8 Langkah Pengajuan Klaim Asuransi Mobil akibat Bencana Tsunami

Jul - 18
2019
Pengajuan Klaim Asuransi Mobil

8 Langkah Pengajuan Klaim Asuransi Mobil akibat Bencana Tsunami

Bencana alam yang terjadi mendadak memang rentan menimbulkan berbagai kerugian. Salah satu bencana alam yang selalu menyebabkan kerugian besar adalah tsunami. Itulah sebabnya asuransi mobil tsunami penting untuk mengantisipasi bencana alam tersebut. Agar Anda tidak mengalami kerugian besar akibat tsunami yang menghanyutkan berbagai harta benda.

Hal pertama yang mesti Anda lakukan agar mobil pribadi mendapatkan proteksi asuransi adalah memilih produk asuransi yang tepat. Asuransi mobil all risk biasanya memberikan perlindungan menyeluruh terhadap risiko bencana alam, termasuk tsunami. Namun, Anda tetap wajib cermat mengamati polis asuransi untuk memastikan bahwa asuransi mobil tersebut memang melindungi risiko tsunami. 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Sangat disarankan Anda tenang dan teliti dalam membaca polis asuransi. Pastikan Anda mendapat perlindungan yang paling terbaik sesuai kebutuhan Anda. Cobalah ke laman asuransi mobil Cek Premi untuk mendapatkan informasi mengenai premi dan fasilitas perlindungan yang diberikan antar penyedia asuransi.

Bila nanti mobil Anda mengalami kerusakan atau hilang akibat tsunami, Anda harus melakukan delapan langkah pengajuan klaim asuransi berikut ini:

Mendokumentasikan Bencana Tsunami

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mendokumentasikan bencana tsunami yang merusak atau menyebabkan mobi Anda hilang. Foto atau video dapat menjadi bukti otentik yang dilampirkan saat mengajukan klaim asuransi. Perusahaan asuransi pun akan yakin dengan bukti klaim karena tidak direkayasa. Sehingga nanti klaim asuransi tersebut dapat diproses secara cepat pasca diajukan.

Jangan Melakukan Tindakan Penanganan Mandiri

Perusahaan asuransi tidak akan menanggung mobil yang terkena tsunami jika Anda sempat melakukan perbaikan secara mandiri. Sebab bisa saja upaya perbaikan tersebut malah membuat kerusakan mobil semakin parah. Jadi, Anda memang tidak perlu melakukan apa-apa sebelum mengajukan proses klaim. Sebab Anda hanya perlu mengetahui lokasi mobil Anda pasca bencana tsunami.

Tidak Melanggar Ketentuan pada Polis Asuransi

Klaim asuransi mobil dapat diproses jika Anda tidak melanggar ketentuan pada polis tersebut. Beberapa hal yang kerap membuat klaim asuransi gagal antara lain:

  • Asuransi sedang dalam masa cuti (tidak dibayar dalam kurun waktu tertentu).
  • Mobil sedang dikemudikan orang lain (bukan pihak tertanggung) sewaktu mengalami bencana alam.
  • Pengemudi tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.

Tsunami Terjadi di Wilayah Pertanggungan Asuransi

Sebelum membuat kesepakatan polis asuransi, Anda wajib mencermati isi polis tersebut. Pastikan kalau wilayah pertanggungan asuransi juga mencakup tempat-tempat yang sering Anda singgahi. Karena klaim asuransi hanya bisa diproses kalau bencana alam terjadi di dalam cakupan wilayah pertanggungan asuransi. 

Penanganan Khusus di Kota Lain

Jangan bingung dulu bila mobil Anda rusak atau hanyut akibat bencana tsunami di kota lain. Bila kota tersebut masih berada dalam wilayah pertanggungan, Anda hanya perlu menghubungi kantor cabang asuransi terdekat. Supaya kantor cabang tersebut bisa segera memproses klaim asuransi. Bila memungkinkan, pihak perusahaan asuransi juga akan mengupayakan penderekan mobil yang masih bisa diperbaiki. 

Melengkapi Dokumen Pengajuan Klaim

Saat akan mengajukan klaim asuransi, Anda juga wajib menyertakan berbagai dokumen pelengkap. Jadi, jangan lupa menyiapkan fotokopi polis asuransi, fotokopi KTP, SIM, STNK, dan surat keterangan dari kepolisian. Seluruh dokumen tersebut harus disiapkan secara cepat. Karena biasanya proses klaim memang mesti dilakukan maksimal 3×24 jam setelah kejadian.

Mengisi Formulir Klaim Asuransi

Untuk melengkapi dokumen pribadi saat mengajukan klaim asuransi, Anda juga patut mengisi formulir klaim. Kini, proses pengisian tak hanya bisa dilakukan secara konvensional. Sudah banyak perusahaan asuransi yang formulir klaimnya dapat diakses secara online. Anda hanya perlu login ke website resminya untuk mendapatkan formulir klaim. Selanjutnya, formulir yang sudah diisi secara lengkap bisa segera di-submit. Anda pun akan mendapatkan bukti pengajuan klaim yang dapat digunakan untuk proses klaim selanjutnya.

Mengajukan Klaim Asuransi via Aplikasi

Bencana tsunami biasanya menyebabkan terputusnya akses mobilitas di suatu daerah. Bila Anda juga mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda mengajukan klaim asuransi via aplikasi. Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyiapkan aplikasi khusus bagi para nasabah. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan urusan asuransi dapat diselesaikan secara praktis tanpa mendatangi kantor cabang. 

Sistem aplikasi asuransi yang selalu aktif dalam 24 jam memungkinkan proses klaim secara cepat. Itulah sebabnya Anda mesti cermat memilih produk asuransi berkualitas dengan jaminan fasilitas yang canggih dan mudah diakses.

Mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK)

Kalau mobil yang terkena bencana tsunami masih bisa diperbaiki, Anda akan mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK) dari perusahaan asuransi. Surat tersebut merupakan pengantar resmi agar mobil Anda lekas diperbaiki di bengkel rekanan. Pastikan kalau Anda segera mendapatkan SPK supaya mobil Anda bisa segera mendapatkan proses perbaikan.

Jangan Ragu Melakukan Proses Follow Up

Setiap hari, perusahaan asuransi pasti mendapatkan pengajuan klaim dari para nasabahnya. Hal ini bisa membuat proses klaim Anda jadi tertunda karena luput dari perhatian. Untuk mengatasi hal ini, jangan ragu melakukan proses follow up ke perusahaan asuransi. Sehingga mobil Anda segera masuk ke tahap perbaikan atau peninjauan ulang sebelum mendapatkan penggantian unit yang baru.

Kalau saat ini asuransi mobil Anda belum mencakup perlindungan terhadap tsunami, mungkin sudah waktunya Anda membeli manfaat tambahan tersebut. Premi yang dibutuhkan untuk manfaat tambahan asuransi tidak terlalu besar. Apalagi bisa manfaatnya sebanding dengan nilai premi yang mesti Anda bayarkan.

Jangan sampai Anda menyesal menghadapi bencana alam karena tidak memiliki persiapan proteksi yang memadai. Mobil kesayangan juga butuh asuransi berkualitas. Sehingga Anda merasa selalu aman dan nyaman berkendara. Risiko yang menyebabkan kerusakan atau kehilangan mobil pun dapat diminimalkan. Yuk, memilih asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan dan kesanggupan finansial Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *