7 Manfaat Jahe yang Baik Untuk Kesehatan

Secangkir minuman jahe dan lemon

Dari zaman dahulu hingga sekarang jahe sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat sebagai tumbuhan yang dapat diolah sebagai penghangat tubuh. Manfaat jahe sebagai tumbuhan herbal alami sudah tidak diragukan lagi. Tumbuhan asal Asia Tenggara yang satu ini termasuk kategori rempah – rempah yang mengandung khasiat sehingga banyak orang – orang yang menginginkannya baik skala nasional maupun internasional.

Jahe dapat langsung digunakan dalam keadaan segar, dikeringkan, dibuat sebagai bubuk, dan bahan tambahan sebagai bumbu dapur. Manfaat jahe juga banyak digunakan sebagai kosmetik. Berikut beberapa manfaat jahe lainnya yang akan kita bahas pada artikel ini adalah sebagai berikut.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kandungan jahe seperti vitamin c, magnesium, gingerols, shogaols, dan zingeronest dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang berarti secara tidak langsung dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Meredakan Nyeri Haid

Mengkonsumsi jahe dapat membantu mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Dikatakan khasiat jahe hampir mirip dengan obat profen dan asam mefenamat. Berdasarkan jurnal tahun 2017 jahe memiliki kandungan oleoresin jahe terdiri atas gingerol dan zingiberen, shagaol, minyak atsiri dan resin bisa menghambat kerja enzim di dalam siklus COX. Yang membuatnya dapat menghambat terjadinya kontraksi pada uterus yang dapat menyebabkan nyeri saat menstruasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal di anjurkan untuk minum air jahe setidaknya empat gelas pada dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut dapat memberi efek menenangkan nyeri.

Menurunkan Gula Darah

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi jahe secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh European Jurnal of Pharmacology dikatakan bahwa mengkonsumsi jahe dengan olahan yang tepat dapat menurunkan kadar gula darah hingga 35% dan meningkatkan kadar insulin plasma sekitar 10%.

Mengatasi Masalah Proses Pencernaan

Mengkonsumsi jahe dapat mengatasi masalah proses pencernaan seperti perut kembung(mual dan muntah), sembelit, diare, dan sakit perut atau kram perut. Hal ini dapat terjadi karena kandungan enzim didalam jahe dapat mengatasi gas yang tercipta pada proses pencernaan dan membantu mengeluarkan gas tersebut, sehingga membuat kamu menjadi lebih lega dan nyaman.

Jahe juga dapat menjadi keuntungan bagi enzim tripsin dan lipase dari organ pankreas yang berperan sangat penting pada proses pencernaan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Pada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine dikatakan bahwa penelitian terhadap 60 wanita paruh baya yang menggunakan ekstrak jahe menunjukkan bahwa mereka mengalami peningkatan dalam waktu reaksi dan memori kerja

Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Kandungan gingerol pada jahe dapat menghambat infeksi bakteri seperti shigella, E.colli, dan lain – lain. Tidak hanya itu saja, kandungan gingerol dapat mencegah kerusakan DNA dan stres dan juga mengkonsumsi jahe dapat membantu mengatasi pilek dan flu.

Meredakan Sakit Otot

Ternyata jahe juga dapat membantu meredakan sakit otot, berdasarkan studi dari University of Georgia dikatakan bahwa jahe memiliki efek anti peradangan yang dapat membantu mengurangi sakit pada otot yang disebabkan oleh olahraga, kerja, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui manfaat dari jahe apakah kamu ingin tahu bagaimana cara mengolahnya? Yuk simak pembahasan berikut bagaimana cara mengolah jahe yang tepat agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai Minuman

Bumbu dapur jahe dapat digunakan langsung secara segar ataupun dalam bentuk bubuk yang telah dikeringkan. Kamu bisa mencampurkan jahe yang telah dikupas dan dicacah ke berbagai masakan dan memadukannya dengan berbagai minuman, seperti teh, air lemon, jus, dan sebagainya.

Saat Kamu ingin membeli jahe segar, carilah jahe dengan aroma yang pedas dan kulit yang mulus serta tidak berkerut. Kamu dapat memasukkan jahe ke dalam kantong plastik dan ditaruh ke dalam kulkas ataupun freezer.

Sebagai Ramuan Untuk Dioleskan

Mencuci bersih jahe dan memarutnya. Kemudian, campurkan jahe dengan air jarak dan meremas-remasnya. Ramuan tersebut dapat digosokkan pada area yang dibutuhkan seperti tulang punggung, tengkuk, perut, dan kaki.

Nah itulah beberapa manfaat jahe yang tanpa kita sadari ternyata berperan sangat penting bagi kesehatan.

Kamu telah melakukan berbagai hal untuk menjaga kesehatan tapi bukan hal yang tidak mungkin kamu akan jatuh sakit, karena kita tidak dapat menebak dengan pasti masa depan dan kita hanya dapat mempersiapkan segalanya. Oleh sebab itu memiliki asuransi kesehatan adalah salah satu solusi yang baik untuk memproteksi kamu dan memberikan jaminan perawatan di masa depan.

Berikut beberapa rekomendasi produk asuransi kesehatan yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut :

  • Pacific Cross Malacca Trust

Produk ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghemat budget dengan premi yang terjangkau, Kamu bisa menggunakan layanan dari Pacific Cross Malacca Trust untuk produk asuransi M-Safe.

Asuransi kesehatan M-Safe dari Pacific Cross Malacca Trust ini merupakan produk perlindungan medis utama dengan pilihan rawat inap saja atau disertai manfaat rawat jalan. Premi asuransi M-Safe ini dibayarkan dalam mata uang rupiah untuk pelanggan berusia 0-64 tahun.

  • Lippo Healthplus

Lippo Healthplus merupakan asuransi kesehatan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan proteksi maksimal. Dengan asuransi kesehatan Lippo Healthplus, kamu bisa melindungi keluargamu dengan limit asuransi sesuai biaya pertanggungan per tahun.

Tertarik mulai mendaftar asuransi kesehatan tetapi masih bingung cara mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik? Kamu bisa mengunjungi Cekpremi dan memilih asuransi kesehatan yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa itu Asuransi Kesehatan?” answer-0=”Asuransi kesehatan adalah pertanggungan terhadap biaya pengobatan seperti rawat inap atau rawat perjalanan bagi anggota asuransi yang jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Mengapa kita perlu Asuransi Kesehatan?” answer-1=”Karena dengan adanya asuransi kesehatan kamu bisa mendapatkan pertanggungan dan perlindungan kesehatan untuk Kamu dan keluarga. Jika suatu saat Kamu dan keluarga membutuhkan pengobatan, asuransi akan menanggung kebutuhan kamu.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]