Airbag Mobil Kegunaan dan Cara Kerjanya

mobil baru dengan airbag

Keselamatan dalam mengendarai mobil adalah salah satu poin utama yang harus diperhatikan. Salah satu fitur keselamatan mobil tambahan namun sangat penting yaitu airbag mobil atau kantung udara.

Apa itu airbag mobil?

Airbag merupakan perangkat keselamatan yang mampu meminimalisir cedera penumpang saat mobil mengalami tabrakan. Airbag mobil memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan pengendara dan penumpang apabila terjadi tabrakan.

Apa saja kegunaan airbag mobil?

Kantong udara/ airbag memiliki kegunaan dapat melindungi anggota tubuh vital seperti kepala, leher, dan dada saat terjadinya tabrakan. Airbag terpasang pada posisi tertentu didalam mobil, hal itu tergantung dari merk, dan tipe mobil. Ada airbag yang hanya terpasang di depan untuk supir dan asisten supir, dan ada pula airbag yang terpasang secara menyeluruh sampai ke bagian penumpang ( front, side and curtain airbag).

Bagaimanakah cara kerja airbag mobil?

Melakukan perjalanan harus diawali dengan keadaan mental pengemudi yang baik. Ketika pengemudi memiliki mental yang baik maka akan dengan mudah dalam mengendarai mobil sesuai teknik yang benar. Jika pengemudi dapat mengendarai mobil dengan benar maka akan siap siaga dari terjadinya kecelakaan mobil yang tidak diinginkan.

Sebagaimana fungsinya, airbag melindungi penumpang apabila terjadinya tabrakan pada mobil. Komponen airbag bekerja secara otomatis berdasarkan sensor mobil saat terjadinya tabrakan yang cukup keras. Saat terjadinya tabrakan maka secara otomatis airbag akan mengembang. Saat mengembang ini fungsi airbag bekerja yaitu melindungi organ vital para penumpang , seperti kepala, dada, dan leher. Maka dari itu airbag mampu meminimalisir terjadinya cedera parah pada penumpang saat terjadinya tabrakan.

Fungsi airbag dalam melindungi alat vital manusia, maka sudah di desain dengan material yang aman dengan bahan dasar nilon dan mengandung udara yang aman yaitu nitrogen murni, sehingga aman saat terhirup penumpang. Namun, perlu diketahui apabila terjadi tabrakan dan airbag mengembang maka segera buka jendela mobil dan keluar dari mobil jika keadaan memungkinkan, karena udara nitrogen yang ada jika terhirup terlalu banyak akan menyebabkan penumpang menjadi kekurangan oksigen sehingga akan mengalami gangguan pernapasan.

Apa saja yang mengakibatkan airbag tidak berfungsi maksimal?

Pengendara mobil yang baik, selain harus menguasai teknik berkendara yang benar, juga harus mengetahui dengan baik fungsi dan cara kerja dari setiap fitur keselamatan mobil yang tersedia. Berikut hal – hal yang mengakibatkan fitur keselamatan mobil berupa airbag tidak berfungsi secara maksimal:

  1. Kecepatan mobil terlalu rendah
  2. Tidak menggunakan seatbelt
  3. Energi benturan yang terlalu kecil
  4. Posisi benturan ( tabrakan di pertengahan jalan dan tabrakan dari belakang)
  5. Letak sensor pengembang kantong udara/ airbag
  6. Menabrak benda bergeser
  7. Mengubah jalur kelistrikan
  8. Mengganti stir mobil

Bagaimana sobat cekpremi, sudahkah kamu memahami kegunaan airbag? Apakah tertarik untuk mengasuransikan kendaraan mobil mu? Pentingnya memahami kegunaan airbag dengan baik dan pentingnya mengasuransikan kendaraan mobil, merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki sebagai pengendara yang bijak. Mengasuransikan mobil merupakan sikap bijak dalam manajemen perawatan mobil yang kamu miliki. Resiko kecelakaan yang tidak akan pernah terprediksi dapat membuat kamu lebih dulu mengamankan kendaraan mobil yang dimiliki. Asuransi kendaraan mobil terpercaya dan mudah hanya bersama cekpremi. Cekpremi bekerjasama dengan beragam perusahaan asuransi besar di Indonesia, sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya. Ayo asuransikan mobil mu bersama cekpremi.