8 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Mobil Anda Harus Segera Diservis

Mar - 30
2019
Tanda yang Menunjukkan Bahwa Mobil Anda Harus Segera Diservis

8 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Mobil Anda Harus Segera Diservis

Mencari mobil baru dengan fitur canggih kini semudah membalikkan telapak tangan. Anda bisa mencari informasinya terlebih dahulu melalui internet. Sehingga Anda bisa menyesuaikan mobil pilihan dengan kebutuhan Anda. Demikian pula halnya ketika Anda sedang cari asuransi mobil murah. Pilihan asuransi mobil sekarang makin beragam dan preminya pun kian terjangkau.

Meskipun sudah melindungi mobil dengan asuransi mobil all risk yang proteksinya maksimal, Anda tetap harus teliti merawat mobil. Anda tak harus menguasai urusan mesin mobil secara keseluruhan. Setidaknya Anda hanya perlu peka mengenali kondisi mobil pribadi Anda. Ketahuilah bahwa delapan tanda ini menunjukkan bahwa mobil Anda harus segera diservis:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

Bila mesin mobil Anda mulai sulit dinyalakan, kemungkinan besar Anda akan panik. Apalagi bila Anda harus segera mengemudikan mobil dalam keadaan darurat. Mobil yang sulit dinyalakan biasanya berhubungan dengan aki habis atau kerusakan busi. Anda harus segera membawanya ke bengkel supaya mobil Anda bisa berfungsi normal seperti semula.

Asap Knalpot Berubah Warna

Pada umumnya, mobil yang tidak bermasalah akan menghasilkan sedikit asap knalpot yang warnanya tidak terlalu pekat. Sebaliknya, asap knalpot berwarna putih atau hitam pekat justru mengindikasikan gangguan pada mobil Anda. Asap putih menunjukkan bahwa ada banyak oli yang masuk ke ruang pembakaran. Sedangkan asap hitam pekat menandakan bahwa proses pembakaran mesin mobil tidak berlangsung sempurna.

Bahan Bakar Mobil Semakin Boros

Jangan malas mengamati penggunaan bahan bakar ketika Anda mengendarai mobil. Bahan bakar mobil yang semakin boros bisa disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna. Selain itu, kelebihan muatan dan kondisi ban mobil yang wajib diganti juga menyebabkan penggunaan bahan bakar semakin boros.

Lampu Indikator Mesin dan Oli Mulai Menyala

Mungkin Anda jarang memperhatikan indikator yang ada di sekitar speedometer mobil. Padahal lampu-lampu indikator tersebut harus diamati secara teratur. Jika lampu indikator mesin dan oli mulai menyala, Anda wajib segera membawa mobil ke bengkel. Karena kemungkinan besar oli mobil Anda sudah habis dan kondisi mesinnya sedang bermasalah.

AC Mobil Mulai Tidak Dingin

Masalah serius lainnya juga bisa timbul dari AC mobil. Bila AC mobil mulai tidak dingin atau menghasilkan bau tak sedap, segeralah membawa mobil Anda ke bengkel AC mobil. Masalah yang terjadi pada AC mobil sangat bervariasi, mulai dari filter AC, kipas, hingga kompresornya. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas AC mobil adalah kebersihan kabin mobil Anda. Kabin mobil yang kotor membuat AC bekerja ekstra keras dan lebih rentan rusak.

Mesin Mobil Mengalami Overheating

Overheating (temperatur terlalu tinggi) pada mesin mobil juga akan menyebabkan masalah serius. Selain membuat mesin mobil mati mendadak, kondisi overheating yang dibiarkan begitu saja juga bisa mengganggu komponen-komponen lain pada mobil. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada mobil overheating adalah mematikan mesinnya hingga temperaturnya berangsur-angsur normal.

Mobil Bergetar secara Berlebihan

Kalau Anda terbiasa mengemudikan mobil, Anda pasti bisa mengenali getaran berlebihan pada mobil Anda. Getaran tersebut akan bertambah parah jika Anda menambah kecepatan mobil. Ketidakstabilan mobil harus segera diatasi. Supaya risiko kecelakaan akibat kerusakan mobil yang parah dapat diminimalkan.

Cairan Oli Bocor

Anda patut waspada bila mobil Anda mengalami kebocoran oli. Titik kebocoran oli yang berbeda menunjukkan kondisi gangguan mobil yang berbeda. Biasanya kebocoran tersebut bisa terjadi akibat filter oli aus, baut atau tutup oli longgar, atau sejumlah masalah lainnya pada komponen oli. Jangan sampai oli menetes terlalu banyak tanpa Anda sadari. Sebab hal tersebut akan meningkatkan risiko kerusakan mesin mobil.

Untuk urusan perlindungan mobil dari risiko kecelakaan, kerusakan, atau pencurian, cari asuransi mobil murah adalah solusinya. Namun untuk urusan perawatan mobil, Anda wajib melakukannya secara mandiri. Proses perawatan secara intensif akan menjaga kualitas mobil Anda. Sehingga performa mobil tetap prima walaupun sudah digunakan bertahun-tahun. Semua orang pasti senang kan menggunakan mobil yang terawat dan tetap lancar jaya saat melaju cepat di jalan raya?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *