Ikuti 9 Tips Simpel Membentuk Keluarga Harmonis!

Apr - 09
2021

Ikuti 9 Tips Simpel Membentuk Keluarga Harmonis!

Pondasi utama dari kesuksesan yang ada di dalam hidup adalah keluarga. Jika keluarga yang kita miliki harmonis, maka otomatis kita menjadi lebih bahagia dan menemukan tempat untuk bersandar di kala penat dengan pekerjaan.

Namun menciptakan keluarga harmonis tidaklah mudah, banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keharmonisan keluarga. Tidak boleh hanya satu pihak yang berusaha, namun seluruh anggota keluarga harus berusaha menciptakan keadaan keluarga harmonis.

Bagi kalian yang masih bingung apa saja sih yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah keluarga yang harmonis, tidak perlu khawatir karena di artikel kali ini kami akan memberikan tips nya untuk kalian.

1. Bentuk komitmen sedari awal hubungan dengan pasangan

komitmen dengan pasangan

Menikah dengan pasangan berarti kalian sepakat untuk menjalani sebuah hubungan sampai akhir hayat nanti. Pastikan kalian sudah membuat komitmen yang kuat dari awal kalian memulai hubungan, ketahui semua kelebihan dan kekurangan pasangan dan pastikan kalian bisa menerima itu semua.

Tujuannya adalah agar hubungan kalian dengan pasangan tidak saling menyalahkan dan efek baiknya adalah setiap masalah yang kalian jalani bisa terselesaikan dengan baik.

2. Saling jujur dan terbuka dengan pasangan

jujur dan terbuka kepada pasangan

Kunci pertama bagi kalian yang ingin menjalankan keluarga yang harmonis adalah saling jujur dan terbuka. Ini menjadi poin yang sangat penting dikarenakan jikalau ada salah satu saja yang berbohong, maka akan menciptakan dampak yang sangat buruk dalam hubungan keluarga.

Bayangkan saja orang tua nya saja sudah saling berbohong, maka otomatis anak pun akan terbawa dari dampak buruk nya. Usahakan untuk saling terbuka sekalipun itu menyakiti pasangan. Percayalah bahwa hubungan kalian mampu memperbaiki semua masalah.

Baca juga artikel kami tentang keluarga lainnya:

Perhatikan 5 Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Benar!

3. Kontrol sifat egois dan emosional ketika menghadapi masalah

sifat egois dan pemarah

Sifat egois dan emosional memang tidak bisa dihilangkan dengan mudah, namun kalian bisa coba mengontrolnya loh! Setiap orang pastinya memiliki cara yang berbeda dalam mengontrol emosi dan rasa egoisnya. Pastikan bahwa kalian sebagai pasangan tahu cara mengontrolnya ya!

Jangan sampai rumah tangga kalian hancur hanya karena sifat egois dan emosi kalian. Komunikasikan maksud kalian dengan kepala yang dingin kepada pasangan dan terus senantiasa jaga tutur kata!

4. Jangan lampiaskan masalah di luar yang sedang dihadapi kepada keluarga

masalah pekerjaan

Jangan pernah sekalipun kalian melampiaskan masalah yang kalian sedan hadapi di luar kepada keluarga! Jikalau masalah yang kalian hadapi sangat berat, coba untuk tenangkan diri kalian terlebih dahulu dengan cara berdoa barulah setelah itu komunikasikan kepada pasangan apa yang sedang kalian hadapi.

Dijamin jika kalian konsisten melakukan tips satu ini maka suasana keluarga akan semakin harmonis dan hangat pastinya.

5. Terus berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam keluarga

liburan keluarga

Pastikan kalian terus berusaha untuk saling menciptakan suasana yang menyenangkan ya! Meskipun seiring dengan berjalannya waktu seringkali hubungan menjadi renggang, kalian tetap bisa kok dengan mengadakan acara rutin yang diadakan setiap minggu untuk menjaga suasana yang harmonis di dalam keluarga.

6. Berikan perhatian kepada buah hati

perhatian kepada anak

Meskipun kalian dan pasangan sedang sibuk dengan pekerjaan masing-masing, namun tetap jangan sampai si buah hati merasa tidak diperhatikan ya! Jika si buah hati merasa tidak diperhatikan maka akan berdampak buruk ke pola pergaulan dan sifat mereka juga loh.

Sisihkan waktu kosong kalian untuk bermain dan menanyakan kabar anak entah itu tentang sekolahnya, temannya dan hobi nya juga. Jika kalian bisa merawat buah hati kalian dengan baik maka dipastikan suasana keluarga menjadi lebih hangat.

7. Terapkan gaya hidup yang sehat bagi setiap anggota keluarga

olahraga bersama keluarga

Gaya hidup sehat seringkali luput dalam keluarga, namun tanpa disadari gaya hidup yang sehat berpengaruh besar loh terhadap keharmonisan keluarga. Dengan kalian menerapkan hidup sehat maka pikiran dan badan pun menjadi lebih segar dan tentunya kalian bisa menghadapi setiap masalah dengan lebih baik.

8. Selalu utamakan keluarga

priortas keluarga

Jika kalian sudah berkeluarga maka otomatis prioritas utama kalian dalam hidup adalah keluarga pastinya. Selalu utamakan keluarga dalam hal apapun dan tentunya bagi waktu kalian dengan bijak agar keluarga merasa diperhatikan. Cara mudah yang bisa diterapkan adalah segera berhenti bekerja jika waktu kerja sudah selesai dan fokuskan waktu untuk keluarga.

9. Jaga hubungan baik dengan keluarga pasangan

hubungan baik dengan mertua

Pastika juga hubungan kalian dengan keluarga pasangan harmonis. Jangan sampai hubungan yang buruk dengan mertua membawa masalah ke hubungan kalian bersama pasangan ya. Seringkali terjadi dikarenakan hubungan yang buruk dengan mertua, kualitas hubungan dengan pasangan pun maka otomatis akan menurun.

Cara yang bisa kalian lakukan dengan mudah adalah dengan rutin mengajak berkomunikasi keluarga pasangan dan memberikan perhatian kalian kepada mereka.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid