8 Ganguan Kesehatan Yang Dapat Terjadi Akibat Kabut Asap

Image Source regional.kompas.com
Image Source regional.kompas.com

Bencana kabut asap yang akhir-akhir ini melanda Provinsi Riau dan sekitarnya saat ini kondisinya semakin parah. Asap akibat pembakaran hutan dan lahan sudah masuk ke dalam rumah-rumah penduduk, jalan dan bahkan sudah masuk ruang-ruang perawatan dirumah sakit. Bahkan kota Pekanbaru dinyatakan sudah tidak layak huni lantaran kualitas udaranya berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, sejumlah warga mulai mengunsi ke daerah lain.

Banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan kabut asap yang bisa berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh. Sekalipun memang resiko kematian akibat kabut asap relatif kecil. Pada kondisi kesehatan tertentu orang akan menjadi lebih mudah mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap, khususnya pada orang dengan gangguan paru dan jantung, lansia dan bahkan anak-anak.

Berikut adalah 8 Ganguan Kesehatan Yang Dapat Terjadi Akibat Kabut Asap.

1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi.

2. Kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lainnya, seperti bronchitis kronis, PPOK dll.

3. Kemampuan kerja paru-paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.

4. Mereka yang berusia lanjut dan anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah akan rentan untuk mendapatkan gangguan kesehatan.

5. Kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi berkurang , sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi.

6. Secara umum maka berbagai penyakit kronis juga dapat memburuk.

7. Bahan polutan di asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi juga mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi.

8. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, utamanya karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dll penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan.

 

Usus
Lindungi kesehatan anda dari resiko penyakit dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

September 16, 2015

Posted In: Health, Hot News

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami