9 Urutan Skincare Malam Efektif Mencerahkan Wajah

urutan skincare malam

Setelah beraktivitas dengan riasan make up tentu Anda wajib membersihkannya melalui berbagai urutan skincare malam. Ini wajib Anda lakukan agar wajah tetap fresh keesokan harinya. Jika tidak, pori-pori akan tersumbat dan kekurangan nutrisi. 

Memang, setelah seharian beraktivitas tubuh akan capek dan ingin langsung tidur. Akan tetapi, jika Anda terus melakukan kebiasaan itu, maka risiko penuaan dini akan menghantui. Karenanya, sempatkan untuk membersihkan wajah di malam hari.

Membersihkan muka tentu tidak cukup karena kulit perlu tambahan nutrisi. Oleh karenanya, Anda harus menyisihkan uang untuk membeli skincare yang tentunya tidak murah. Selain urutan skincare pagi, Anda juga mesti tahu perawatan malamnya.

Urutan Skincare Malam Agar Wajah Ternutrisi Maksimal

Ada beberapa urutan skincare malam yang mesti Anda ikuti demi mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, beberapa produk bisa Anda hilangkan atau tidak perlu setiap hari memakainya. 

1. Make Up Remover

Langkah awal dalam night skincare routine tentunya membersihkan make up yang masih menempel. Gunakan make up remover dan bersihkan muka dengan bantuan kapas bersih.

Tipsnya, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan kapas yang sama saat membersihkan bagian wajah yang berbeda. Untuk menghemat kapas, Anda bisa memotong kapas menjadi bagian yang kecil-kecil terlebih dahulu.

Ini perlu Anda terutama saat ada jerawat di muka sehingga tidak akan menyebar ke bagian lainnya. Anda juga harus membiasakan diri untuk mengusapkan kapas dari arah bawah wajah ke atas agar kulit muka tetap terjaga.

2. Facial Wash

Facial wash merupakan urutan skincare malam yang wajib Anda pakai. Lalu kenapa harus membersihkan menggunakan facial wash sedangkan sebelumnya sudah memakai make up remover?

Anda perlu dua kali membersihkan muka untuk mengangkat minyak dan residu yang menempel untuk hasil yang maksimal. Proses ini biasa kita sebut double cleansing. Facial wash ada yang berbahan air dan minyak.

Gunakanlah facial wash berbahan minyak jika muka Anda cenderung normal ke kering. Sebaiknya, gunakan facial wash berbahan air jika kulit wajah Anda cenderung berminyak.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi perlu Anda lakukan beberapa kali saja, jangan setiap hari. Gunakanlah sekitar 2 atau 3 kali dalam seminggu. Anda tidak boleh setiap hari melakukan eksfoliasi karena bahan yang digunakan cenderung keras.

Seperti yang kita tahu bahwa eksfoliasi ini ada dua jenis. Ada yang berupa chemical exfoliator (kimia) dan physical exfoliator (fisik).  Biasanya, produk eksfoliasi kimia ini berwujud cair seperti serum. Sedangkan yang fisik berbentuk scrub lembut.

Meskipun secara tekstur keduanya sangat berbeda, tetapi tujuan penggunaannya sama yaitu membersihkan minyak dan kotoran yang menumpuk dan menutup pori-pori. Dalam menggunakan keduanya juga hanya 15 menit lalu bilas dengan air saja.

4. Toner

Setelah menggunakan produk eksfoliasi, Anda akan merasa kulit wajah tertarik dan kering. Oleh karenanya Anda perlu toner yang menghidrasi. Toner ini juga akan membuat wajah terasa segar dan lembab.

Seperti yang kita tahu bahwa toner memiliki tekstur yang cair sehingga cepat meresap ke dalam kulit. Urutan skincare malam ini bisa Anda ganti dengan essence apabila memiliki tipe kulit yang berminyak atau normal.

5. Serum 

Buat yang bertanya pakai serum dulu apa night cream dulu? Jawabannya pakai serum dulu ya. Pengaplikasian serum yang tepat adalah setelah membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan pelembab atau night cream.

Serum mengandung bahan aktif yang bikin kulit lebih cerah, elastis, kenyal, mencegah penuaan dini, hingga memperbaiki skin barrier. Oleh karenanya, Anda mesti hati-hati dalam mengaplikasikannya. Cukup dengan menepuk-nepuknya perlahan.

Anda bisa memilih serum sesuai dengan jenis atau kondisi kulit. Biasanya, orang menggunakan serum untuk berbagai tujuan seperti acne, brightening, hydrating, dan anti aging.

6. Eye Cream 

Jika Anda memiliki masalah seperti mata panda maka tidak ada salahnya pakai eye cream. Eye cream sebenarnya tidak setiap malam perlu Anda oleskan. Akan tetapi, Anda bisa mengaplikasikannya setelah serum dan sebelum night cream.

Eye cream bisa Anda aplikasikan tipis-tipis di sekitar kelopak dan kantong mata. Teksturnya lebih ringan daripada krim malam. Oleh karenanya bisa Anda gunakan sebelum mengaplikasikan krim malam tersebut.

7. Krim malam

Urutan skincare malam terakhir ada night cream. Night cream ini bisa menggantikan fungsi moisturizer karena sama-sama melembabkan wajah. Krim ini juga bisa memaksimalkan kinerja dari rangkaian skincare yang sudah Anda pakai sebelumnya. 

Ibaratnya, krim ini bisa mengunci semua skincare agar bekerja lebih maksimal dan meresap ke dalam kulit. Anda akan merasa kulit wajah lebih kenyal dan segar saat bangun karena nightcream ini semalaman telah regenerasinya. 

8. Sheet Mask

Sheet Mask tidak selalu harus Anda gunakan setiap malam. Jika Anda ingin menggunakan sheet mask maka langsung saja memakainya setelah toner. Ini karena sheet mask dapat menggantikan fungsi serum, essence, krim malam, dan moisturizer.

Urutan skincare malam remaja yang tidak mau ribet bisa menggunakan sheet mask yang lebih simple. Anda cukup membuka bungkusnya lalu menempelkan sheet mask dari bagian dahi lalu ratakan ke pipi dan seluruh wajah sambil memijatnya perlahan.

Sisa cairan dalam sheet mask bisa Anda pakai di area leher, telapak tangan, siku, hingga telapak kaki yang pecah-pecah. Ini bisa melembabkan daerah kulit tersebut dengan baik lho!.

9. Lip Balm

Jika bibir Anda terasa kering, coba gunakan pelembab bibir seperti lip balm dan sejenisnya. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan produk berbahan petroleum jelly.

Tips Agar Wajah Semakin Sehat dan Cantik

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik tentu Anda wajib mengikuti urutan skincare malam di atas. Akan tetapi, hal-hal ini juga bisa Anda coba agar wajah terlihat semakin cantik lho!

1. Beri Jeda Pemakaian Skincare

Anda wajib memberi jeda pemakaian setiap produk skincare selama 10 hingga 20 menit agar meresap maksimal.

2. Jangan Terlalu Lama Pakai Sheet Mask

Sheet Mask memang baik untuk kulit, tetapi Anda tidak boleh menggunakannya lebih dari 20 menit karena hasilnya tidak akan maksimal lho!.

3. Merapikan Gigi

Seperti yang kita tahu bahwa gigi sangat mempengaruhi bentuk wajah. Gigi yang berantakan akan membuat Anda tidak percaya diri. Oleh karenanya, Anda bisa merapikan gigi dengan asuransi kesehatan dari Cekpremi.com lho!

Produk asuransi kesehatan dari cekpremi sangat lengkap termasuk rawat gigi. Selain proses yang mudah, ada kelebihan lainnya seperti tidak ada pungutan biaya tambahan setiap pembelian produk asuransinya. Sangat menjanjikan, bukan?

Demikian pembahasan lengkap urutan skincare malam dan tips kecantikan lain yang bisa Anda lakukan. Untuk hasil yang maksimal, Anda tidak disarankan untuk begadang. Selamat mencoba!

Sumber :

Lotte Mart

https://www.senka.id/senka-stories/urutan-skincare-malam

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/panduan-perawatan-skincare-malam/