkan bila terkena noda, debu, atau kotoran lainnya. Alangkah lebih baik bila Anda memasang jok baru berbahan dasar kulit sintetis. Karena kulit sintetis terbilang awet dan sangat mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan kain micro fiber lembap untuk membersihkan permukaan jok kulit. Kotoran dan debu pun tak akan mudah menempel dan membuat kabin mobil tampak kusam.

Karpet Mobil Juga Tak Kalah Penting

Selain jok kulit, karpet juga penting untuk menjaga kebersihan mobil Anda. Debu dan kotoran yang berasal dari alas kaki pun tak mudah menempel pada bagian bawah mobil. Pilihlah karpet berbahan dasar karet yang mudah dibersihkan dan tak lekas rusak. Karpet mobil berbahan karet bisa dibersihkan dengan cara disikat dan disiram dengan air mengalir. Setiap kali Anda membersihkan kabin mobil, jangan lupa mencuci dan mengeringkan karpetnya sampai tuntas sebelum memasangnya lagi.

Membersihkan Kabin Mobil dengan Vacuum Cleaner

Kabin mobil yang tampak bersih belum tentu benar-benar bebas dari debu yang kasat mata. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memiliki vacuum cleaner mini untuk membersihkan mobil. Sehingga debu-debu di kabin mobil benar-benar bersih sampai tuntas. Debu yang menumpuk di kabin mobil berisiko merusak AC. Karena filter AC harus bekerja ekstra keras untuk menyaring debu tersebut. Selain itu, debu pada kabin mobil juga rentan menyebabkan gangguan pernapasan.

Menggunakan Produk Pembersih Khusus untuk Dashboard

Membersihkan dashboard mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda harus menggunakan produk pembersih khusus yang aman untuk bahan dashboard. Sehingga bahan dashboard tidak mudah rapuh dan berubah warna akibat proses pembersihan yang keliru.

Sebaiknya Anda juga tidak meletakkan pengharum mobil berbahan gel di dashboard. Karena pengharum mobil yang tumpah berisiko merusak dashboard. Banyak pemilik mobil yang mengalami pengalaman buruk dengan pengharum ruangan berbahan gel. Karena pengharum yang menguap tersebut bisa menghambat kinerja filter AC dan malah menimbulkan bau apek yang sulit hilang.

Mengganti Filter AC secara Teratur

Komponen filter AC kerap diabaikan oleh para pemilik mobil. Padahal, mengganti filter AC harus dilakukan secara rutin. Terutama kalau Anda mengendarai mobil setiap hari dan merokok di dalam mobil. Hal tersebut menyebabkan filter AC bekerja ekstra keras menyaring udara pada kabin mobil. Sebaiknya Anda mengganti filter AC setiap enam bulan sekali atau setiap mobil mencapai jarak tempuh 10.000 km. Sehingga risiko kerusakan komponen AC yang lebih parah dapat diminimalkan.

Langit-Langit Mobil Juga Wajib Dibersihkan

Membersihkan langit-langit mobil ternyata mudah. Anda hanya perlu membuat campuran sampo mobil dan air lalu menggunakannya untuk mengelap langit-langit mobil. Gunakan kain micro fiber agar tidak menimbulkan goresan. Selanjutnya, gunakan kain micro fiber lembap dan kain kering untuk membersihkan sisa sampo mobil. Jangan sampai ada sisa busa dan sampo menempel di langit-langit mobil dan meninggalkan noda yang sulit hilang.

 

Kalau Anda tidak pernah merokok dan meninggalkan sisa makanan di kabin mobil, pasti kabin mobil Anda akan senantiasa bersih. Anda juga tak akan kesulitan membersihkan kotoran yang melekat kuat pada kabin mobil. Lakukan proses pembersihan secara teratur supaya Anda merasa terbiasa.

Untuk urusan proteksi menyeluruh bagi mobil kesayangan, Anda bisa mempercayakannya pada asuransi mobil. Sekarang, banyak pilihan asuransi all risk mobil yang preminya terjangkau dan manfaatnya maksimal. Anda hanya perlu cermat mengamatinya sebelum menentukan pilihan terbaik. Bahkan, proses membandingkan dan mengajukan asuransi mobil kini bisa dilakukan secara online. Kesibukan pun tak menjadi halangan bagi Anda untuk memiliki asuransi mobil berkualitas.

Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, sisihkan sedikit waktu Anda untuk memilih asuransi mobil demi melindungi kendaraan kesayangan Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *