Akibat Dari Kekurangan Dan Kelebihan Gizi Pada Anak

Hari Gizi Nasional
Nutrisi ataupun gizi merupakan sebuah substansi organik yang dibutuhkan setiap mahluk hidup sebagai fungsi untuk pertumbuhan, sistem tubuh, hingga pemeliharaan kesehatan.

 

Memiliki gizi yang baik didalam tubuh dapat membuat tubuh kembang anak menjadi baik atau normal, namun sebaliknya jika anak kekurangan gizi, akan banyak kelainan-kelainan pertumbuhan yang terjadi pada tubuh. Tetapi apa sajakah itu?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Untuk memperingati hari gizi nasional yang jatuh pada tanggal 28 Febuari setiap tahunnya, ada baiknya kita mengetahui apa saja akibat dari kekurangan gizi yang lebih spesifiknya, bukan cuma itu, ternyata jika anak kelebihan gizi juga tidak baik untuk pertumbuhannya. Berikut ini akan kami sampaikan akibat dari kekurangan dan kelebih gizi yang terjadi pada anak, yaitu:

 

a. Akibat Kekurangan Gizi

– Pertumbuhan Terganggu

Sebelum membahas hal ini sebaiknya kita harus mengetahui, bahwa anak-anak tidak tumbuh karena kemampuan, akan tetapi di pengaruhi akan berbagai hal. Salah satunya adalah nutrisi yang cukup pada anak berpengaruh pada pertumbuhan Anak. Jadi, anak yang memiliki nutrisi yang baik pertumbuhannya akan baik pula, begitu juga sebaliknya. Terutama, jika kebutuhan nutirisi proteinnya terpenuhi, protein berpengaruh sebagai zat pembakar yang baik untuk pertumbuhan.

 

– Kurang Produksi Tenaga

Energi yang kita peroleh-oleh sehari-hari berasal dari makanan yang di produksi oleh tubuh. Jadi, apabila seseorang “jarang makan”, otomatis ia akan kekurangan energi, sehingga menyebabkannya menjadi lemas, merasa lemah dan akhirnya malas.

 

– Imunitas Menurun

Nutrisi atau gizi yang kita peroleh berasal dari makanan yang di konsumsi, jadi bila makanannya tidak baik, maka nutirisinya juga akan kurang. Makanan yang di konsumsi tadi akan di produksi menjadi energy dan vitamin yang baik bagi tubuh, baik pula untuk sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tidak menyebabkan imunitas atau sistem imun menurun yang bisa menyebabkan si Anak gampang terserang penyakit. Seperti batuk, pilek, demam dan sebagainya.

 

– Terganggunya Struktur dan Fungsi Otak

Kekurangan nutirisi atau gizi pada tubuh bisa juga menyebabkan terganggunya perkembangan mental pada otak anak. Perlu Anda ketahui, ternyata otak mnegalami bentuk maksimal pada usia 2 tahun, sehingga ada baiknya anak di beri nutrisi yang cukup selama masih dalam masa pertumbuhan.

 

b. Akibat Kelebihan Gizi

Akibat dari kelebihan gizi pada anak adalah obesitas sejak dini, bayi yang memiliki berat badan yang tidak seharusnya akan mengidap penyakit obesitas. Bukan hanya itu, ternyata anak-anak yang memiliki kelebihan gizi juga bisa terkena penyakit selain obesitas, yaitu Persendian, ganggung tidur hingga kardiovaskular. Hal ini memang tidak baik untuk anak, akan tetapi disarankan orangtua jangan membatasi makan anak atau menyuruh diet. Karena, bagaimana pun masa anak-anak adalah masa pertumbuhan, sehingga tidak baik untuk membatasi si anak.

 

Kami menyarankan kepada Anda, agar Anak diberikan kegiatan yang cukup sibuk, sehingga metabolisme anak pun menjadi lebih baik. Demikian informasi tentang akibat dari kekurangan dan kelebihan gizi pada anak.

Related Post

Leave a Reply

February 28, 2017

Posted In: Hot News, Inspirational

Tags: , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami