7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Mobil Diesel

pengisian tangki bahan bakar mobil diesel

Kamu pemilik mobil bermesin diesel? Bagaimana cara kamu memelihara mobilmu? Mobil diesel dikenal dengan ketangguhannya. Performa mesin unggul yang mampu menempuh perjalanan jauh dan melewati berbagai medan sulit, menjadi daya tarik bagi banyak orang.

Namun, sebuah mobil tak selamanya memiliki performa maksimal tanpa pemeliharaan yang tepat. Merawat mobil bukan hanya dengan rutin membawanya ke bengkel. Tetapi, sebagai pengguna kamu harus tahu bagaimana memperlakukan mobilmu dengan baik.

Tidak semua mobil memiliki cara perawatan yang sama. Beda mesin, berbeda pula pemeliharaannya. Seperti halnya mobil diesel. Terdapat perbedaan dalam mengurus kendaraan bermesin diesel dan mesin lainnya.

Lalu, apakah caramu merawat mobil diesel sudah tepat? Jika kamu masih merasa belum. Simak tips nya di bawah ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Mobil Diesel

Perhatikan tips berikut supaya mesin diesel mobilmu tetap awet dan tahan lama.

  • Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Jika hendak digunakan, panaskan mesin mobil sekitar lima menit. Hal ini dilakukan agar oli dapat bersirkulasi dan melumasi komponen di dalam mesin.

Memanaskan mobil diesel terlalu lama bisa berakibat buruk. Salah satunya karena efek gas buang dari knalpot yang berbahaya untuk kesehatan. Terlebih jika memanaskan mobil diesel di dalam garasi rumah.

  • Tunggu Sejenak Sebelum Mematikan Mesin

Bagi mobil diesel yang dilengkapi turbo, setelah digunakan dalam kecepatan tinggi dan di atas dua jam, biarkan tetap menyala atau idle selama 30-60 detik lalu matikan.

Hal tersebut dilakukan agar memberikan kesempatan untuk mendinginkan komponen mesin yang bekerja pada kondisi ekstrem dan kembali ke kondisi normal.

  • Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Merawat mesin diesel dengan cara penggunaan bahan bakar berkualitas, seperti solar yang memiliki kadar Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah.

Kandungan sulfur yang tinggi akan membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, performa mesin turun, dan mengurangi usia mesin. Sebaliknya, kandungan sulfur rendah akan membuat emisi gas buang, dan ruang bakar lebih bersih.

Beberapa solar dengan kadar CN tinggi dan kandungan sulfur rendah telah tersedia di berbagai SPBU di Indonesia. Diketahui, solar bersubsidi menjadi jenis BBM paling rendah dengan CN 48 dan sulfur 3.500 part per million (ppm).

Sedangkan solar non subsidi memiliki nilai CN 51 dan kandungan sulfur minimal 1.200 ppm. Solar yang lebih baik memiliki nilai CN 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.

  • Pakai Oli Mesin yang Tepat

Penggunaan oli mesin yang tepat tak boleh terlewatkan ketika merawat mesin diesel. Oli mesin berfungsi sebagai pendingin suhu mesin, membersihkan, dan melindungi komponen penyusun mesin.

Pakai oli mesin sesuai spesifikasi yang direkomendasi pabrikan dan lakukan penggantian secara rutin setiap enam bulan sekali. Dengan begitu, oli selalu terjaga kondisinya dan dapat melindungi komponen mesin diesel dengan baik.

  • Ganti Filter Bahan Bakar

Filter ini digunakan untuk menyaring kandungan bahan bakar yang terkadang masih terdapat kandungan air dan kotoran. Terdapat lampu peringatan yang menyala di panel instrumen mobil bila kondisi filter diesel sudah kotor. Pastikan filter bahan bakar diganti secara berkala sesuai petunjuk buku manual.

  • Bersihkan Filter Udara

Proses pembakaran pada mesin yang sempurna dipengaruhi faktor udara bersih. Udara bersih membuat performa mesin terjaga dan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Namun, debu dan kotoran dengan ukuran sangat kecil kerap terbawa angin dan masuk melalui pori-pori filter udara, dan bisa mempengaruhi proses pembakaran jadi tidak sempurna.

  • Rutin Perawatan Berkala

Lakukan pemeliharaan berkala di bengkel untuk menangani berbagai permasalahan pada mobilmu. Komponen penting mesin akan diperiksa kondisinya, dan diganti ketika sudah bermasalah.

Itu dia hal yang perlu kamu ingat dalam memelihara mobil diesel agar tetap awet dan berperforma maksimal. Tak lupa, kamu juga dianjurkan untuk mengasuransikan mobilmu untuk terlindungi dari kerusakan atau kehilangan.

Cekpremi sebagai portal online yang menawarkan jasa pembelian asuransi, dapat merekomendasikan produk terbaik dan cocok dengan kebutuhanmu. Kunjungi Cekpremi sekarang untuk dapatkan asuransi mobil terbaik dengan cashback hingga 20%*.

*Syarat dan ketentuan berlaku

Pertanyaan Seputar Mobil Diesel

Masih banyak orang yang tidak paham dengan perbedaan mobil diesel dan mobil biasa. Untuk itu berikut beberapa pertanyaan yang dapat menjawab rasa penasaranmu.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Mobil Diesel?” answer-0=”Kelebihan mobil bermesin diesel adalah irit bahan bakar, keperluan perawatan lebih sedikit, bahaya kebakaran lebih rendah, dan torsi yang lebih besar. Kekurangan mobil diesel di antaranya, biaya lebih mahal, biaya perawatan lebih tinggi, dan performa lambat di iklim dingin.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa Perbedaan antara Mesin Bensin dan Mesin Diesel?” answer-1=”Cara kerja mesin diesel dan mesin bensin terlihat pada bagian: 1. Penggunaan bahan bakar. Mobil diesel menggunakan solar, dan mesin bensin memakai gasolin. 2. Performa mesin. Mobil diesel unggul dalam hal ketangguhan, sedangkan mobil bensin unggul dalam hal akselerasi dan responsif. 3. Kebutuhan bahan bakar. Mesin diesel menggunakan bahan bakar dengan efisien dan awet, dan mobil bensin butuh lebih banyak bahan bakar untuk jarak jauh.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]