7 Hal yang Wajib Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

Mar - 27
2019

7 Hal yang Wajib Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

Pasar mobil bekas semakin diminati di tanah air selama beberapa tahun terakhir. Karena kualitas mobil bekas kini tak kalah dibandingkan mobil baru. Pilihan tipenya pun sangat beragam dan dibanderol dengan harga terjangkau. Tak mengherankan bila banyak orang lebih memilih mobil bekas sebagai kendaraan andalan.

Jika Anda berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat, berarti Anda harus melakukan tujuh hal ini setelah melakukan pembelian:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Mengurus Dokumen Kelengkapan Mobil

Ternyata tak sedikit mobil bekas yang dijual dengan kondisi surat-surat kedaluwarsa. Karena pemilik mobil sebelumnya menganggap bahwa perpanjangan dokumen kelengkapan menjadi tanggung jawab sang pembeli. Oleh sebab itu, Anda wajib segera mengurus dokumen kelengkapan mobil setelah membelinya. Sehingga mobil Anda bisa langsung digunakan berkendara di jalan raya dengan surat-surat lengkap.

Melakukan Pemeriksaan dan Servis di Bengkel

Sebaik apa pun kondisi mobil bekas yang Anda beli, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan dan servis di bengkel setelah membelinya. Jangan sampai ada bagian-bagian mobil yang rusak dan mempengaruhi komponen lainnya. Pemeriksaan dan servis harus dilakukan oleh teknisi profesional. Supaya performa mobil yang baru Anda beli kembali prima seperti mobil baru.

Mengganti Spare Part Tertentu

Dalam proses pemeriksaan dan servis mobil, mungkin teknisi akan menyarankan Anda untuk mengganti beberapa spare part tertentu. Jadi, Anda harus menyiapkan budget yang memadai untuk penggantian tersebut. Penggantian spare part, oli, dan komponen lainnya pasti menunjang kinerja mesin mobil secara keseluruhan. Sehingga nanti Anda bisa mengendarai mobil bekas dengan nyaman tanpa kendala kerusakan.

Membersihkan Kabin Mobil

Bagian kabin mobil bekas juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Karena Anda harus melakukan proses pembersihan kabin mobil secara intensif. Jangan sampai ada kotoran yang tertinggal pada kabin mobil. Selain mempengaruhi kenyamanan, kabin mobil yang kotor juga akan membebani kinerja filter AC. Akibatnya, AC mobil rentan rusak bila kabin mobil selalu kotor. Setelah kabin mobil dibersihkan, Anda pasti akan merasa lebih nyaman saat mengendarai mobil.

Berkonsultasi dengan Bengkel Modifikasi Mobil

Bukan hanya bengkel servis mobil saja yang patut menjadi tujuan utama Anda. Bengkel modifikasi mobil juga tak kalah penting untuk menunjang kenyamanan mobil bekas. Mungkin Anda berencana melepas aksesori yang tidak penting atau terasa mengganggu. Atau, Anda juga bisa memasang aksesori baru yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

Konsultasikan hal tersebut dengan bengkel modifikasi mobil. Supaya mobil bekas Anda semakin fungsional dan tampilannya lebih menarik.

Melakukan Test Drive Jarak Jauh

Ketika membeli mobil bekas, mayoritas orang hanya melakukan test drive sebentar saja. Padahal, test drive sangat penting untuk menguji performa mobil bekas. Sebaiknya Anda melakukan test drive antar kota setelah membeli mobil bekas. Test drive jarak jauh akan mengungkap kemampuan mobil Anda yang sesungguhnya.

Bila terjadi kerusakan atau gangguan lainnya, Anda bisa segera memperbaiki mobil tersebut. Bahkan, Anda juga bisa mengajukan komplain kepada pihak yang menjual mobil kepada Anda.

Menyiapkan Asuransi Mobil

Sama seperti mobil  baru, mobil bekas juga membutuhkan proteksi dari asuransi mobil terbaik. Ada tiga jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih, yaitu asuransi mobil Total Loss Only (TLO), asuransi komprehensif, dan asuransi mobil all risk. Cara klaim asuransi mobil all risk yang praktis dan perlindungan maksimal membuat banyak orang memilihnya.

Banyak sekali produk asuransi mobil all risk yang ditawarkan perusahaan asuransi berkualitas. Sehingga Anda leluasa memilih berdasarkan kemampuan finansial dan manfaat perlindungan yang dibutuhkan. Batas usia mobil bekas yang bisa diikutsertakan pada asuransi mobil adalah 15 tahun. Karena mobil bekas juga dianggap masih memiliki nilai ekonomis.

Apakah Anda berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat?

Bukan hanya uang muka yang Anda butuhkan untuk membeli mobil bekas. Anda juga mesti menyiapkan biaya untuk mendukung kebutuhan mobil Anda. Mobil bekas berkualitas yang dirawat secara intensif akan menunjukkan performa yang tak kalah dengan mobil baru. Jadi, jangan ragu memilih mobil bekas terbaik untuk alasan penghematan, ya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *