Adaptive Cruise Control: Fitur Canggih Pengatur Kecepatan Mobil

Adaptive Cruise Control

Artikel ini akan membahas tentang Adaptive Cruise Control (ACC). Akhir-akhir ini banyak produsen mobil yang meningkatkan fitur di bidang keamanan. Salah satunya dengan penggunaan adaptive cruise control. Apa itu adaptive cruise control?  Yuk simak informasinya!

Cara Kerja Adaptive Cruise Control 

Ketika sedang berkendara jauh pada ratusan kilometer di jalanan lurus dan panjang, kakimu pasti akan terasa pegal dan lelah karena harus menginjak gas terus-menerus. Dengan adanya teknologi adaptive cruise control yang canggih, hal tersebut dapat teratasi. 

Fitur ini mampu membantu mengatur kecepatan mobil yang sudah  kamu atur sehingga menjadi lebih stabil tanpa harus menekan pedal gas lagi. Mobil akan berjalan semi autopilot. Pada fitur ini terdapat sensor khusus yang mampu mendeteksi jarak mobil dengan kendaraan lain yang ada di depan. Jika jarak terlalu dekat mobil akan mengerem sementara jika jarak terlalu jauh mobil akan menambah kecepatan sesuai settingan kecepatan terakhir. 

Adaptive Cruise Control dapat diaktifkan ketika berada pada range kecepatan tertentu, antara 40 km/jam hingga 180 km/jam. Setelah pengemudi mempertahankan laju mobil pada kecepatan tersebut, tekan tombol cruise control dan SET yang ada pada area setir mobil. Maka, pedal gas dapat mulai dilepaskan.

Jika sudah aktif, mobil akan melaju dengan batas kecepatan yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk menonaktifkannya cukup menekan tombol SET kembali atau menginjak pedal rem. Otomatis fitur ini akan berhenti dan kecepatan mobil akan kembali diatur oleh kaki kanan pengemudi.

Mobil yang Menggunakan Adaptive Cruise Control

  • Honda BR-V Prestige with Honda Sensing

Mobil dengan adaptive cruise control yang pertama adalah Honda BR-V varian tertinggi yaitu Prestige with Honda Sensing. Syarat utama mengaktifkan fitur canggih pengatur kecapatan ini adalah kecepatan minimal harus 30 km/jam. Kemudian, kamu bisa  menekan tombol STANDBY di setir kemudi atau yang berlogo mobil dan speedometer. Selanjutnya tekan tombol SET. Setelah fitur ACC aktif, gas dan rem akan diatur secara otomatis oleh komputer mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Jika mau menambah atau mengurangi kecepatan, tinggal tekan tombol + atau – yang ada di setir. Adaptive cruise control pada mobil ini juga mampu mengatur jarak dengan objek atau mobil yang ada di depannya. Bahkan terdapat pilihan batasan jarak dekat, menengah dan jauh.

  1. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate

Rekomendasi mobil dengan adaptive cruise control selanjutnya adalah Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate. Cara mengaktifkan fitur ACC yaitu dengan menekan tombol cruise control yang terletak di setir sebelah kanan. Kemudian, tekan tombol SET. Setelah itu mobil akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan. Pada Pajero Sport Dakkar fitur ACC bisa aktif saat kecepatan mobil minimal 40 km/jam.

  1. Toyota Raize GR CVT TSS 

Selanjutnya, rekomendasi mobil dengan fitur canggih ini yang ada di Indonesia adalah Toyota Raize GR CVT TSS. Dibandingkan dengan mobil adaptive cruise control lainnya, Raize GR CVT TSS harganya paling kompetitif, yaitu mulai dari Rp 299,2 juta. Padahal mobil lain dengan fitur ACC umumnya dibanderol di atas Rp 350 jutaan.

Kelemahan Adaptive Cruise Control

Di balik fiturnya yang canggih, teknologi ACC juga memiliki kelemahan. Misalnya, ketika mobil harus melewati terowongan. Perubahan intensitas cahaya menjadi masalah. Sistem ACC tidak dapat membaca situasi ketika mobil harus melewati kondisi terang ke gelap secara berulang. 

Kamera membutuhkan waktu untuk menyesuaikan fiturnya dengan kondisi pencahayaan baru. Kondisi itu akan mempengaruhi keakuratan sistem. Kondisi tersebut juga berlaku di situasi lain yang mempengaruhi tampilan visual. Saat kondisi hujan atau berkabut, sistem ACC biasanya tidak dapat membaca dengan baik. Oleh karena itu disarankan mengemudi dengan tetap mempertahankan kendali penuh atas kendaraan dalam situasi apapun. 

Apabila kendaraanmu rusak, kamu tentu memerlukan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Sinarmas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Sinarmas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Murah banget kan?

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antarany; RSMDCCTS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH III, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assisstant. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback hingga 25%.  

Pertanyaan Seputar Adaptive Cruise Control

Mobil dengan adaptive cruise control apa saja?

Mobil dengan fitur adaptive cruise control yang bisa kamu jadikan pilihan di antaranya Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, 2. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Toyota Raize GR CVT TSS

Bagaimana cara kerja adaptive cruise control?

Pada fitur ini terdapat sensor khusus yang mampu mendeteksi jarak mobil dengan kendaraan lain yang ada di depan. Jika jarak terlalu dekat mobil akan mengerem sementara jika jarak terlalu jauh mobil akan menambah kecepatan sesuai settingan kecepatan terakhir.