AC Mobil Bau, Penyebab dan Cara Mengatasinya

AC mobil

Artikel ini akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi AC mobil bau. Untuk mengantisipasi bau, kamu pasti sudah memasang pewangi mobil di depan AC. Meskipun sudah menggunakan pewangi mobil, terkadang AC mobil tetap saja mengeluarkan bau tidak sedap. Bau yang muncul biasanya seperti bau gosong, bau asam, bau apek, hingga bau bangkai. Untuk itu, kamu perlu segera mencari tahu apa penyebab AC mobil bau, supaya dapat mengatasinya secara tepat. Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Penyebab AC Mobil Bau

  1. Filter Kotor

Meskipun terlihat bersih dari luar, namun filter AC kotor sangat kerap ditemukan pada berbagai mobil. Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter akan menimbulkan jamur, jamur inilah yang menyebabkan munculnya aroma tidak sedap ketika AC dinyalakan.

  1. Freon AC Hampir Habis

AC mobil bau juga bisa disebabkan oleh freon AC yang hampir habis. Ketika freon hampir habis, biasanya AC menjadi tidak dingin dan kompresor AC yang tidak berhenti bekerja ketika AC dalam keadaan hidup. Segera lakukan pengisian ulang freon agar AC normal kembali.

  1. Evaporator Kotor

Kondisi kabin yang kotor, berdebu, dan dipenuhi oleh tumpukan sampah juga dapat menyebabkan AC mobil bau. Terlebih jika ada kotoran pada karpet yang tidak segera dibersihkan. Debu dan kotoran yang menumpuk bisa masuk ke dalam bagian evaporator. Jika dibiarkan, evaporator akan berjamur dan menimbulkan bau bangkai. Jika kondisi ini terjadi, kamu harus membersihkannya dengan menyemprotkan air. Apabila kesulitan dalam membersihkannya, kamu bisa kunjungi bengkel terdekat.

  1. Pewangi Kualitas Rendah

Biasanya pengendara mobil memasang pewangi atau parfum mobil di bagian AC. Pewangi AC bisa juga memunculkan bau tak sedap. Penyebabnya, kualitas pengharum sangat rendah. Kadar alkohol yang tinggi juga bisa membuat AC mengeluarkan bau asam. Untuk itu, kamu sebaiknya jangan memilih pewangi kadar alkoholnya terlalu tinggi. Lalu, pilihlah pewangi yang berkualitas baik.

  1. Ada Bangkai Binatang

AC mobil bau juga bisa disebabkan oleh bangkai binatang. Ketika mobil diparkir, bisa saja ada binatang seperti tikus, cicak, atau kecoa yang masuk ke dalam mobil. Jika sudah mati, maka bisa dipastikan muncul bau bangkai yang sangat menyengat. Bila kondisi itu terjadi, kamu perlu mengecek beberapa bagian mobil untuk mencari titik bangkai binatang itu berada dan membersihkannya.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau

  1. Menyediakan tempat sampah di dalam mobil.
  2. Gunakan pembersih khusus dashboard untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bagian dashboard.
  3. Gunakan tisu basah untuk membersihkan bekas makanan serta minuman yang menempel pada jok maupun bagian lainnya.
  4. Lapisi jok mobil dengan pelapis jok yang terbuat dari kain atau plastik agar lebih mudah dibersihkan.
  5. Gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran yang tidak terlihat.
  6. Hindari Masukan karpet mobil saat masih basah.
  7. Rutin membersihkan evaporator.
  8. Hindari merokok dalam mobil.
  9. Gunakan pewangi mobil sewajarnya karena menggunakan parfum mobil berlebihan justru menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil.
  10. Jika semua cara diatas sudah dilakukan namun AC mobil masih tetap berbau tidak sedap, maka segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya jika mengalami aksiden karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSMDCCTS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH III, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar AC Bau

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa penyebab AC bau?” answer-0=”Apabila AC sudah lama tidak dibersihkan, bagian filter dan evaporator AC bisa sangat kotor. Debu yang menempel pada filter dan evaporator AC pada akhirnya menyebabkan aliran AC menjadi bau. Selain bau, debu yang menumpuk pada bagian AC dapat menghalangi embusan udara dan tidak baik untuk kesehatan.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bagaimana Cara Menghilangkan bau AC?” answer-1=”Rutin membersihkan dan cek kesehatan AC. Bersihkan debu pada area filter AC. Rutin mengganti pengharum ruangan dekat AC. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]