Agar Mudik Lancar Tanpa Terkena Macet

May - 22
2019
Agar Mudik Lancar Tanpa Terkena Macet

Agar Mudik Lancar Tanpa Terkena Macet

Di saat waktu mudik hampir tiba, banyak sekali orang yang mencari dan memilih asuransi mobil. Mudik merupakan masa di mana ada risiko terjadi masalah di jalan raya. Mulai dari kecelakaan kecil, kecelakaan besar, hingga pencurian mobil.

Itulah mengapa banyak yang mulai mengasuransikan mobil mereka sebelum mudik. Dan banyak juga yang baru membeli mobil untuk keperluan mudik. Lalu, mereka langsung mengasuransikan mobil baru mereka tersebut.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Asuransi mobil bisa membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman selama perjalanan mudik. Namun, ada satu hal yang sulit untuk Anda hindari, yaitu terkena macet.

Akan tetapi, ada hal yang bisa Anda lakukan agar Anda terhindar dari kemacetan parah. Setidaknya, berikut hal yang bisa Anda coba terapkan agar Anda tidak terlalu lama di mobil karena terkena macet yang begitu panjang.

Memilih Waktu Mudik

Hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan adalah memilih waktu mudik. Bagi pekerja, mungkin ini hal yang sulit. Pasalnya, mereka biasanya mendapatkan hari libur yang sama dengan kebanyakan pekerja lainnya.

Namun, bukan berarti ini tidak bisa diantisipasi. Anda bisa memilih waktu di mana jalan mulai lengang. Kapan itu? Betul sekali. Tengah malam atau setidaknya menjelang tengah malam. Ini waktu yang biasanya jalan begitu lengang.Memanfaatkan Google Maps

Sebenarnya, sekarang ini Anda lebih dipermudah dengan adanya Google Maps. Ini fasilitas maps atau peta yang memberitahukan kepada Anda bagaimana kondisi trafik jalan yang akan Anda lalu.

Dengan informasi tersebut, Anda bisa membuat keputusan. Ketika jalan yang Anda akan lewati mengalami kemacetan yang begitu parah, Anda bisa belok ke jalan alternatif sebelum Anda terjebak di dalam kemacetan.

Cek Google Maps secara Berkala

Selain itu, sebaiknya Anda cek Google Maps secara berkala. Pasalnya, kondisi jalan bisa berubah setiap saat. Bisa saja tiba-tiba sekitar 1 km di depan terjada kemacetan panjang karena ada kecelakaan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda cek Google Maps secara berkala. Setidaknya, Anda cek sekitar 30 menit sekali untuk mengetahui kondisi terbaru jalan yang akan Anda lalui.

Hindari Jalanan Tengah Kota

Kemacetan memicu hal buruk seperti kecelakaan. Jika Anda mengalami hal tersebut, bisa saja Anda yang terluka. Atau mobil Anda yang rusak.

Tentu Anda tidak perlu khawatir jika Anda sudah memilih asuransi mobil yang bagus. Ketika mobil Anda rusak karena kecelakaan di jalan raya, pihak asuransi yang akan menanggung biaya perbaikan.

Meskipun mobil sudah Anda asuransikan, tentu kecelakaan sekecil apapun Anda harus hindari. Dan salah satunya caranya adalah dengan menghindari jalan tengah kota yang kerap kali macet ketika musim mudik tiba.

Usahakan untuk terus menggunakan jalan raya. Jika ada jalan lingkar yang biasanya dibuat untuk menghindari tengah kota, gunakan jalan itu.

Jangan Mencoba Lewat Jalan Tikus

Terkadang, Google Maps memberitahukan kepada Anda bahwa terjadi kemacetan di jalan yang akan Anda lalui. Lalu, aplikasi ini memberikan jalan alternatif. Anda diajak untuk menggunakan jalan lain, yaitu jalan tikus.

Sebaiknya, jangan ikuti. Anda harus tahu ada banyak sekali atau bahkan hampir semua pengemudi yang akan menyalakan Google Maps pada kondisi seperti itu. Dan kebanyakan akan menuruti rekomendasi Google Maps untuk melalui jalan tikus.

Anda tentu akan tahu apa yang bisa terjadi. Jalan tikus tersebut akan penuh dengan mobil yang mudik. Kemacetan tidak akan bisa terhindarkan.

Tentukan Waktu Istirahat yang Tepat

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya Anda tentukan di mana Anda akan berhenti untuk istirahat. Anda tentu bisa memprediksi pada jam berapa Anda kira-kira akan sampai ke lokasi tertentu. Tentukan tempat istirahat Anda.

Sebaiknya, hindari untuk beristirahat ketika banyak pemudik lain sedang istirahat. Karena di tempat tersebut, pasti ada antrian, antah itu untuk membeli makanan, antri shalat, antri ke toilet, dan lain sebagainya. Dan ini akan membuat perjalanan Anda semakin lama.

Jangan Hanya Mengandalkan Jalan Tol

Seharusnya, tol itu jalan bebas hambatan dan bebas kemacetan. Namun, karena sekarang ini banyak yang selalu mengandalkan tol, maka biasanya justru terjadi kemacetan di tol, terutama di pintu masuk atau pintu keluar tol.

Jangan hanya mengandalkan tol. Sekarang ini, banyak jalan yang dibangun sebagai jalan alternatif. Sebaiknya, Anda ketahui dulu jalan mana saja yang baru dibuat oleh pemerintah. Anda bisa jadikan jalan tersebut sebagai alternatif ketika ada kemacetan di tol.

Berkomunikasi dengan Pengendara Lain

Setiap kali Anda berhenti, entah itu di rest area, di minimarket, atau di pom bensin untuk mengisi bahan bakar, usahakan agar Anda berkomunikasi dengan pengendara lain dari arah yang berlawanan. Tanyakan kondisi jalan yang mereka sudah lewati.

Dengan komunikasi semacam ini, Anda bisa mendapatkan informasi kondisi jalan yang lebih jelas. Memang Anda bisa mengandalkan Google Maps. Akan tetapi, terkadang info yang diberikan oleh Google Maps tidak sama seperti kondisi kenyataannya.

Tentu saja macet itu hal yang lumrah ketika mudik. Sedikit terkena macet di persimpangan jalan atau di lokasi tertentu seperti di pasar itu hal yang wajar. Akan tetapi, sebisa mungkin Anda hindari kemacetan yang parah, seperti kemacetan karena adanya perbaikan jalan atau adanya kecelakaan.

Semoga tips tersebut di atas bisa membuat perjalanan mudik Anda lancar. Usahakan untuk memilih asuransi mobil yang terbaik. Karena dengan mengasuransikan mobil, Anda lebih tenang ketika mudik nanti.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *